motor sport

Perbandingan Motor Sport CBR150 R dengan GSX R150

Ketika mengamati kondisi jalanan, akan ditemui bahwa semakin banyak motor sport menghiasi jalanan kota. Tidak hanya di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, berbagai kota kecil di sekitarnya juga sering dijumpai. Hal ini menunjukkan bahwa minat memiliki motor jenis ini sangat tinggi. Terlebih oleh orang laki – laki.

Bagi laki – laki, menaiki kendaraan sporty memiliki kebanggaan tersendiri. Terlebih apabila mampu berkeliling serta menjadi pusat perhatian orang di sekitarnya. Salah satu yang menunjang hal ini adalah penampilannya. Desain tampilan gagahnya semakin memperkuat kesan maskulin pada pengendaranya. Sehingga mereka akan terlihat lebih cakep dan atraktif.

Namun, perkembangan motor sporty semakin banyak variannya. Mulai dari Honda mengeluarkan CBR nya dan Suzuki dengan GSX nya. Keduanya memiliki kapasitas mesin sama, menjadikannya bersaing satu dengan lainnya. Apabila kamu tertarik untuk membeli salah satu dari keduanya, maka alangkah baiknya memperhatikan perbandingannya berikut.

Perbandingan Komponen Mesin yang Perlu Diketahui

Mesin sangat berpengaruh pada berbagai hal, salah satunya adalah kekuatan tenaga yang dihasilkan. Semakin besar, maka semakin laju dan kencang kendaraannya. Terlebih sebagai motor sport, kecepatan merupakan faktor utama dari pemilihannya. Selain itu juga melingkupi kenyamanan dan ketahanan dalam mengonsumsi bahan bakarnya.

  1. Honda CBR

Komponen mesinnya menggunakan model DOHC dengan kapasitasnya mencapai 150 cc. Power yang dihasilkan mampu mencapai 9000 rpm dengan torsi maksimalnya hingga 7000 rpm. Mesin ini termasuk pada jenis overstroke. Sangat kuat dan powerfull, terlebih telah dilengkapi dengan liquid cooler dan sistem bahan bakan PGM-FI.

  1. Suzuki GSX
Viral :   Uji Emisi Motor Diwajibkan? Intip Informasinya

Komponennya juga menggunakan DOHC berkapasitas 150 cc, tetapi untuk masalah tarikan tenaga maksimalnya bisa mencapai 11000 rpm. Sedangkan untuk kekuatan torsi maksimalnya bisa mencapai 8500 rom. Mesinnya termasuk pada jenis overbore, dan sudah dilengkapi dengan pendingin cairan. Untuk bahan bakarnya sudah menggunakan injeksi.

Apabila diperbandingkan kedua motor tersebut, dapat dilihat dengan pasti bahwa masalah kekuatan serta energinya, suzuki GSX lebih unggul dari CBR. Bahkan tidak tanggung – tanggung beda hingga 2000 rmp atau setara dengan 2 HP. Perbedaannya terletak pada desain komponennya, seperti nozzlenya dan juga box filternya.

Perbandingan dari Model dan Penampilan

Untuk dari segi penampilan, keduanya berusaha menampilkan yang terbaik bagi para konsumennya. Mulai dari ukuran dimensinya. Tidak banyak berbeda dari keduanya. Hanya saja sangat terlihat jelas bahwa CBR lebih tinggi dari GSX di bagian ground clearance. Selain itu juga bobot kendaraannya, CBR lebih berat sampai 4 kg dibandingkan GSX.

Untuk penampilannya, motor sport Honda CBR lebih didesain dengan tampilan yang agresif, dengan bagian ramping serta penampilan depannya yang ramai. Menunjukkan superioritas serta kegarangan di jalanan. Berbeda dengan Suzuki GSX yang cenderung tidak ramai, sehingga lebih menampilkan kesan elegan, terlebih penggunaan LED pada bagian lampunya.

Namun keduanya telah dilengkapi dengan panel informasi berupa digital. Perlengkapan ini menunjukkan desain yang modern serta futuristik dari keduanya. Memang keduanya didesain berdasarkan harapan serta kemampuan beradaptasi dalam perkembangan teknologi. Selain itu juga informasi digital memang memudahkan pengendaranya dalam membaca situasi.

Viral :   Inilah 4 Harga Motor Matic Terbaru dan Spesifikasinya

Rekomendasi Pilihan Motor Sport bagi Anda

Setelah mengulas berbagai perbandingan, baik bagian mesinnya maupun desain tampilan luarnya. Kini saatnya memilih motor sport yang cocok untuk dikendarai di jalan – jalan kota. Ada berbagai pertimbangan sebagai bahan sebelum menentukan pilihan motornya. Pertama adalah tentang tujuan memilikinya dan kedua adalah kesiapan budget.

Tentunya sebelum memilih, harus menentukan kebutuhannya sebagai apa. Ketika ingin memiliki kecepatan tinggi, tentulah Suzuki GSX sebagai pilihan terbaiknya karena power besarnya. Sedangkan apabila ingin bergaya atau tampil keren di komunitas, CBR bisa menjadi alternatifnya. Desainnya yang garang membuat orang lain akan semakin takjub.

Membeli maka tidak terlepas dari budgeting atau pendanaan. Pastikan telah tersedia dana untuk membawa pulang motor sporty ini. Apabila memang tidak memenuhi bisa menggunakan beberapa metode lain seperti kredit atau bahkan menunda memilikinya. Tidak harus terburu- buru, kesiapan finansial haruslah menjadi perhitungan awal agar tidak membebani.

Kecintaan masyarakat terhadap sport serta berbagai koleksi ketika berkendara, menjadikan mereka menginginkan memiliki motornya sendiri. Namun perlu diingat bahwa sebelum memilih haruslah mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari kesiapan finansial hingga tujuannya. Jangan sampai memaksa beli motor sport hingga membebani finansial.