motor vespa matic

Bagaimana Merawat Motor Vespa matic? Begini Caranya

Setiap kendaraan bermotor perlu dirawat dengan baik, termasuk motor vespa matic. Umumnya, setiap kendaraan memiliki cara perawatan yang hampir sama. Motor bebek hingga vespa matic sekalipun pasti memiliki model perawatan yang mirip. Oleh sebab itu, tidak sulit merawatnya sendiri ketika terjadi kerusakan.

Namun, yang membuat sebagian orang tidak bisa merawatnya adalah karena bentuknya vespa matic sedikit berbeda dengan kebanyakan kendaraan roda 2. Bentuknya yang sedikit mungil membuat beberapa komponen memiliki letak berbeda. Meskipun begitu, hal tersebut bukan alasan untuk tidak merawatnya sendiri bukan?

Sebenarnya, jika kamu sudah sering berhadapan dengan dunia otomotif maka bisa dengan mudah mempelajari cara merawatnya. Namun bagaimana jika ini merupakan kali pertama kamu memiliki vespa? Apa yang harus dilakukan untuk merawatnya supaya awet? Oleh sebab itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu pakai.

Servis Kecil dan Juga Besar

Pada umumnya, ada dua jenis servis yang bisa dilakukan mulai dari servis kecil hingga besar. Keduanya memiliki tujuan yang sama, hanya saja kapan waktu servisnya adalah yang membedakannya. Rentang waktu servis besar biasanya lebih lama. Sedangkan servis kecil memiliki rentang waktu lebih pendek.

Servis besar bisa dilakukan dalam waktu tahunan sesuai dengan berapa sering motor vespa matic tersebut dipakai. Umumnya bagi pemilik vespa matic akan melakukan servis besar ketika sudah mencapai jarak tempuh sejauh 30 ribu km. Biasanya untuk bisa menempuh jarak sejauh itu membutuhkan waktu 3 tahun.

Viral :   Mengenal Motor BMW R25 Yang Antik Yang di Produksi Pada Jaman Perang

Sedangkan servis ringan bisa dilakukan dalam kurun waktu bulanan. Misalnya kamu memiliki jadwal rutin servis setiap akhir bulan. Tujuannya untuk memperbaiki kerusakan ringan seperti mengganti oli, isi angin, atau sebagainya. Servis ringan biasanya tidak perlu untuk membongkar setiap komponen mesin vespa matic.

Pilih Suatu Sparepart yang Asli

Ketika sedang melakukan servis, tidak jarang ada beberapa komponen yang perlu diganti. Jika kamu ditanya apakah mau menggantinya dengan sparepart ori atau tidak, pilih saja yang ori. Meskipun pada dasarnya kedua jenis sparepart tersebut bisa dipakai, namun ada perbedaan dari segi kualitas dan masa pakai.

Sparepart ori biasanya lebih baik dari segi kualitas dan masa pakai. Oleh sebab itu harganya juga relatif lebih tinggi dari sparepart tidak asli. Apalagi jika kamu menggunakan spaerpart tidak asli, bisa saja ada ketidakcocokan dengan vespa matik. Jadi tarikan ketika kamu kendarai juga sedikit berbeda.

Motor vespa matic sebaiknya tetap memiliki sparepart ori jika ingin menggantinya. Ada kemungkinan akan terjadi masalah lain dimasa depan ketika tidak menggunakan sparepart ori. Misalnya saja ada komponen yang secara tidak diketahui terlepas. Tentu jika terjadi hal seperti ini akan sangat mengganggu.

Rutin Ganti Oli Sesuai Buku Petunjuk

Pada saat pertama kali kamu membeli motor vespa matic, ada buku petunjuk sebagai pelengkapnya. Dalam buku petunjuk tersebut terdapat banyak informasi seperti kapan harus ganti oli dan oli seperti yang diperbolehkan. Hal ini untuk membuat mesin vespa tetap bekerja secara optimal.

Viral :   Wajib tau ! Beberapa Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Dalam buku petunjuk biasanya disebutkan bahwa batas maksimum mengganti oli adalah setelah mencapai jarak 10 ribu km. Jarak tersebut biasanya membutuhkan waktu normal selama 1 tahun. Namun untuk mengganti oli apakah perlu menunggu waktu selama itu? Tentu saja tidak, bukan?

Apalagi jika kamu hidup di kota besar yang setiap hari penuh dengan kemacetan. Jelas penggunaan oli bisa lebih cepat daripada biasanya. Meskipun belum mencapai jarak maksimum, namun kamu harus segera menggantinya. Hal tersebut supaya gesekan pada mesin bisa diminimalisir.

Pakai Vespa dengan Cara yang Bijak

Vespa matic memang terlihat cukup menarik bukan hanya karena bentuknya. Namun juga karena tarikan serta manfaatnya. Ketika berkendara, kendaraan ini mampu memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Tidak heran memang jika vespa matic banyak disukai oleh kaum anak muda.

Oleh sebab itu, jangan pernah mengendarai vespa dengan kasar. Misalnya secara mendadak menarik gas besar dan kemudian melakukan pengereman mendadak. Hal tersebut membuat bagian mesin perlu ekstra kerja karena tindakan tersebut. Hal paling buruk adalah kabel penghubung pada gas bisa putus.

Sebagai kendaraan sehari-hari, vespa tentu saja perlu dirawat. Apalagi kendaraan ini juga memiliki harga yang relatif lebih tinggi dari kendaraan roda 2 lain. Oleh sebab itu, jika kamu ingin membeli motor vespa matic maka sebaiknya bekali dengan pengetahuan dasar.