Motor Matic Terbaik

Cara Mudah memilih Motor Matic Terbaik Meskipun Bekas

Bagaimana cara memilih motor matic terbaik meskipun bekas? Mungkin pertanyaan ini sering disampaikan oleh orang-orang yang ingin memiliki kendaraan ini. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa kendaraan matic memiliki banyak penggemar. Bukan hanya karena bentuknya yang menarik, namun juga disebabkan penggunaannya cukup mudah.

Saat ini ada banyak sekali kendaraan matic yang sudah keluar. Setiap tahun pasti ada keluaran terbaru kendaraan matic dari berbagai pabrikan. Setiap tahun juga ada banyak kendaraan bekas yang dijual oleh pemiliknya karena berbagai alasan. Bisa saja karena ingin memiliki kendaraan keluaran terbaru tersebut.

Namun beda cerita jika kamu ingin memiliki kendaraan matic bekas. Meskipun bekas, performa dan kualitasnya masih bisa diandalkan. Apalagi jika hanya dipakai untuk kegiatan sehari-hari pasti kendaraan bekas tidak kalah dengan keluaran terbaru. Namun bagaimana supaya bisa memilih kendaraan bekas kualitas terbaik dari penjual?

Perhatikan Bodi Motor dengan Teliti

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat bodi motor tersebut. Sebelum memutuskan untuk membelinya, perhatikan setiap detail bodi mulai dari atas hingga bawah. Apakah ada goresan atau bekas lecet pada bodi motor. Tanyakan juga apakah kendaraan tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tidak.

Meskipun bekas, motor matic terbaik pasti tidak akan meninggalkan lecet atau goresan pada bagian bodi. Jika ada, maka pemilik sebelumnya setidaknya harus menggantinya terlebih dahulu dengan yang baru. Hal tersebut supaya bodi motor tetap terlihat menarik sehingga ketika dibawa perjalanan jauh tidak menimbulkan masalah.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Benelli Patagonian Eeagle

Goresan pada bodi motor matic jika terus dibiarkan bisa mengurangi penampilan kendaraan. Selain itu, jika dijual kembali pasti harganya akan jauh berada dibawah pasaran meskipun diproduksi pada tahun yang sama. Oleh sebab itu, perhatikan setiap detail bodi motor ketika kamu ingin membeli kendaraan matic bekas.

Cek Kondisi Mesin Masih Layak atau Tidak

Motor matic Terbaik pasti memiliki kualitas mesin yang masih prima. Mesin kendaraan menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi bagian ini merupakan komponen dengan harga paling mahal jika membutuhkan perbaikan. Akan sia-sia saja jika kamu membeli kendaraan bekas namun kualitas mesin sudah tidak prima.

Untuk melihat kondisi mesin masih layak atau tidak, kamu bisa mencoba beberapa hal. Pertama kamu bisa menyalakan mesin dengan starter. Jika masih bisa maka kondisinya cukup baik untuk dipakai. Kedua dengarkan suara mesin motor tersebut apakah suara mesin masih halus atau tidak.

Jika suaranya masih halus berarti kendaraan tersebut sering diservis ke bengkel. Selanjutnya kamu bisa mencoba mengendarainya untuk melihat apakah nyaman atau tidak. Pastikan juga kepada pemilik sebelumnya apakah kendaraan tersebut pernah turun mesin atau tidak. Setelah mesin dianggap masih prima, kamu bisa membelinya.

Periksa Kelengkapan Dokumen dengan Benar

Ini merupakan sebuah langkah yang sangat penting ketika kamu ingin membeli motor bekas. Pastikan bahwa motor matic terbaik tersebut masih memiliki dokumen resmi dan masih berlaku. Dokumen penting seperti BPKB dan STNK perlu kamu periksa. Jika tidak ada maka kamu perlu curiga terhadap motor tersebut.

Viral :   Mengenal Arti Kedipan MIL di Motor Sistem PGM-FI

Jika tidak ada dokumen resmi, maka ada dua kemungkinan. Pertama adalah itu merupakan motor hasil curian. Kedua adalah motor matic tersebut sudah melewati batas pajak kendaraan sehingga surat-suratnya mati. Jika membeli motor tanpa dokumen resmi, maka kamu juga tidak bisa mengendarainya dengan bebas di jalanan.

Periksa Kondisi Kelistrikan Sebagai Penanda Bahwa Semua Komponen Masih Berfungsi

Kelistrikan motor bisa berupa masalah lampu masih menyala atau tidak hingga kondisi speedometer. Apalagi kelistrikan sangat penting untuk diperhatikan sebagai penanda bahwa semua komponen masih berfungsi. Misalnya jika ada lampu yang matu, maka berarti ada masalah pada sambungan tersebut baik kabel maupun lampu itu sendiri.

Speedometer juga sangat penting untuk melihat kondisi kecepatan, ketersediaan bahan bakar, hingga jarak tempuh yang sudah dilaluinya. Bagian jarak tempuh menunjukkan sudah berapa lama motor ini dipakai. Bagian speedometer penting untuk memberikan informasi berapa kecepatan yang kamu capai ketika berkendara sehingga bisa dijadikan sebagai peringatan.

Karena saking populernya motor matic, banyak orang yang masih tertarik membeli motor bekasnya. Asalkan semua kondisi dan dokumen masih baik maka tidak ada masalah. Hal seperti ini perlu kamu perhatikan sebelum mebeli kendaraan. Terutama jika kamu masih ingin mendapatkan motor matic terbaik meskipun kondisinya bekas.