ukuran helm

Variasi Ukuran Helm dan Cara Tepat Mengukur Lingkar Kepala

Mengetahui ukuran helm yang tepat untuk kepala kita tentu harus menjadi prioritas saat akan membeli. Tujuannya agar kita mendapatkan helm yang nyaman digunakan selama berkendara. Bayangkan ketika ukurannya kekecilan, maka sangat tidak nyaman dan bisa menyebabkan pusing karena menekan otak.

Helm sendiri merupakan piranti yang wajib digunakan ketika kita berkendara sepeda motor. Jenisnya di pasaran juga cukup banyak, seperti tipe full face, bogo, retro, half face, open face dan lainnya. Namun selain dari jenisnya tersebut, faktor ukuran harus diperhatikan ketika Kamu hendak membeli.

Jangan hanya melihat dari model, desain, corak maupun harganya saja. Demi tetap menjaga fungsinya sebagai pelindung kepala, Kamu harus membeli berdasarkan ukuran yang pas dan standar keamanannya. Untuk saat ini, standar yang digunakan di Indonesia meliputi SNI, ACE dan DOT.

Produsen helm sendiri telah menyediakan beberapa ukuran sehingga bisa disesuaikan dengan kepala masing-masing pengguna. Hal itu lantaran setiap orang mempunyai kenyamanan yang berbeda-beda karena memiliki ukuran kepala berbeda. Maka dari itu, ketahui beberapa ukuran produk helm berikut ini lengkap beserta informasi cara mengukur lingkar kepala.

Jenis-jenis Ukuran Helm yang Tersedia

Ukuran helm yang pas dengan kepala kita tentu sangat memberikan pengaruh terhadap keamanan serta kenyamanan selama berkendara sepeda motor. Kata ‘pas’ mungkin tidak bisa didefinisikan sebagai ukuran ideal karena setiap orang mempunyai kenyamanan berbeda-beda.

Viral :   Kelebihan Velg Racing Motor Dibandingkan Jenis Jari-Jari

Namun, ketika menggunakan helm lebih baik tidak memakai ukuran terlalu longgar, tapi sedikit lebih rapat. Alasannya agar tidak goyang ketika terkena angin saat kita berkendara. Sementara jika terlalu ketat akan menyebabkan sakit kepala atau pusing dan terasa sesak.

Produsen helm sendiri telah memberikan beberapa variasi ukuran mulai dari XS sampai XXL. Ukurannya dihitung berdasarkan lingkar kepala pengguna dengan data rata-rata berikut ini:

  1. Variasi Size XS: lingkar kepala antara 53 cm sampai 54 cm.
  2. Variasi Size S: lingkar kepala antara 55 cm sampai 56 cm.
  3. Variasi Size M: lingkar kepala antara 57 cm sampai 58 cm.
  4. Variasi Size L: lingkar kepala antara 59 cm sampai 60 cm.
  5. Variasi Size XL: lingkar kepala antara 61 cm sampai 62 cm.
  6. Variasi Size XXL: lingkar kepala antara 63 cm sampai 64 cm.

Sebenarnya untuk size helm tersebut jika memang tidak ada yang pas dengan ukuran kepala Kamu maka bisa request secara pribadi. Beberapa produsen telah memberikan layanan permintaan desain maupun ukuran sesuai yang diinginkan. Mengingat kita harus memilih helm dengan ukuran paling ideal sesuai kepala maka Kamu bisa memakai layanan tersebut.

Cara Mengukur Lingkar Kepala Sebelum Membeli Helm

Menggunakan helm dengan ukuran paling pas tentu akan membuat Kamu lebih nyaman ketika berkendara, apalagi dengan jarak tempuh yang jauh. Terlalu ketat tidak nyaman, tapi juga hindari menggunakan helm yang longgar karena sudah pasti tidak aman. Misalnya ketika cuaca sedang berangin kencang, maka helm akan mudah bergoyang atau bahkan terlepas.

Viral :   Fungsi Manifold Motor. Simak Selengkapnya Disini!

Faktor yang harus diperhatikan yaitu memilih produk helmet dengan kaca menutupi seluruh interior sehingga ketika hujan tidak akan membasahi muka. Namun beberapa orang mungkin lebih menyukai jenis open face tanpa kaca. Tidak masalah ketika tidak digunakan untuk berkendara dalam jarak jauh.

Bagaimana cara mengukur lingkaran kepala dengan tepat agar bisa memilih produk dengan ukuran yang pas? Kamu bisa menggunakan meteran untuk mengukur lingkaran kepala. Cara ini bisa dilakukan apabila Kamu hendak membeli helm secara online sehingga tidak bisa menjajalnya langsung.

Namun jika Kamu membelinya secara langsung maka bisa mengukur dengan mencobanya terlebih dahulu. Pastikan helm dikenakan terasa nyaman atau tidak sakit, tapi juga tidak terlalu longgar. Bisa disesuaikan juga dengan ukuran rahang kamu sehingga ketika digunakan tidak bergeser ke kanan dan kiri

Jadi mulai sekarang bagi yang ingin membeli helmet maka jangan hanya melihat dari modelnya saja, pastikan Kamu sudah mencobanya dan memastikan ukurannya pas. Apalagi untuk membeli produk yang original dengan harga lumayan mahal, tentu saja Kamu harus selektif agar tidak salah pilih. Produsen juga telah menyediakan beberapa ukuran helm seperti yang sudah kami jelaskan di atas.