helm bogo

Mengenal Helm Bogo Beserta Keunggulan dan Jenis-jenisnya

Helm bogo menjadi salah satu varian pelindung kepala ketika berkendara yang mayoritas banyak digunakan oleh anak muda. Meskipun memiliki model yang kekinian, helm ini dibuat dari material khusus sehingga tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan ketika digunakan.

Desainnya yang berkelas dan modern membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya sebagai pelengkap saat berkendara. Pada awal kemunculannya, mungkin banyak yang mengira bahwa model produk ini hanya dipakai untuk para pengendara vespa. Namun ternyata, gaya klasik dari bogo justru membuatnya populer, apalagi modelnya pun juga banyak.

Tahukah Kamu, desain bogo memang meniru gaya helmet pada era tahun 50-an yang dimodifikasi dengan sentuhan lebih trendi. Pada tahun tersebut bogo lebih dikenal dengan nama helm JPN hingga Cargloss. Perbedaan desain yang mungkin bisa diperhatikan dari segi kaca helm, saat ini yang paling laris di pasaran yakni model kaca cembung.

Selain itu, harga bogo juga lebih terjangkau dibandingkan model helmet lainnya. Namun sebagai pengguna tentunya Kamu tetap harus memprioritaskan helm yang telah memenuhi Standar Nasional Indonesia. Mengingat saat ini banyak produsen bogo abal-abal yang membuat helm tidak sesuai dengan standar.

Mari kita bahas lebih dalam tentang helm bogo lengkap beserta informasi keunggulan serta jenis-jenisnya. Berikut beberapa fakta menarik tentang helm khas anak muda yang satu ini .

Aksesoris dan Jenis-jenis Helm Bogo di Pasaran

Disebut juga sebagai model retro yang mana dibuat dari bahan ABS sehingga memberikan kenyamanan ketika digunakan. Meskipun bagian tempurungnya keras, tapi tipe ini cukup ringan di kepala sehingga tidak terasa berat dan tidak menyebabkan pusing.

Viral :   Bermotor di Jalanan, Ikuti Aturan Lalu Lintas Ini agar Selamat

Meskipun mengusung desain berkonsep klasik, tapi helm retro ini punya beberapa varian, terutama pada bagian kacanya. Kebanyakan menggunakan model kaca cembung dan paling laris di pasaran. Tapi ada juga jenis bogo dengan kaca datar seperti model helm pada umumnya.

Pengguna kendaraan klasik biasanya lebih menyukai model bogo yang open face atau tanpa kaca di depannya. Karena memiliki tipe produk yang simpel dan ringan, sehingga tidak ada jenis bogo full face. Biasanya pengguna akan melakukan modifikasi sendiri agar helm retro ini tampak seperti full face.

Keunggulan Bogo Sebagai Helm Kekinian

Selain karena harganya relatif murah, banyak orang menyukai helm bogo karena mempunyai beberapa keunggulan. Berikut diantaranya:

  1. Terasa ringan dan nyaman

Sering merasa pusing ketika menggunakan helmet saat berkendara? Biasanya karena helm terlalu berat mencapai lebih dari 1 kg. Inilah salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Bogo karena bobotnya bisa setengah dari model pada umumnya sehingga terasa sangat nyaman digunakan.

  1. Desain adem

Bahan atau material digunakan pada pelindung kepala ini juga terasa adem meskipun kacanya ditutup. Desain ini memiliki busa dengan karakteristik tidak terlalu tebal serta bagian kacanya tidak menutup secara rapat. Sehingga ketika digunakan tidak menyebabkan rasa panas di kepala.

Viral :   Fungsi Oli Transmisi Motor Matic. Catat ini!

Sensasi adem juga dirasakan karena kacanya yang tidak memanjang sampai ke bagian bawah. Sehingga masih ada celah untuk masuknya angin dan membuat sirkulasi udara lancar meskipun posisi kacanya tertutup.

  1. Unik

Sebagian besar orang yang tertarik untuk membeli model retro memang beralasan karena bentuknya unik dan berbeda dari model pada umumnya. Apalagi bagi kalian lebih menyukai gaya-gaya klasik, bogo bisa menjadi pelengkap Kamu ketika berkendara di jalanan.

Tips Memilih Bogo yang Asli

Membeli jenis ini tentu tidak boleh asal-asalan karena sekarang banyak produk palsunya. Perhatikan pada bagian bahan produk, dimana produk asli punya bahan lebih tebal dan tidak bersuara melengking ketika diketuk. Berbeda dengan yang palsu, terlihat seperti terbuat dari plastik dan rapuh.

Kamu juga dapat mengecek pada bagian visornya dimana produk yang asli terbuat dari polikarbonat. Sementara untuk produk palsu bagian visornya terbuat dari plastik dan mudah retak ketika terjatuh. Perhatikan juga apakah produk mana akan Kamu pilih tersebut telah memiliki standar keamanan, biasanya tertera di tempurung helmet .

Model helmet ini memang cukup trendi, terlebih jika hanya untuk berkendara pada jarak dekat. Apalagi meskipun desainnya klasik, tapi tetap terlihat elegan untuk tipe motor apapun. Sekarang juga banyak variasi gambar dan permintaan modifikasi helm bogo di pasaran.

Kata Pencarianhelm bogo,jens jenis helm bogo