Velg racing motor

Kelebihan Velg Racing Motor Dibandingkan Jenis Jari-Jari

Velg racing motor mulai banyak digunakan pengendara. Semakin hari, peminatnya sendiri terus bertambah. Namun, beberapa orang tidak setuju untuk mengganti jenis jari-jari yang sudah menempel pada kendaraan. Ini biasanya terjadi karena jenis jari-jari dianggap lebih standar. Pernyataan tersebut sebenarnya tidak benar.

Nyatanya, sudah banyak kendaraan pabrik yang menggunakan jenis racing sebagai produk bawaan. Jumlahnya sendiri semakin hari semakin bertambah. Sebenarnya jika dilihat, terdapat banyak keunggulan yang dimiliki velg racing ini. Tentu, keunggulan tersebut sangat terlihat jika dibandingkan dengan jenis jari-jari. Beberapa orang pasti tidak menyadarinya.

Padahal, keunggulan inilah alasan utama mengapa banyak pabrikan mengubah standarnya menjadi jenis racing. Jika kamu masih ragu ketika akan mengganti kendaraan dengan velg racing motor, keunggulan ini perlu diketahui. Oleh sebab itu, mari membahas lebih lanjut mengenai keunggulan yang dimiliki tipe ini.

Menggunakan Velg Racing Membuat Kendaraan lebih Stabil

Keunggulan pertama ketika menggunakan velg racing terletak pada pengaruhnya pada handling kendaraan. Handling sendiri merupakan tingkat kestabilan kendaraan. Dengan handling yang baik, kendaraan akan menjadi lebih stabil. Terdapat alasan kuat mengapa tipe racing memiliki kemampuan dalam menjaga kestabilan kendaraan.

Kemampuan tersebut berasal dari konstruksinya yang kaku. Hal berbeda akan terlihat apabila meneliti produk jari-jari. Konstruksinya tidak kaku dan terkesan lebih longgar. Dengan konstruksi kaku tersebut, akan terdapat pengaruh pada area kakinya. Area kaki tersebut akan menjadi lebih rigid dari kondisi standar.

Viral :   Penyebab Ampere Motor Listrik Tinggi

Selain itu, pengaruh pada chasis roll juga akan terlihat. Singkatnya, penggunaan velg racing motor akan meminimalisir chasis roll. Untuk merasakan keunggulan ini, cobalah pacu motor dengan kecepatan sedikit lebih tinggi dari kecepatan standar. Dengan kecepatan tersebut, carilah tikungan yang lumayan tajam.

Ketika menikung, tidak akan terasa getaran ataupun hal lain yang membuat kendaraan menjadi tidak stabil. Namun untuk merasakan kondisi tersebut, kualitas produk yang dipakai perlu diperhatikan. Jika kualitasnya rendah, keunggulan ini tidak akan terasa. Selain itu, perhatikan juga kondisi ban. Kondisi ban juga memengaruhi kestabilan kendaraan.

Perawatannya Juga Jauh Lebih Mudah

Keunggulan lain ketika memakai tipe ini terletak pada kemudahan dalam perawatan. Ketika menggunakannya, seseorang tidak akan kesulitan ketika merawat. Itu karena, bentuk dari tipe ini terkesan lebih mudah. Setiap bagiannya tidak sulit ketika dijangkau. Pembersihan menggunakan lap atau spons pasti terasa mudah.

Namun, hal berbeda akan terasa apabila perawatan dilakukan pada tipe jari-jari. Pembersihannya jauh lebih sulit dibandingkan velg racing motor. Ketika menggunakan tipe jari-jari, terdapat banyak part yang perlu diperhatikan. Partnya sendiri seperti tromol, velg, hingga jari-jari. Tidak mungkin membersihkannya secara terpisah.

Ketika akan membersihkan, setiap bagian perlu diperhatikan dengan baik. Belum lagi ketik membersihkan jari-jari. Pada sebuah kendaraan, jumlahnya pasti sangat banyak. Pembersihan jari-jari tersebut tidak memiliki cara instan. Seseorang perlu memerhatikan satu per satu hingga bersih seluruhnya.

Viral :   Apa Saja Perbedaan Nmax ABS dan Non ABS, Berikut Penjelasannya

Selain itu, perawatan juga akan semakin sulit jika tipe jari-jari yang digunakan memiliki bahan dasar besi. Perlu diingat bahwa besi memiliki masalah berupa karat ketika terlalu sering terkena air. Selain itu, mewarnai jari-jari sendiri bukan perkara mudah. Diperlukan keterampilan khusus dan sifat teliti yang sangat tinggi.

Desain Kendaraan akan Terlihat Lebih Menarik

Keunggulan terakhir dari velg racing motor terletak pada desain kendaraan. Ketika menggunakan velg racing, seseorang bisa memilih jenis terbaik yang cocok untuk kendaraan yang dipakai. Hal ini sangat mudah dilakukan karena variasi dari tipe ini sangat banyak. Hal berbeda akan terlihat jika menggunakan jenis jari-jari.

Sebenarnya jika dilihat secara seksama, tipe jari-jari juga memiliki variasi yang sangat banyak. Namun, perbedaan variasi tersebut hanya akan terlihat apabila dilihat dari jarak dekat. Jika dilihat dari jauh, visualnya akan nampak sama.

Selain itu, pewarnaan yang sulit membuat tipe jari-jari tidak mudah ketika dibuat cocok dengan kendaraan. Hal berbeda akan terasa pada velg racing. Pewarnaannya jauh lebih mudah. Selain itu, kebanyakan cat juga memang dibuat untuk keperluan tipe racing.

Tidak perlu ragu lagi ketika hendak menggunakan tipe racing. Sudah ada banyak orang yang puas ketika menggunakannya. Selain itu, sudah sangat jelas bahwa keunggulan dari tipe ini sangat banyak. Kamu dijamin tidak akan kecewa jika memilih untuk memakai velg racing motor.