Merek Ban Motor Terbaik

Merek Ban Motor Terbaik dan Tips Memilihnya

Ada begitu banyak merek ban motor terbaik di pasaran, tentu saja dengan harga yang berbeda-beda di setiap mereknya. Ban mempunyai peran yang sangat vital untuk keberlangsungan berkendara. Walaupun sering dianggap cukup sepele, namun ternyata ban memiliki peranan penting.

Untuk memperoleh kenyamanan serta keamanan ketika mengendarai kendaraan, memilih merek yang terbaik memang menjadi faktor penting. Ban yang mampu memberi grip maksimal akan mengurangi risiko kecelakaan ketika berkedara.

Di pasaran tersendiri cukup banyak merek ban yang bisa kamu jadikan pilihan. Sayangnya, karena begitu banyak merek yang ada, biasanya kita akan bingung melakukan pemilihan. Untuk memudahkanmu memilih merek, berikut rekomendasi merek terbaik dan cara memilihnya dengan tepat.

Merek Ban Motor Terbaik di Pasaran

Pertama, ban IRC. Merek IRC ini mungkin sudah sangat sering kamu dengar. IRC menjadi merek ban yang dikenal masyarakat Indonesia. Merek IRC memiliki desain menarik serta berkualitas, bahkan kualitas dari IRC tidak perlu kamu ragukan lagi. Bukan hanya itu, IRC juga mempunyai daya tahan yang cukup lama, ketika menggunakannya setiap hari.

Kedua, Battlax. Selain IRC, Battlax juga sering menjadi pilihan. Battlax memiliki teknologi canggih seperti U EYE. Teknologi ini ada pada Battlax S21 Hypersport. Bukan hanya sekedar menyematkan teknologi canggih, namun Battlax juga sangat memperhatikan proses pembuatan, bahkan Battlax memiliki simulator indoor agar bisa melihat kualitas ban ketika digunakan.

Ketiga, Dunlop. Merek Dunlop juga menjadi pilihan ban motor terbaik. Ada berbagai macam alasan mengapa Dunlop menjadi merek yang banyak dipilih. Salah satunya adalah ulir ban yang sengaja dibuat sesuai dengan kondisi jalan Indonesia. Dengan ulir yang sesuai dengan karakter jalan ini, kamu akan lebih nyaman ketika berada di jalan.

Viral :   Fungsi Angker Pada Motor Starter serta Komponennya

Keempat, Michelin. Nama ban Michelin mungkin juga sering kamu dengar. Michelin memiliki pengalaman yang tidak sebentar dalam dunia ban motor. Merek Michelin bahkan sudah digunakan selama puluhan tahun lamanya. Selain itu Michelin sudah melalui proses RND yang lama serta sangat teliti, sehingga dapat menghasilkan ban berkualitas.

Kelima, Pirelli. Pirelli merupakan ban motor yang berasal dari Italia. Pirelli merupakan ban yang telah teruji kualitasnya. Pirelli bukan hanya cocok untuk penggunaan harian namun Pirelli juga sering digunakan untuk ajang otomotif, sehingga tidak mengherankan jika Pirelli sering menjadi pilihan pengendara Indonesia.

Keenam, Swallow. Jika kamu mencari ban motor dengan harga yang murah, Swallow bisa menjadi pilihan. Swallow mempunyai grip baik sehingga bisa melibas berbagai macam kondisi jalanan. Selain itu Swallow juga memiliki ulir ban yang bisa dengan mudah memebelah air sangat maksimal sehingga cengkramannya sangat baik ketika harus menempuh jalanan basah.

Tips Memilih Ban Motor Terbaik

Meskipun banyak ban motor yang terbaik yang bisa menjadi pilihan, tetap saja kamu harus memilih salah satu ban terbaik. Tips pertama, ketahui ukuran ban terlebih dulu. Antara jenis motor satu dengan jenis yang lain tentu saja memiliki ukuran berbeda-beda. Contohnya saja ukuran motor sport tentu saja akan berbeda dengan ukuran motor matic.

Viral :   Fungsi Alternator Motor Beserta Komponennya

Motor sport memiliki ukuran ban yang lebih besar jika kita bandingkan dengan motor matic. Sehingga perhatikan ukuran dengan baik sebelum melakukan pemilihan. Selain masalah ukuran, jenis penggunaan juga harus dipertimbangkan. Jika kamu menggunakan motor tersebut untuk menempuh jalan biasa atau penggunaan standar, ukuran standar bisa dipilih.

Tetapi, jika kamu menggunakan motor untuk mengangkat beban yang cukup berat, tentu saja lebih baik memilih ban dengan ukuran lebih besar agar ban lebih awet serta tidak mudah bocor. Hal lainnya adalah jenis ban. Sebenarnya bukan hanya merek ban motor terbaik saja yang harus diperhatikan.

Jenis ban juga harus menjadi bahan pertimbangan tersendiri. Ban yang digunakan untuk medan basah, biasanya memiliki bentuk alur, dengan tujuan untuk membuang air. Jika ban tersebut digunakan untuk medan kering, tentu saja akan menjadi lebih cepat gundul karena kurang sesuai digunakan.

Beda dengan ban kering, jumlah alur dari jenis ban ini lebih sedikit bahkan ada beberapa ban yang tanpa alur sehingga sangat nyaman digunakan untuk menempuh medan yang kering. Jika medan menjadi basah, kamu harus berhati-hati atau berjalan secara perlahan karena biasanya medan akan menjadi licin.

Dengan melakukan pemilihan ban yang sesuai, bukan hanya bisa menghemat anggaran perawatan kendaraan yang harus kamu keluarkan, namun masalah keselamatan juga bisa lebih terjamin. Jadi, pemilihan ban bukan hanya sekedar memilih ban motor terbaik saja.