Alat Buka Ban Motor Manual

Alat Buka Ban Motor Manual dan Tips Memilihnya

Alat buka ban motor manual sebenarnya bukan hanya dibutuhkan bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis. Sekarang alat pembuka ban ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki. Sebelum berkendara, terkadang kita harus memeriksa kondisi roda, apakah keras ban sudah cukup atau belum.

Biasanya, alat ini dipergunakan untuk membuka ban, baik ban motor bagian dalam atau ban motor bagian luar. Jika membuka secara manual dengan menggunakan alat seadanya, cara ini bisa menyebabkan pelek menjadi cepat rusak, bahkan tidak menutup kemungkinan saat membukanya secara paksa, ban menjadi robek.

Bila hal ini terjadi, tentu saja akan menyebabkan kerugian tersendiri. Oleh sebab itu, dibandingkan dengan kamu membuka ban secara paksa, lebih baik membuka ban dengan menggunakan alat pembuka, sehingga proses membuka ban juga bisa lebih cepat dibandingkan dengan secara manual dan menggunakan alat seadanya.

Keuntungan Menggunakan Alat Buka Ban Motor Manual

Meskipun nampak sepele, penggunaan alat pembuka ban ini sebenarnya memiliki banyak keuntungan. Pertama, lebih hemat. Dibandingkan dengan alat pembuka otomatis, alat pembuka manual ini jauh lebih hemat karena penggunaannya tidak perlu menggunakan energi listrik serta kompressor angin.

Selain lebih hemat, pembongkaran juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pembongkaran serta pemasangan bisa dilakukan dengan mudah, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga hanya untuk membongkar ban, bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga ketika melakukan pembongkaran.

Viral :   Jenis-Jenis BMW Sepeda Motor

Terakhir, ringan. Meskipun merupakan alat pembuka ban, namun bobot dari alat ini sangat ringan, sehingga kamu mudah untuk memindahkannya kesana kemari. Terakhir, ban tidak akan mengalami kerusakan ketika proses pembongkaran. Karena menggunakan bahan yang aman atau bahan khusus, kamu tidak perlu khawatir ban akan mengalami kerusakan.

Asalkan kamu melakukan langkah pembongkaran dengan tepat, ban tidak akan mengalami kerusakan. Bahkan kamu bisa membuka atau membongkar ban hanya dalam waktu beberapa menit saja. Sehingga sama sekali tidak membuang banyak waktu.

Harga Alat Buka Ban Motor Manual

Harga dari alat ini berbeda-beda, hal yang menjadi pembedanya adalah kualitas serta merek yang dimiliki. Untuk alat dengan merek terkemuka, bisa di banderol dengan harga Rp 4 jutaan. Alat pembuka ini bisa dijalankan tanpa menggunakan listrik, selain itu alat tersebut dapat membuka motor bahkan mobil dengan ring 12 hingga 22.

Memang, dari segi harga. Tire charger dengan harga Rp 4 juta cukup mahal, namun hal tersebut sangat sesuai dengan kualitas yang dimiliki, karena kita bisa membuka ban mobil dengan mudah. Selain memilih tire charger manual dengan harga Rp 4 juta, kamu juga bisa memilih varian harga Rp 1 jutaan.

Biasanya, varian harga Rp 1 jutaan ini hanya dapat melepas ban dengan velg hingga 18 saja. Namun dari segi kualitas tetap bisa diandalkan, apalagi jika hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan pribadi, bukan kebutuhan bisnis.

Viral :   Industri Otomotif India Unjuk Gigi Dengan Menghadirkan Motor Listrik Ola Yang Canggih dan Murah

Pilihan harga terakhir di banderol dengan harga Rp 100 ribuan. Alat bantu ini seperti press ban manual, bisa digunakan untuk ban tubeless atau non tubeless. Jika memilih menggunakan alat ini, tentu saja kamu harus lebih mengeluarkan tenaga karena alat ini hanya alat press.

Cara Menggunakan Alat Buka Ban Motor Manual

Mengganti ban dengan menggunakan alat ini sebenarnya cukup mudah, layaknya mengganti ban pada umumnya. Kamu harus mengeluarkan semua udara yang mengiri ruang ban terlebih dulu. Jika udara sudah kosong, tekan bagian dalam ban, sehingga nantinya ban mudah dilepas dari pelek.

Jika udara di dalam ban sudah habis, kamu bisa meletakkan ban di mesin sesuai dengan posisi, ratakan air sabun di semua sisi ban, cara ini dilakukan agar pelepasan bisa dilakukan dengan mudah. Kunci menggunakan pengunci yang ada di bawah mesin, tekan alat penekan dan putar sampai ban terlepas dari bagian pelek.

Alat pembuka ban motor ini memang sangat membantu saat kita ingin membongkar ban, namun jika hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi, lebih baik memilih alat dengan harga standar. Selain itu, kamu juga pasti tidak akan sering menggunakannya. Tetapi jika menggunakannya untuk kebutuhan bisnis, tidak ada salahnya memilih alat buka ban motor manual dengan harga sedikit mahal namun berkualitas.