Memilih Ukuran Ban Motor

Memilih Ukuran Ban Motor, Perhatikan Hal ini

Ukuran ban motor menjadi salah satu indikator yang harus diperhatikan dengan baik ketika ingin melakukan penggantian part ini. Apalagi, sekarang ini ban motor bukan hanya sekedar menjadi alas saja, namun juga digunakan sebagai penunjang penampilan motor.

Bila kamu ingin penampilan motor menjadi terlihat semakin kekar, sebenarnya tidak ada salahnya untuk melakukan penggantian ban motor, sehingga nantinya ban akan menjadi lebih besar. Selain menggunakan ban yang lebih besar, beberapa waktu belakangan ini banyak yang mengganti bannya dengan ukuran kecil.

Biasanya penggantian ukuran ban menjadi lebih kecil dikarenakan agar motor terlihat menarik dan khas masa kini. Namun, apakah kamu benar-benar paham cara untuk melakukan penggantian ukuran serta mengetahui arti dari kode ban yang biasanya tercetak.

Ketika memutuskan untuk melakukan penggantian ukuran ban, kamu harus mengetahui terlebih dulu ukuran yang tepat. Jangan sampai, karena asal membeli ban, ban yang sudah terlanjur dibeli tidak bisa digunakan karena terlalu kecil atau bahkan terlalu besar. Tidak ada salahnya mengetahui ukuran standar ban terlebih dahulu.

Cara Membaca Ukuran Ban Motor

Membaca ukuran dari ban motor terdapat caranya tersendiri. Pasti, kamu sudah pernah melihat angka yang ada di dinding ban. Contohnya saja di dinding ban tersebut terdapat angka 120/70/17. Kode tersebut merupakan ukuran ban. Pada bagian depannya, yakni angka 120, memiliki arti ukuran lebar tapak.

Viral :   Fungsi Minyak Rem Motor. Jangan Disepelekan!

Ukuran lebar tapak tersebut menggunakan satuan milimeter, sehingga ukuran lebar ban tersebut ialah 120 mm. Sedangkan untuk tinggi ban, kamu bisa melihat dari setelah angka 120 tersebut. Di sana tertulis 70, sehingga tinggi ban ialah 70% dari 120, sehingga 84 mm.

Perhitungan ini dimulai dari permukaan ban yang sudah menyentuh tanah hingga ke pelek. Kemudian angka terakhir di sana adalah 17. Angka tersebut merupakan diameter pelek. Karena terdapat angka 17, berarti pelek ban tersebut berukuran 17 inci.

Perlu diketahui selain ukuran ban motor, ukuran velg juga berbeda, ada pelek yang memiliki ukuran 18 inci, 10 inci serta 14 inci. Perbedaan ukuran pelek ini disebabkan karena jenis motornya yang berbeda. Bahkan untuk motor sport, ukuran penggunaan peleknya 17 hingga 18 inci.

Selain angka tersebut, kamu juga akan menemukan angka terakhir, angka tersebut merupakan produksi ban. Tanggal produksi ban tersebut ditandai 4 angka. Meskipun sering diremehkan dan tidak diperhatikan dengan baik, namun sebenarnya tanggal produksi ban ini sangat penting.

Tanggal produksi ban ini bisa memberitahu kita apakah ban merupakan stock baru atau stock lama. Untuk membacanya, kamu bisa melihat dua angka di depan dan dua angka di belakang. Dua angka di bagian depan adalah pekan pembuatan ban sedangkan dua angka di belakang merupakan tahun pembuatan ban.

Penggantian Ukuran dari Ban Motor

Viral :   Spesifikasi Honda PCX 160 Indonesia

Ketika ingin mengganti ukuran ban, mungkin kamu sedikit penasaran, apakah sebenarnya diperbolehkan mengganti ukuran ban. Pada dasarnya, pabrikan tidak melarang kita untuk melakukan penggantian ban. Tetapi, karena bukan menjadi ukurannya, tentu saja penggantian harus melihat batas maksimal.

Kamu masih diperbolehkan mengganti ukuran dengan naik ke satu atau dua tingkat jika ingin mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar, contohnya saja seperti kamu menggunakan motor bebek dengan ukuran ban 80/90 17, kamu dapat mengganti ukuran tersebut dengan ukuran lebih besar seperti 90/80 17 agar terlihat lebih besar.

Hindari menaikkan ukuran ban motor hingga ke beberapa tingkatan, karena selain bisa membahayakan, kenyamananmu juga bisa terganggu ketika ingin mengendarai motor tersebut. Bahkan, jika memilih ukuran yang terlalu besar dan tidak sesuai, motor bisa terlihat seperti donat yang bulat.

Jika ingin menurunkan ukuran, kamu bisa menurunkan ukuran satu tingkat seperti 80/80 17, ukuran ini lebih kecil sedikit sehingga terlihat lebih ramping. Pergantian ukuran tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan yang kamu miliki. Selain itu jangan sampai hanya karena ingin melakukan modifikasi, kamu melupakan kenyamanan.

Jadi, sebelum melakukan pergantian, kamu tidak bisa mengabaikan hal ini begitu saja. Apalagi, ukuran mememiliki peran sangat penting ketika akan melakukan pembelian. Jangan sampai hanya karena acuh dengan ukuran ban motor, kamu mendapatkan ban dengan kualitas kurang baik.