Lampu Motor LED

Ingin Menggunakan Lampu Motor LED, Pertimbangkan Dahulu Hal ini

Lampu motor sekarang ini sudah mengalami perkembangan zaman. Kemajuan teknologi otomotif memang terlihat begitu nyata. Dulunya, lampu utama digunakan sebagai penerangan motor ketika berada di jalan raya yang gelap. Tetapi sekarang zaman sudah berubah.

Lampu yang ada di depan motor memiliki fungsi lain, sehingga bukan hanya dipergunakan untuk alat penerang saja, namun juga akan membuat penampilan motor menjadi semakin gaya. Tidak heran, banyak motor yang tidak menggunakan bohlam sebagai penerang jalan dan lebih memilih menggunakan LED.

LED memiliki cahaya yang berkali lipat jauh lebih terang, jika kita membandingkannya dengan bohlam, selain memiliki cahaya dengan kecerahan berkali lipat, jenis lampu ini juga sangat hemat energi. Namun, sebagai konsumen sebelum menggunakan jenis lampu ini, akan lebih baik kamu memahami kelebihan serta kekurangannya.

Keunggulan dan Kekurangan Lampu Motor LED

Keunggulan lampu LED ini memang terlihat dari berbagai macam aspek seperti tahan guncangan, waktu penggunaan yang panjang, hemat energi, hingga dapat menghasilkan pencahayaan yang cukup baik. Sekarang ini, LED juga menjadi lampu tanpa filamen yang mencapai 150 watt. Meskipun dapat menghasilkan cahaya yang sangat terang, lampu ini juga sedikit menghasilkan panas.

Suhu panas LED biasanya ada di bagian belakang, LED memiliki dimensi sangat kecil sehingga penempatannya juga sangat praktis, terang maksimal lampu ini dapat mencapai kurang dari 1 detik. Sayangnya, lampu ini memiliki kekurangan pada panasnya.

Jika suhu panas mengalami peningkatan, kinerja lampu bisa berkurang. Biasanya lampu ini berfungsi dengan suhu dibawah 70 derajat. Jika ingin melakukan modifikasi dengan penggantian jenis lampu dan penambahan daya, kamu bisa memasang retrofit. Retrofit merupakan modifikasi dengan tambahan LED di lampu utama.

Viral :   Fungsi Roller Pada Motor Matic dan Gejala Kerusakannya

Tetapi, pemasangan retrofit ini bukan tanpa tantangan tersendiri karena adanya masalah kelistrikan serta keterbatasan ruangan di dalam kotak. Oleh sebab itu Kamu harus memperhatikan hal-hal lain ketika ingin menggunakan lampu LED ini sebagai lampu utama motor.

Perhatikan Hal ini Saat Ingin Memasang Lampu Motor LED

Jika ingin melakukan modifikasi menggunakan LED, kamu harus memahami masalah ruang. LED mempunyai ruang lebih kecil, jika kamu membandingkannya dengan bohlam biasa. Sehingga, proses modifikasi dengan menggunakan LED cukup sulit untuk dilakukan. Selain itu standar kelistrikan lampu juga harus diperhatikan.

Kamu harus mempertimbangkan sistem aki. Ketika menggunakan LED, aki bisa lekas habis karena beban yang terlalu besar, oleh sebab itu pertimbangkan masalah kelistrikan ini kembali dengan baik. terakhir adalah pengaturan cahaya. Titik cahaya bukan hanya sebatas menaikkan ukuran watt, namun dilakukan agar cahaya tidak membuat pengendara lain silau.

Selain itu, mika pada motor dapat melelah. Lebih baik, hindari melakukan penggantian lampu pada motor dari pabrik, lampu yang menggunakan daya lebih besar dan tidak seharusnya digunakan, akan menimbulkan panas sehingga akhirnya akan membuat rumah lampu beserta dengan reflektornya menjadi meleleh.

Viral :   Review Honda Grom 125, Mini Moto yang Curi Perhatian

Pilihan Lampu LED Motor Berbagai Merek

Pilihan pertama, Osram LED T19 M5 K1. Osram LED T19 M5 K1 menjadi jenis lampu LED berkualitas. Osram LED T19 M5 K1 dapat memberi pencahayaan di jalan dengan maksimal, selain itu Osram LED T19 M5 K1 juga memiliki harga murah hanya Rp 58 ribuan saja. Lampu ini lebih dikhususkan untuk motor bebek.

Kedua, Philips Tyto M5 Kaki 1. Philips Tyto M5 Kaki 1 di banderol dengan harga Rp 40 ribuan. Memang, banyak lampu dari Philips yang sering menjadi pilihan pengendara. Dengan seri Philips Tyto M5 Kaki 1, peforma yang diberikan sangat baik, meskipun daya yang dimiliki hanya 5 watt. Apalagi nama besar yang dimiliki Philips bisa kamu andalkan.

Ketiga, RTD LED H6 M11G. RTD LED H6 M11G memiliki harga hanya Rp 50 ribuan saja, RTD LED H6 M11G memiliki pencahayaan yang cukup maksimal, sayangnya merek ini belum banyak dikenal oleh pengendara motor. Meskipun demikian, kamu bis mengandalkan masalah pencahayaan kendaraan pada RTD LED H6 M11G.

Sebenarnya tidak ada salahnya kamu menggunakan LED untuk melakukan modifikasi motor, namun kamu juga harus memperhatikan masalah kelistrikkan, pastikan kelistrikan motormu berada dalam kondisi yang prima selain itu pastikan kembali bila aki berada dalam status sehat, sehingga lampu motor bisa digunakan dengan baik.

Kata PencarianUlas kelebihan led osram