Lampu Tembak Motor

Fungsi Lampu Tembak Motor yang Kurang Dipahami

Lampu tembak motor atau penerangan sorot adalah bagian penting pada kendaraan. Ketika kamu sedang melakukan perjalanan di jalan raya mungkin menemukan berbagai macam motor-motor yang menggunakan penerangan sorot.

Penerangan kendaraan biasanya sering digunakan oleh beberapa kendaraan bermotor tetapi barang satu ini memiliki jenis berbeda. Misalnya saja ada penerangan tembak jarak dekat dimana memiliki arah sorot pada bagian penyinaran ke bawah atau depan jalan yang akan kamu lalui. Biasanya sering juga disebut dengan low beam.

Sedangkan untuk jenis penerangan tembak dengan jarak jauh di mana memiliki arus sorot penerangan pada bagian tengah depan jalan akan dilalui. Biasanya posisinya memang sejajar dengan penerangan. Untuk jenis yang satu ini sering sekali disebut dengan high beam.

Selama ini orang hanya menggunakan kendaraan bermotor dengan penerangan menyala. Tidak banyak memahami fungsi dari keduanya. Apalagi untuk penerangan tembak, padahal memahami fungsinya juga sangat penting untuk diperhatikan. Berikut ini fungsi dari lampu tembak yang dapat kamu ketahui.

Lampu Tembak Motor Berfungsi Jadi Peringatan Pengendara Lain

Mungkin tidak banyak yang tahu ternyata lampu tembak untuk motor bisa memiliki fungsi untuk memberikan peringatan atau tanda. Jadi peringatan tersebut akan diberikan untuk pengendara lain satu arah maupun lawan arah.

Apa yang dimaksud untuk memberikan peringatan kepada pengendara lain. Jadi ketika kamu menggunakan penerangan tersebut biasanya digunakan untuk memberikan tanda bahwa kamu akan menyalip kendaraan ada di depan. Cukup berikan tanda dengan memberikan lampu sorot.

Viral :   Tips Pilih Motor Sport Murah untuk Kenyamanan

Tapi ketika kamu sedang berada di arah berlawanan kemudian ingin memberikan tanda pada kendaraan lain maka silahkan nyalakan penerangan tersebut berkali-kali. Tanda tersebut biasanya dipahami sebagai tanda untuk memberikan sedikit jalur sehingga kamu bisa menyalip kendaraan di depan.

Lampu Tembak Bantu Ketahui Medan Jalan

Fungsi utama yang tidak jauh berbeda adalah untuk memberikan peringatan ketika berada di jalanan ekstrim. Penerangan jarak jauh ini memang bisa membantu kamu untuk mengetahui medan dari jalan akan dilalui.

Jika kamu menggunakan lampu sorot jarak jauh maka jalanan yang gelap dan sepi akan terlihat jauh lebih jelas. Hal ini juga membantu kamu untuk memberikan kewaspadaan ketika akan melaju. Menggunakan lampu sorot jarak jauh maka jarak pandang pengendara juga jauh lebih terlihat.

Selain itu juga sangat cocok jika digunakan untuk melewati jalan berkelok. Tidak hanya mengetahui medan dari Jalan berkelok tersebut tetapi ada juga bisa memberikan tanda pada pengendara lain yang ada di jalur berlawanan.

Dengan menggunakan penerangan jarak jauh pada kendaraan maka akan membuat kendaraan lain juga waspada dan berhati-hati. Maka dari itu, pastikan lampu sorot jarak jauh di kendaraan kamu berfungsi dengan jelas.

Lampu Tembak Motor Jarak Jauh Lebih Jelas dalam Kondisi Berkabut

Fungsi ketika yang bisa dirasakan ketika kamu menggunakan lampu tembak untuk motor adalah menghindari berbagai macam kecelakaan. Lampu yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan pengendara. Apalagi ketika kamu sedang berkendara pada kondisi cuaca yang tidak dapat ditebak.

Viral :   Benelli Leoncino 500, Intip Harga Jual dan Spesifikasinya

Sangat berisiko bagi pengguna motor ketika mereka mengendarai di tempat yang berkabut atau ketika sedang hujan. Jika kamu melihat kabut pada saat sedang ada di jalan maka akan membuat cara pandang menjadi lebih pendek.

Fungsi dari lampu tembak motor ternyata bisa membantu kamu untuk melihat dari arah jauh Ketika sedang dalam cuaca berkabut. Tidak hanya memberi jarak yang cukup jauh tetapi kamu juga bisa mengetahui kondisi jalan yang ada di depan.

Perjalanan bisa berjalan lebih lancar dan aman sehingga membuat para pengendara menjadi lebih waspada lagi. Sangat penting untuk selalu menyalakan lampu tembak jarak jauh ketika sedang berada di Jalan berkabut atau hujan lebat. Hal ini juga bisa membuat pengendara lain mengetahui keberadaan kamu.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan Ketika kamu menggunakan pencahayaan jarak jauh pada kondisi yang tepat. Tetapi jika kamu sedang berada di jalan raya dan tidak ingin memberikan tanda apapun kepada pengendara lain sebaiknya tidak perlu menyalakan penerangan jarak jauh.

Hal ini dikarenakan bisa mengganggu penglihatan pengendara lain sehingga bisa memberikan risiko kecelakaan di jalan. Memahami lampu tembak motor adalah bagian paling penting ketika berkendara di luar.