Sepeda Motor Listrik Honda pcx Hybrid

Fakta Menarik Sepeda Motor Listrik Honda PCX Hybrid

Sepeda motor listrik Honda sukses menarik minat tinggi dari masyarakat. Itu karena, kendaraan listrik ini memiliki jenis yang sama dengan kendaraan konvensional yang sudah sangat populer yaitu Honda pcx. Dengan kemiripan tersebut, respons baik ternyata diberikan oleh warga. Respons baik ini diberikan karena Honda pcx sendiri sudah terbukti memuaskan.

Kondisi berbeda mungkin akan terjadi jika jenis kendaraan listriknya dibuat berbeda dengan kendaraan konvensional. Jika itu dilakukan, kepercayaan konsumen pasti belum sepenuhnya terbentuk. Sekarang di Indonesia, kendaraan ini belum dipasarkan secara penuh. Prosesnya baru sampai ke pengenalan dan sedang diuji coba oleh gojek dan grab.

Proses uji coba ini juga jumlahnya terbatas sehingga kendaraan ini belum terlihat banyak di jalan raya. Selain itu, bentuknya yang mirip Honda pcx standar juga membuat banyak orang tidak sadar. Sebenarnya, terdapat beberapa fakta menarik yang dimiliki sepeda motor listrik Honda tersebut. untuk lebih mengetahui, mari mengulas lebih lengkap mengenai fakta menarik tersebut.

Sistem Kendaraannya Tidak Serumit yang Dibayangkan

Fitur hybrid ini sebenarnya tidak menggunakan sistem yang begitu rumit. Intinya, terdapat dua jenis baterai yang dijadikan sumber tenaga utama kendaraan ini. Sumber pertama adalah aki kering. Aki kering ini berfungsi sebagai sumber kelistrikan seperti lampu. Selain itu, sumber selanjutnya adalah baterai lithium ion.

Baterai lithium ion sendiri dipakai untuk menunjang mode hybrid. Nama lithium ion sendiri biasa dipakai untuk baterai pada ponsel. Jenis tersebut sudah terbukti ketahanannya. Dengan itu, kemungkinan terjadinya kerusakan menjadi lebih kecil. Tenaga dari baterai tersebut sebenarnya dipakai untuk menggerakkan ACG.

Viral :   Velg Rossi Produk Lokal Berstandar Internasional

ACG sendiri merupakan singkatan dari alternator current generator. ACG sendiri merupakan starter yang memiliki fungsi ganda untuk assist. Keberadaan assist tersebut akan terasa ketika melakukan snapping. Ketika snapping dilakukan, akan terdapat input masuk ke Power Drive Unit atau PDU. Setelah itu terjadi, baterai akan mengalirkan listrik ke ACG.

Disinilah ACG yang memiliki peran sebagai assist sepeda motor listrik Honda akan berfungsi. Keberadaannya akan membuat adanya assist selama 3 detik. Keberadaan assist tersebut dapat dilihat dari panel. Lokasinya sendiri berada pada posisi paling atas. Dengan itu, kontrol apakah proses ini normal atau tidak bisa terus dilakukan.

Terdapat 3 Riding Mode yang Bisa Dipilih

Fakta menarik lain dari pcs hybrid terletak pada riding mode yang disediakannya. Tercatat, kendaraan ini memiliki 3 riding mode yang berbeda-beda. Ketiga riding mode tersebut antara lain Drive, Sport, dan Idle. Tentu, ketiganya memiliki fungsi dan waktu penggunaan yang berbeda-beda. Mengubahnya sendiri bisa dilakukan memakai tuas yang disediakan.

Untuk jenis paling umum, mode drive pada sepeda motor listrik Honda bisa dipilih. pada mode ini, performanya terbilang sangat responsif. Namun, performa responsif tersebut ditunjang oleh konsumsi bahan bakar yang dapat dikatakan efisien. Konsumsi bahan bakar inilah alasan utama mengapa penggunaan mode drive lebih banyak dipilih.

Viral :   Resmi Masuk ke Indonesia, Seperti Apa Motor Roda 4 Qooder?

Mode selanjutnya adalah sport. Perbedaan utamanya dengan mode drive terletak pada besar assist yang didapat. pada mode sport, tenaga assist nya jauh lebih besar. Kondisi ini jelas membuat tenaganya lebih responsif saat melakukan akselerasi. Menyalip juga menjadi lebih mudah dengan tipe ini.

Namun, kekurangan jelas terlihat dari segi penggunaan bahan bakar. kebanyakan orang tidak menggunakannya karena tingkat penggunaan bahan bakar tersebut. untuk jenis terakhir yaitu mode idle, tipenya sangat mirip dengan drive. Namun dalam idle, fitur idling stop yang menjadi keunggulan Honda akan dimatikan sehingga kendaraan terus menyala.

Bisa Snapping Hinga 25 Kali Berturut-turut

Fakta menarik dari sepeda motor listrik Honda ini juga dilihat dari jumlah snapping yang bisa dilakukannya. Snapping sendiri adalah proses bukan tutup gas secara cepat. Apabila baterainya berada pada kondisi penuh, proses snapping ini bisa dilakukan hingga 25 kali.

Namun, jumlah snapping tersebut akan menurun jika menggunakan mode sport. Penurunan membuat proses snapping hanya bisa dilakukan sebagai 20 kali. Untuk melihat sisa baterai sendiri cukup mudah. Panel di layarnya selalu memperlihatkan kondisi baterai terbaru.

Jika memang tertarik dengan kendaraan ini, kamu perlu sedikit bersabar. Belum diketahui kapan waktu rilis normalnya akan dilakukan. Namun, rumor tentang harganya sudah mulai muncul. Beberapa sumber mengatakan harganya berada pada kisaran 40 juta rupiah. harga tersebut cukup standar jika melihat fitur dari sepeda motor listrik Honda ini.