Spesifikasi Motor Listrik Kawasaki,

Spesifikasi Motor Listrik Kawasaki, Motor Sport Ramah Lingkungan

Motor listrik Kawasaki sudah mulai diproduksi namun masih belum diperjual belikan secara luas. Kawasaki merupakan sebuah perusahaan otomotif yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini telah menghasilkan berbagai produk otomotif khususnya motor sport yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia.

Perusahaan otomotif Jepang ini sudah berdiri di Indonesia sejak 18 Februari 1994 dengan nama PT Kawasaki Motor Indonesia. Perusahaan bertempat di Kelapa Gading Jakarta Utara. Dimulai tahun 1995, perusahaan ini mulai memproduksi, dan mulai menjual unit, spare pat serta fasilitas servis lainnya.

Perusahaan memiliki kegiatan yaitu merakit dan memproduksi kommponen. Dengan melihat perkembangan zaman yang semakin canggih, perusahaan otomotif Jepang ini juga menghasilkan motor listrik Kawasaki ramah lingkungan. Tingginya pencemaran udara oleh polusi kendaraan juga dilihat oleh perusahaan Jepang ini yang kemudian mulai membuat kendaraan bertenaga listrik.

Perjalanan Motor Kawasaki di Indonesia

PT Kawasaki Motor Indonesia telah berdiri sejak 1994. Produksi pertamanya dimulai tahun 1995 dengan menjual unit motor, spare pat, serta penyediaan tempat service. Perusahaan ini memiliki 2 kegiatan utama yaitu merakit dan memproduksi komponen kendaraan roda dua. Pertahunnya dapat memproduksi hingga 200.000 unit pertahunnya.

Perusahaan ini memiliki sistem kerja baik dan dapat menghasilkan produk terbaik dan pekerja yang memiliki skill mumpuni. Di Jepang terdapat sistem kerja 5S yang bisa membuat perusahaan tersebut meraih kesuksesan. Pada pertengahan tahun 2008 PT Kawasaki Motor Indonesia telah menerapkan konsep ini pada seluruh karyawannya.

Viral :   Kelebihan Motor Matic Yamaha yang Perlu Diketahui

5S itu berasal dari bahasa Jepang yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Konsep 5S ini memiliki arti dasar pada proses perubahan sikap bekerja. Istilah ini memiliki arti untuk membiasakan diri bekerja dengan standar, selain itu juga mengajarkan pada karyawan untuk selalu membersihkan tempat kerja.

Perusahaan ini telah banyak menghasilkan produk kendaraan roda dua berteknologi canggih. Masyarakat Indonesia mengenal perusahaan ini sebagai motor sport, karena dalam perkembangannya produk-produk sport yang dihadirkan dapat memancing minta konsumen Indonesia. Spesifikasi yang dihadirkan seperti motor balap di lintasan, sehingga membuat masyarakat semakin menyukainya.

Namun, saat ini tingkat polusi udara sangat tinggi, dan penyumbang terbesar polusi adalah kendaraan berbahan bakar bensin. Transportasi berbahan bakar bensin mengeluarkan emisi yang dapat mencemari lingkungan. Maka dari itu kini perusahaan otomotif mulai bersaing dalam mengembangkan transportasi ramah lingkungan, seperti halnya Kawasaki.

Spesifikasi Motor Listrik Kawasaki Ramah Lingkungan

Motor listrik produksi Kawasaki mulai dikembangkan dan memperkenalkan konsepnya. Namun perusahaan otomotif sport dari Jepang ini masih belum memiliki rencana untuk memproduksinya secara masal dalam waktu dekat. Di EICMA pada tahun 2019 Kawasaki sempat memajang unit kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Kendaraan roda dua ramah lingkungan Kawasaki diberi nama Endeavor. Dari tampilannya unit ini masih memiliki desain yang sama degan produk sport Kawasaki lainnya. Transportasi ramah lingkungan ini memiliki kemiripan sasi dengan ninja 650 yang menggunakan rangka teralis dan sistem transmisi kopling manual 4 percepatan.

Viral :   Aksesoris Motor yang Paling Banyak Dicari 2021

Motor listrik Kawasaki memiliki beragam kelebihan, salah satunya adalah kopling, karena memiliki girboks manual dengan 4 percepatan yang tidak sering dijumpai pada kendaraan ramah lingkungan lainnya. Endeavor merupakan gabungan komponen dari Z400 dan Z650, namun balutan full faringnya terlihat seperti ninja 400 atau ninja 1000SX.

Pada bagian yang biasanya diisi dengan mesin, diganti menjadi tempat penyimpan baterai dan perangkat elektronik lainnya serta sistem pengecasan. Selain menggunakan transmisi manual, ciri khas dari Kawasaki lainnya adalah menggunakan rantai bukan belt seperti kendaraan listrik pada umumnya.

Seperti produk lainnya, motor listrik Kawasaki memiliki kecepatan yang sama. Dalam pengembangannya berfokus pada sumber tenaga listrik yang memungkinkan tingkat fleksibilitas tinggi dalam pengiriman torsi atau daya. Sehingga meski ramah lingkungan kendaraan roda dua ini masih memiliki sensasi seperti di area sirkuit.

Meski demikian, transportasi ramah lingkungan masih belum bisa dibandingkan dengan motor sport keluaran Kawasaki biasanya. Endeavor menghasilkan tenaga setara dengan 27 hp untuk keselarasannya, sedangkan power cruising setara dengan 13,5 hp. Hal ini masih belum bisa dibandingkan dengan spesifikasi motor ninja.

Kawasaki sebagai perusahaan otomotif pencipta motor ninja yang menghadirkan sensasi seperti di sirkuit juga mulai menghadirkan transportasi ramah lingkungan, meskipun kecepatan atau tenaga kendaraan ini masih belum sama seperti produk lainnya, namun motor listrik Kawasaki memiliki beragam kelebihan.