perbedaan helm kyt ori dan kw

Perbedaan Helm KYT ORI dan KW

perbedaan helm kyt ori dan kw – Memakai helm merupakan langkah esensial untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat mengendarai motor. Oleh karena itu, memilih helm berkualitas asli dan bukan tiruan sangatlah krusial, terutama bila mereknya serupa.

Berikut adalah lima tips untuk membedakan helm original dengan helm KW super, jangan sampai tertipu oleh penampilannya.

Perbedaan Helm KYT ORI dan KW

1. Bobot Helm

Bobot atau massa helm adalah faktor yang perlu kita pertimbangkan ketika hendak membeli helm baru. Cara termudah untuk mengeceknya adalah dengan mengangkat helm itu sendiri.

Helm yang autentik biasanya memiliki bobot yang ideal, tidak terlalu berat dan tidak terlalu enteng. Sebaliknya, helm KW super cenderung memiliki bobot yang tidak wajar, bisa jadi terlalu enteng atau terlalu berat, dan seringkali kurang nyaman saat dipakai.

2. Serial Number Helm

Produsen helm biasanya memberikan nomor seri unik pada setiap produknya. Ini memudahkan kita untuk mengidentifikasi helm yang autentik dan yang bukan.

Apabila kamu menemukan beberapa helm dengan nomor seri yang identik di toko tempat kamu berbelanja, maka besar kemungkinan helm tersebut merupakan helm KW.

3. Material Pembuatan Helm

Helm KW super dibuat dari plastik yang rapuh dan mudah hancur. Sementara itu, helm asli dibuat dari plastik berkualitas tinggi yang kokoh, tahan lama, dan tidak mudah rusak.

Kamu bisa mengetahui perbedaannya dengan mengetuk-ngetuk permukaan helm. Jika suaranya terdengar keras, itu menandakan helm tersebut adalah KW atau tiruan. Kamu juga bisa memeriksa ketebalan materialnya, karena helm asli tidak akan terlalu tipis atau tebal.

4. Visor atau Kaca Helm

Visor helm asli terbuat dari polycarbonate yang fleksibel dan tahan benturan. Di sisi lain, helm KW biasanya menggunakan akrilik yang mudah pecah.

Untuk membedakannya, cukup tekan pelan-pelan visor helm yang akan kamu beli. Jika bahan tersebut fleksibel, maka itu menunjukkan kualitas asli, namun jika keras, itu bukanlah helm yang autentik.

5. Busa Helm

Kenyamanan helm sangat ditentukan oleh kualitas busa yang digunakan. Helm asli akan memiliki busa yang lembut, tebal, dan nyaman, yang tidak akan menyebabkan rasa sakit di telinga saat dipakai.

Kami sarankan kamu mencoba helm tersebut untuk merasakan kenyamanannya secara langsung. Tekan busa helm tersebut; busa pada helm asli akan terasa kenyal dan lembut, berbeda dengan helm KW yang busanya kurang berkualitas.

Itulah lima tips untuk membedakan helm original dengan helm KW super, jangan sampai tertipu oleh penampilannya. Ingatlah untuk selalu menggunakan helm saat berkendara demi menjaga keselamatanmu. Keselamatan adalah prioritas utama!

Rekomendasi Helm Terbaik 2024

Setelah kita mengetahui perbedaan helm kyt ori dan kw, selanjutnya kami ingin memperkenalkan daftar helm full face terbaik dengan harga terjangkau di bawah Rp8 juta yang bisa kamu pertimbangkan.

Ingat, pilihlah helm yang sesuai dengan anggaranmu!

1. NJS ZX-1 – Harga Rp680—700 ribuan

Untuk pilihan pertama, kami sarankan NJS ZX-1, sebuah helm karya anak bangsa dari Tangerang.

Diproduksi oleh PT Surya Motor Shelmindo yang telah beroperasi sejak tahun 2006, NJS ZX-1 menjadi pilihan utama bagi banyak pengendara, terutama karena harganya yang bersahabat, berkisar antara Rp680 ribu hingga Rp700 ribu. Dengan berat sekitar 1,5 kg, helm ini nyaman untuk digunakan dalam perjalanan panjang.

Viral :   Harga Kampas Rem Belakang Untuk Beat Terbaru

Desainnya yang modern, dilengkapi dengan spoiler di bagian belakang, membuat helm ini populer di kalangan pemuda yang suka berkumpul di pagi hari.

2. KYT TT Course – Harga Rp1,3 jutaan

Selanjutnya, KYT TT Course bisa menjadi pilihan menarik bagi kamu.

Helm lokal ini menawarkan desain yang stylish dan modern, dengan spoiler di bagian belakang yang sedang tren saat ini. Dengan berbagai pilihan warna, mulai dari grafis kombinasi hingga warna solid glossy atau doff, helm ini dijual dengan harga sekitar Rp1,3 juta dan bobotnya hanya 1,4 kg.

3. RSV FF Zero Carbon – Harga Rp960 ribuan

Kemudian ada RSV FF Zero Carbon, helm lokal dengan desain dan kualitas yang tidak kalah menarik.

Dengan motif carbon yang elegan, helm ini berasal dari Cikutra, Bandung, Jawa Barat, dan ditawarkan dengan harga di bawah Rp1 juta, yaitu sekitar Rp960 ribu. Helm ini pernah dipakai oleh Presiden Joko Widodo, yang meningkatkan popularitasnya. Bobotnya hanya sekitar 2 kg dan busanya dapat dilepas untuk kemudahan dalam pembersihan.

4. Airoh Valor Wings – Harga Rp2,8 jutaan

Untuk pilihan helm full face premium, Airoh Valor Wings bisa menjadi pilihan.

Dengan harga sekitar Rp2,8 juta, helm ini menawarkan desain sporty yang memberikan kesan mewah. Tersedia dalam berbagai warna, baik grafis maupun polos, helm ini memiliki bobot sekitar 1,4 kg dan mudah ditemukan baik di toko online maupun offline.

5. Fly Formula – Harga Rp3,9 jutaan

Terakhir, bagi kamu yang menyukai motor trail, Fly Formula adalah pilihan yang tepat.

Dengan harga sekitar Rp3,9 juta, helm ini menawarkan fitur keamanan tinggi, termasuk sistem adaptif untuk dampak (AIS), sel energi dampak, dan terbuat dari EPS multi-densitas. Bobotnya yang hanya 1,3 kg dan desain grafisnya yang menarik membuat helm ini sangat cocok untuk crosser.

6. Arai Rapide Neo – Harga Rp7,9 jutaan

Untuk kamu yang menggemari motor bergaya vintage atau klasik, kami merekomendasikan Arai Rapide Neo sebagai pilihan helm full face. Brand asal Jepang ini menghadirkan helm dengan desain overland yang menarik.

Desainnya memberikan kesan nostalgia, mirip dengan helm Simpson dari Amerika Serikat, lengkap dengan ventilasi udara di bagian dagu. Bentuk atas helm yang membulat menambah nuansa retro yang kuat.

Dengan harga sekitar Rp7,9 jutaan, Arai Rapide Neo menjadi pilihan bagi penggemar motor yang mencari kenyamanan superior dalam helm.

7. Arai XD – Harga Rp7,5 jutaan

Selanjutnya, Arai XD adalah pilihan yang sempurna untuk kamu yang suka touring. Helm ini dirancang untuk mengoptimalkan performa di setiap bagian, memberikan kesan yang kuat dan tangguh.

Dengan desain dagu yang lebih besar dan ventilasi udara vertikal, serta ventilasi tambahan di bagian atas dan belakang yang menambah kesan agresif, helm ini dirancang untuk sirkulasi udara yang baik, sehingga kamu tidak merasa kepanasan. Ventilasi ini juga membantu mengurangi embun pada visor saat kamu bernapas.

Viral :   Fungsi Koil Motor dan Gejala Kerusakannya

Dijual dengan harga sekitar Rp7,5 jutaan, Arai XD bisa menjadi pilihan yang menambah gaya saat kamu berkendara.

8. Arai Vector X – Harga Rp6,5—7 jutaan

Kami juga merekomendasikan Arai Vector X sebagai pilihan helm full face selanjutnya. Helm ini memiliki tampilan yang serupa dengan Arai RX7X, namun dengan perbedaan pada ventilasi udara di tengah dan spoiler kecil di belakang.

Sementara itu, RX7X memiliki dua spoiler yang memanjang dari depan hingga belakang di sisi kanan dan kiri atas.

Dengan berbagai pilihan warna, mulai dari glossy, doff, hingga grafis, harga helm ini bervariasi mulai dari Rp6,5 jutaan untuk warna glossy, Rp7 jutaan untuk doff, dan Rp7,5 jutaan untuk grafis.

9. Nolan N70-2 GT – Harga Rp4,5 jutaan

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan brand Nolan dalam daftar helm. Dari Bergamo, Italia, Nolan menjadi salah satu brand helm yang diidamkan oleh para bikers.

Salah satu produk Nolan yang populer di pasaran adalah N70-2 GT. Keunikan dari Nolan N70-2 GT adalah kemampuannya untuk dilepas pasang pelindung dagu, memungkinkan kamu untuk mengubahnya dari helm half face menjadi full face. Helm ini sering digunakan oleh pengendara Vespa matic.

Dengan harga sekitar Rp4,5 jutaan, N70-2 GT dari Nolan adalah item yang wajib dimiliki oleh para penggemar Nolan.

10. Simpson Speed Bandit – Harga Rp6 jutaan

Kami juga menyarankan Simpson Speed Bandit sebagai helm full face yang layak masuk dalam daftar rekomendasi. Helm ini memiliki bentuk yang mirip dengan helm cakil, tetapi dengan ukuran yang lebih besar.

Simpson Speed Bandit layak menjadi koleksi karena merupakan salah satu helm terlaris dari brand Amerika Serikat ini.

Popularitas Speed Bandit sangat tinggi di seluruh dunia, sehingga banyak produsen yang membuat versi tiruannya. Helm ini juga menjadi favorit banyak pembalap di berbagai jenis balapan.

Mungkin kamu ingat karakter misterius The Stig dari acara Top Gear? The Stig juga menggunakan helm ini untuk berbagai tes yang dilakukan oleh Top Gear.

Dengan harga sekitar Rp6 jutaan, Simpson Speed Bandit dianggap cukup langka dan menjadi incaran para pecinta helm.

11. X-Lite X-803 – Harga Rp6,5 jutaan

Pilihan terakhir untuk helm full face yang bisa kamu pertimbangkan adalah X-Lite X-803. Helm ini menawarkan keunggulan berupa ukuran yang ringkas dan kenyamanan saat dikenakan.

Tipe helm ini pun menjadi favorit di kalangan pengendara motor global karena kemudahan penggunaannya.

X-Lite X-803 memiliki fitur Nolan Emergency Release System (NERS), yang memudahkan pengguna untuk melepas helm dalam situasi darurat, meskipun helm masih terikat dengan sempurna.

Dari segi harga, X-Lite X-803 ditawarkan sekitar Rp6,5 jutaan. Helm ini sangat sesuai untuk pemakaian sehari-hari karena desainnya yang sederhana namun elegan.

Jadi, itulah rangkuman beberapa helm yang bisa kamu pilih dengan harga di bawah Rp8 jutaan. Dari semua helm yang telah kami ulas, manakah yang paling menarik perhatianmu?