Cara Menambal Tangki Motor Bocor

Cara Menambal Tangki Motor Bocor

Apakah kamu pernah menghadapi situasi dimana tangki motormu mengalami kebocoran? Meskipun tampaknya tidak begitu penting, kebocoran pada tangki bisa berujung pada komplikasi serius bila tidak secepatnya diatasi. Oleh karena itu, sangat krusial bagi kamu untuk memahami cara menambal tangki motor bocor. Sebagai tempat penyimpanan bahan bakar yang esensial bagi kendaraanmu, tangki motor bisa saja rusak dan bocor, baik itu kerusakan ringan maupun parah. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan adanya retakan atau lubang pada tangki yang membiarkan bahan bakar atau cairan lain bocor keluar tanpa kontrol. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai masalah yang berisiko bagi pengendara, kendaraan, serta lingkungan.

Bila terjadi kebocoran pada tangki motor, kehilangan bahan bakar yang cukup banyak bisa terjadi, yang berakibat pada penurunan efisiensi kendaraan dan konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Lebih dari itu, kebocoran juga bisa menyebabkan tumpahan yang berisiko menimbulkan api atau insiden di jalan.

Penyebab Umum Kebocoran Tangki Motor

Mengenali penyebab-penyebab umum dari kebocoran tangki motor sangat penting agar kamu bisa mengambil langkah pencegahan yang sesuai untuk masa yang akan datang. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dijelaskan oleh motomotifo.com:

1. Kebocoran dari Tutup Bensin

Kebocoran dari tutup bensin merupakan salah satu masalah yang sering muncul, khususnya pada jenis motor sport yang tangkinya terletak di bagian depan. Tutup bensin yang sudah tua dan rusak bisa menyebabkan kebocoran yang tidak hanya merugikan lingkungan tetapi juga bisa mengakibatkan kerugian finansial yang tidak sedikit.

Viral :   Motor Murah Dengan Performa Bagus 16 Jutaan Aja!

2. Embun dalam Tangki

Embun bisa terbentuk di dalam tangki motor, terutama ketika ada perubahan suhu yang drastis. Jika embun ini terus terakumulasi dan tidak segera dibersihkan, bisa menyebabkan masalah.

3. Korosi dari Air Hujan

Paparan terhadap kondisi cuaca lembab atau hujan yang terus-menerus bisa menyebabkan korosi pada tangki motor. Korosi ini secara bertahap akan merusak permukaan tangki dan membuatnya rentan terhadap kebocoran. Setelah mengetahui berbagai penyebab kebocoran, kamu pasti ingin tahu cara-cara efektif untuk memperbaikinya. Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk menambal tangki motor yang bocor.

Cara Menambal Tangki Motor Bocor

Ada berbagai faktor yang dapat membuat konsumsi bensin pada motor meningkat, termasuk pembakaran yang kurang efisien, modifikasi pada mesin, atau bahkan karena adanya kebocoran di tangki bensin seperti yang sudah kita ketahui diatas. Memang benar, tangki bensin pada motor bisa mengalami kebocoran.

Berbagai hal bisa menjadi penyebabnya, mulai dari benturan dengan objek keras hingga proses korosi. Jika sudah terjadi kebocoran, memperbaikinya adalah satu-satunya solusi. Namun, kamu tidak perlu langsung pergi ke bengkel, karena ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan sendiri untuk menambal tangki bocor tersebut. Inilah beberapa metodenya:

1. Menggunakan Lem G

Metode pertama adalah dengan memanfaatkan Lem G, yang dikenal efektif dan cepat dalam menambal kebocoran tangki bensin. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan Lem G, kertas amplas, dan serbuk pasir atau semen.
  • Lepas tangki dari motor dan bersihkan dari segala kotoran atau debu.
  • Pastikan tidak ada sisa bensin yang menempel agar lem bisa menempel dengan baik.
  • Gosok bagian yang bocor dengan amplas, lalu teteskan Lem G pada area tersebut.
  • Taburkan serbuk pasir atau semen di atas lem yang masih basah agar cepat mengeras.
  • Gosok lagi dengan amplas untuk meratakan permukaan tangki agar hasilnya lebih halus.
Viral :   Memahami Langkah 70 pada Kendaraan. Awas Keliru!

2. Menggunakan Patri

Cara kedua adalah dengan menggunakan patri, yaitu timah yang dilelehkan dan diaplikasikan untuk menambal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan patri, amplas, dan timah.
  • Lepas tangki dari motor.
  • Bersihkan dari sisa bensin atau debu dan tandai bagian yang bocor.
  • Gosok area yang bocor dengan amplas.
  • Panaskan timah hingga meleleh.
  • Aplikasikan timah panas pada area yang bocor dengan hati-hati.

3. Menggunakan Lem Fiberglass

Metode terakhir adalah dengan menggunakan Lem Fiberglass, yang merupakan lem khusus dengan basis resin. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan Lem Fiberglass.
  • Bersihkan tangki dari sisa bensin dan debu.
  • Siapkan botol air mineral berukuran 300 ml.
  • Campurkan 100 ml resin dengan 1 ml katalis, aduk hingga merata.
  • Oleskan campuran lem pada bagian yang bocor.
  • Biarkan lem mengering.

Itulah tiga metode yang bisa kamu coba untuk memperbaiki tangki motor yang bocor tanpa perlu ke bengkel. Mana yang ingin kamu coba?