Motor herex
Foto: otoinfo.id

Motor herex: Spesifikasi dan Kelebihan Kekurangannya

Apa itu motor Herex? Herex merupakan kependekan dari sebuah komunitas pecinta modifikasi motor naked Honda, misalnya GL 100 sampai CB 100. Modifikasi yang mereka lakukan tidak hanya sebatas penampilan, tetapi juga mencakup sektor mesin. Untuk mengetahui kinerjanya, mereka sering mengadakan tes dengan cara balapan di jalanan tertentu.

Pada tahun 2012, saat Indonesia Motorcycle Show (IMOS) berlangsung, PT Astra Honda Motor (AHM) mengakui Herex sebagai komunitas motor Honda yang penuh dengan keceriaan dan jiwa petualang saat mengendarai. Anggota Herex berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, karyawan, hingga pengusaha. Namun, mereka memiliki satu kesamaan, yaitu hasrat untuk berpetualang.

Namun, sejalan dengan perkembangan zaman, makna Herex yang awalnya komunitas modifikasi motor kini berubah menjadi jenis motor yang digunakan oleh komunitas itu. Motor yang dimaksud adalah motor naked Honda yang telah dimodifikasi secara maksimal, baik dari sisi tampilan maupun dari sisi mesin untuk mendukung kecepatan. Kini Herex dikenal sebagai balap motor yang memakai motor modifikasi di jalanan tertentu dengan jarak yang sudah ditetapkan.

Lebih lanjut lagi, kini Herex tidak hanya menyangkut motor naked dari Honda, tetapi juga dari merek lain. Jadi motor naked non-Honda yang memiliki modifikasi mirip Herex juga disebut sebagai motor Herex.

Viral :   Menilik Kelebihan, Kekurangan Menggunakan Box Sepeda Motor dan Tips Membelinya

Ciri-Ciri Motor Herex

Ciri-ciri motor ini adalah motor-motor dengan genre naked yang menggunakan stang acerbis atau stang jepit, menaikkan shockbreaker depan, menggunakan ban kecil, menggunakan velg kecil, dan sektor mesin yang sudah diubah untuk mencapai kecepatan tinggi.

Tampilan itu dibuat agar motor bisa bergerak dengan lincah dan cepat, sehingga bisa digunakan untuk bertanding kecepatan baik di jalanan yang sudah ditentukan dengan panjang lintasan antara 500-1.200 meter.

Semua tampilan yang dimodifikasi berfungsi untuk mengurangi bobot pada kendaraan yang dimiliki. Bobot yang ringan memungkinkan motor untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi, sehingga bisa bersaing dengan motor lainnya.

Namun, tidak semua Herex menggunakan ban kecil dan velg yang kecil. Ada juga Herex yang pakai ban serta velg yang masih standar. Tetapi, perlu diingat jika ada motor dari luar Honda yang memiliki modifikasi seperti di atas, maka akan disebut sebagai motor Herex juga.

Pada intinya, Herex bukan hanya tentang modifikasi motor, tetapi juga tentang balap motor. Jadi, Herex adalah balap motor dengan motor modifikasi di jalanan tertentu dengan panjang lintasan yang sudah ditentukan.

Viral :   Harga Motor Listrik Gesits Buatan Indonesia

Kelebihan & Kekurangan Motor Herex

Kelebihan

Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Desain yang keren dan menawan
  • Spesifikasi mesin yang lumayan bagus
  • Harga yang bersahabat
  • Cukup hemat bahan bakar
  • Mudah diperbaiki dan dirawat
  • Tersedia di banyak dealer dan bengkel
  • Dapat diandalkan untuk berkendara jarak jauh

Kekurangan

Selain kelebihan, tentu saja ada juga beberapa kekurangan dari motor ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Performa mesin kurang maksimal pada kondisi jalan yang tidak rata
  • Suara mesin yang terlalu berisik
  • Tidak dilengkapi dengan fitur canggih seperti ABS atau power steering
  • Resale value yang relatif rendah
  • Belum tersedia di banyak wilayah di Indonesia

Harga

Harga sepeda motor ini ternyata cukup bersahabat lho, jadi sepeda motor ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk kamu yang sedang mencari-cari motor dengan harga terjangkau. Untuk harganya yakni mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 20 jutaan, tergantung pada varian dan fitur yang kamu mau.