Perbedaan Modifikasi Japstyle dan Scrambler
Foto: carousell.com

Perbedaan Modifikasi Japstyle dan Scrambler

Apa Sih Bedanya Motor Japstyle dan Scrambler? Beda antara Japstyle dan Scrambler sebenarnya mudah dikenali kalau kamu tahu fungsi dari modifikasi yang dilakukan. Tapi kalau cuma melihat penampilannya, kedua jenis modifikasi ini kelihatan mirip. Biar kamu bisa membedakan, yuk kita bahas beberapa ciri-ciri yang membedakannya di bawah ini!

Perbedaan Modifikasi Japstyle dan Scrambler

  • Keperluan penggunaan

Hal yang paling mencolok adalah keperluan penggunaan. Motor Japstyle biasanya dipakai untuk kepentingan on-road dan perjalanan antarkota. Sementara Scrambler lebih cocok untuk all terrain vehicle. Jadi Scrambler lebih ditonjolkan kemampuannya untuk menjelajah off-road tapi juga bisa dipakai untuk on-road.

Ini bisa dilihat dari cara modifikasi masing-masing motor. Scrambler akan memperhatikan kekuatan frame, shock breaker, grip roda, kemampuan rem dan juga perlindungan mesin. Sedangkan Japstyle lebih terlihat terbuka dan lebih mengutamakan style dan kecepatan di jalan raya.

  • Tangki dan jok

Beda antara Japstyle dan Scrambler juga bisa dilihat dari ukuran tangki dan posisi joknya. Japstyle akan memakai tangki yang besar dan menempatkan jok lebih rendah dari tangki biasa. Jok ini juga pasti cuma untuk satu orang.

Sedangkan Scrambler akan memakai tangki ukuran normal dengan jok yang miring. Ini untuk memastikan pengendara tetap stabil saat mengendarai motor di tempat yang ekstrem. Jok untuk Scrambler pasti lebih empuk untuk membuat nyaman berkendara di tempat yang kasar.

  • Cover mesin

Meskipun ada model Japstyle yang memakai cover untuk mesin, biasanya model ini tidak memakai perlindungan banyak. Modifikasi ini lebih menarik kalau mesinnya kelihatan lebih terbuka.
Japstyle dengan mesin terbuka akan beda banget dengan Scrambler yang tertutup. Alasan menutup mesin ini adalah karena fungsinya sebagai motor off-road. Kalau harus ke tempat yang berlumpur, basah dan banjir, pasti lebih aman pakai cover untuk mesin.

  • Fokus desain

Kamu juga bisa menjawab pertanyaan bedanya Japstyle dan Scrambler dengan melihat fokus desainnya. Fokus desain Japstyle adalah mencontoh tampilan motor barat tapi memakai berbagai parts motor Jepang. Modifikasi ini lebih mengarah pada estetik dan penampilan daripada fungsional.
Sementara Scrambler memang dimodifikasi untuk kelihatan keren, tapi fokus desainnya lebih pada fungsinya sebagai motor hybride all terrain. Bisa dibilang, motor ini adalah gabungan motor trail dengan motor road bike. Fokus desain yang beda ini tentu bikin fungsinya juga beda walaupun penampilannya bisa mirip.

Gimana menurut kamu tentang penjelasan bedanya Japstyle dan Scrambler di atas? Apakah sudah jelas? Tentu saja beda ini adalah pembahasan umum. Kalau di dunia nyata, banyak orang modifikasi sesuai selera mereka. Jadi sering ada modif Scrambler yang mau kelihatan seperti Japstyle atau sebaliknya. Tapi secara umum, uraian di atas bisa jadi acuan buat kamu.

Modifikasi Sepeda Motor ala Scrambler

Modifikasi sepeda motor adalah hal yang biasa dilakukan, baik itu untuk tujuan memperindah atau membuat kendaraan lebih enak dipakai. Dalam penggunaan sehari-hari, modifikasi motor yang biasanya dikerjakan builder banyak memilih tema Scrambler atau Japs Style. Masuk tahun 2020, tren modifikasi motor belum banyak menampilkan tren baru. Perubahan yang dilakukan para builder atau modifikator biasanya menggabungkan antara selera pemilik motor dan kebutuhan modifikasi. Tujuan lain modifikasi sepeda motor juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Viral :   Tips Merawat Rem Motor Agar Tetap Awet

Dengan konsep klasik dan dual purpose, modifikasi bermodel scrambler ini juga tidak kalah bagus kalau dilombakan dalam kontes modifikasi. Penampilan tangguh dari tema Scrambler ini bahkan mendorong beberapa pabrikan roda dua membuat motor produksi massal dengan konsep tersebut. Salah satu contohnya yaitu Ducati, pabrikan motor ala Bologna, Italia, ini bahkan merilis Ducati Scrambler bermesin 800 dan 400 cc.

Sejarah modifikasi scrambler cukup panjang, yaitu dimulai dari ajang balap di era 1920an di Inggris. Tujuannya agar sepeda motor bisa melewati berbagai medan dan dikendarai dengan nyaman. Sedikit beda dengan scrambler, gaya japstyle yang sedang disukai kalangan muda berjiwa retro di perkotaan.

Tema scrambler ini bahkan masih bisa diperluas lagi menjadi seperti street tracker atau urban street tracker. Ini menjadi inspirasi Kawasaki yang meluncurkan W 175 TR beberapa waktu lalu. Aliran modifikasi ini berasal dari motor balap Amerika yang dulu harus melewati track tanah dan track sirkuit. Bengkel modifikasi motor yang terkenal di Indonesia saat ini cukup banyak. Mulai dari Katros Garage, Street Art Custom, Thrive Custom, Studio Motor, Bimo Custom Bike, Elders Garage dan masih banyak lagi.

Modifikasi ala Scrambler

Motor bermodel scrambler sangat terkenal di tahun 60an, dimana awalnya dibuat sebagai motor balap yang bisa melewati semua medan jalan. Konsep scrambler menampilkan sepeda motor yang simpel namun tetap kuat dan punya kecepatan yang bagus.

Dari sisi desain, tema modifikasi motor scrambler dibagi ke dalam beberapa sub kategori. Tema yang paling populer adalah classic scrambler dan modern scrambler. Fokus perubahan yang dilakukan para builder dalam membuat scrambler adalah pada rangka, desain knalpot, suspensi termasuk kaki-kaki. Scrambler sebagai kendaraan semi off road pun makin diminati karena bisa menghadapi segala jenis jalan. Sampai sekarang, masih banyak kondisi jalanan yang sebelumnya mulus bisa berubah menjadi bergelombang akibat terkikis hujan.

Itulah sebabnya motor scrambler menggunakan ban bertipe knobbly atau sering disebut sebagai ban tahu. Scrambler ini memiliki ciri khas yaitu di bagian knalpot, yaitu melengkung ke atas dan sejajar dengan bagian bawah jok. Perubahan desain knalpot ini agar saluran pembuangan tidak terhambat andai motor melalui genangan air yang cukup dalam. Ban dual sport memberi kenyamanan ketika berkendara di jalan raya dan masih bisa mencengkram ketika melewati jalur tanah atau jalan berbatu. Ciri khas ban ini memiliki kembang kotak-kotak dengan profil cukup rapat. Karakter kembang seperti itu lebih mencengkram aspal dan berfungsi agar ban tidak selip.

Tujuan dari perubahan desain knalpot ini agar saluran pembuangan tidak terhambat andai motor melalui genangan air yang cukup dalam. Beberapa modifikator juga melengkapinya dengan suspensi Upside Down. Ini membuat scrambler kian keren dan meningakatkan kestabilan saat melewati medan berat.

Biasanya, scrambler di bagian kaki-kaki memanfaatkan velg jari-jari karena lebih fleksibel ketika melahap medan off road dan jalan berbatu. Velg baik depan maupun belakang dibuat sama ukurannya, memakai diameter 18 inci yang dibalut ban enduro.

Viral :   Motor Matic Honda Terbaru Siap Lawan NMAX

Bahan Modifikasi Motor Scrambler

Scrambler masih terus disukai kalangan bikers karena memiliki posisi riding yang lebih baik dan bisa berboncengan. Dengan demikian, motor modifikasi masih bisa digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Saat berniat melakukan modifikasi motor, kalian perlu ingat bila ini adalah representasi jati diri dan selera pemilik masing-masing. Jangan sampai kalian melakukan modifikasi dengan meniru seluruh gaya motor orang lain. Kalian perlu menunjukkan karakter diri sendiri pada karya modifikasi. Untuk membuat konsep ini, sebenarnya bisa memakai motor sport naked merek apapun. Namun, motor yang paling sering dimanfaatkan sebagai bahan yaitu Yamaha Scorpio karena frame-nya tidak terlalu ribet. Sang kalajengking tidak butuh banyak penyesuaian di bagian rangka.

Sementara dari kubu sayap kepak, ada dua model yang sering dipakai untuk bahan modifikasi, yaitu Honda Tiger dan Megapro. Namun demikian, untuk motor Honda, kalangan modifikator perlu memodifikasi bagian rangka. Rangka yang sudah ada dibentuk ulang dengan rangka untuk motor scrambler.

Bisa dilihat bila modifikasi motor dengan tema ini membutuhkan ‘bahan’ dari tunggangan yang kuat namun harganya terjangkau. Ketiga motor tersebut sudah malang melintang sebagai motor yang sering digunakan touring jarak jauh dan minim kendala. Mesin yang diusungnya juga berkapasitas besar, sehingga punya tenaga yang mumpuni bila digunakan di medan off road ringan.

Biaya Modifikasi Sepeda Motor ala Scrambler

Saat ingin memodifikasi motor, tentunya butuh biaya yang tidak kecil. Kita perlu melakukan banyak perubahan, mulai dari tangki, rangka, hingga kaki-kaki. Modifikasi bertema scrambler ini termasuk yang paling simpel dan terjangkau.
Untuk membuat sebuah motor scrambler, kalian setidaknya menyiapkan dana minimum sebesar Rp 10 juta. Proses pengerjaannya antara satu sampai dua minggu, tergantung dari ketersediaan part modifikasi dan kesulitannya. Biaya tersebut juga tidak bisa jadi acuan pasti karena setiap rumah modifikasi memiliki standard dan kualitas yang berbeda-beda.

Untuk itu, sebelum memodifikasi kendaraan, alangkah baiknya perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak modifikator atau builder. Kita bisa menentukan aksesoris yang akan dipakai sehingga tahu estimasi biaya dan lama pengerjaannya. Jangan sampai, modifikasi malah terhambat biaya dan akan berhenti di tengah jalan karena kehabisan biaya. Sebab, untuk modifikasi yang sampai mengubah chasis membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Perubahan chasis ini dianggap sebagai salah satu modifikasi yang berat karena menjadi dasar utamanya.
Estimasi biaya minimum di atas kadang belum termasuk dengan motor yang dipakai sebagai bahan modifikasi. Sebagai informasi, harga motor sport naked yang umum dipakai modifikasi Scrambler berkisar antara Rp 10-15 jutaan tergantung kondisi.

Setidaknya, kita perlu membeli motor dengan kondisi mesin dan kelistrikan yang baik sehingga tidak menambah beban baru setelah proses modifikasi selesai. Untuk itu bila ditotal secara keseluruhan, estimasi biaya membuat sebuah motor scrambler ini berkisar antara Rp 25 juta. Biaya modifikasi motor memang tidak bisa dibilang murah, karena dianggap sebagai sebuah karya seni otomotif. Hasil akhir juga sangat bergantung kepada biaya yang akan kamu keluarkan. Setidaknya, kalian perlu mencari tahu builder dengan garapan terbaik sehingga biaya yang dikeluarkan bisa sepadan dengan hasilnya