Fungsi Grounding pada Motor Listrik

fungsi grounding pada motor listrik – Sistem grounding motor yang buruk dapat menimbulkan beberapa masalah. Jika kabel ground tidak ada maka kelistrikan motor akan menjadi tidak stabil, kabel yang juga sering disebut dengan kabel massa ini akan memberikan dampak besar terhadap kinerja komponen kelistrikan motor. Kendaraan bermesin bensin dengan sistem karburator membutuhkan untuk pengapian dan pengisian listriknya

Apa itu grounding motor listrik?

Sebelum kita mengetahui apa saja fungsi grounding pada motor listrik sebaiknya kita mengenalk terleuh dahulu apa yang dimaksud dengan grounding. Salah satu hal yang sering kali diabaikan dalam kelistrikan motor adalah sistem grounding padahal sistem dengan sistem grounding akan menghasilkan kinerja listrik motor yang optimal. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan grounding ini? Grounding adalah sistem kelistrikan motor yang menghubungkan kabel arus negatif ke chasis sebagai arus balik yang hasilnya mempengaruhi kinerja semua perangkat elektronik pada motor.
Bukan hanya itu saja, beberapa kinerja mesin juga ikut dipengaruhi oleh pengapian dan juga kinerja mesin yang memiliki komponen ECU. Sering kali jika sistem groundingnya buruk ditemukan temukan masalah-masalah yang berakibat pada penggantian beberapa komponen. Padahal sebenarnya jika dilakukan perawatan dengan baik, maka kinerja motor akan maksimal.
Berikut adalah masalah yang disebabkan sistem grounding motor yang buruk:

  • Susah menyalakan mesin

Ketika menyalakan mesin motor pasti tidak akan terlepas dari listrik, yang mana listrik ini dibutuhkan untuk pembakaran. Biasanya motor dengan sistem grounding yang buruk butuh usaha lebih keras untuk menjalankannya.

  • Lampu buram

Jika kamu pernah mengalami lampu motor suram, dan ketika menemukan masalah ini biasanya kamu akan mengganti lampu dengan yang baru atau mengisi ulang aki, padahal masalah itu belum tentu bersumber dari sana, bisa jadi karena sistem grounding motor yang buruk mengakibatkan kinerja listrik menurun dan berdampak pada lampu yang cahayanya tidak maksimal.

  • Lampu indikator nyala

Ketika kabel grounding motor bermasalah maka akan mengakibatkan aliran listrik yang tidak stabil dan mempengaruhi sensor pada motor sehingga berpotensi untuk mengganggu lampu indikator yang menyebabkan lampu indikator terus nyala.

  • Aki menjadi boros

Aliran listrik yang kurang baik akan memaksa penggunaan daya aki yang berlebih, sehingga aki menjadi boros, maka solusinya pastikan keadaan konektor kabel grounding tetap terjaga. Erosi yang terjadi karena oksida dapat menurunkan sistem grounding, apalagi jika motor Kamu jarang dibersihkan.

Viral :   Harga Motor Honda PCX Listrik

Fungsi grounding pada motor listrik

Fungsi kabel grounding motorF, sudah pasti kondisi fisiknya berkurang dan karena hal inilah maka dibutuhkan sistem grounding.
Dengan menggunakan sistem grounding arus listrik motor menjadi jauh lebih stabil, masalah kelistrikan yang biasanya muncul pada motor tua tidak akan terasa lagi, hasilnya performa kelistrikan motor menjadi lebih maksimal dan tentu kamu pasti akan nyaman untuk mengendarainya.