Mengenal Flasher Lampu Sein Motor
Foto: suzuki.co.id

Mengenal Flasher Lampu Sein Motor

Kamu sering penasaran gak sih kenapa lampu sein selalu berkedip-kedip teratur pas kamu pake? Ternyata lampu sein yang berkedip-kedip teratur itu diatur sama salah satu suku cadang yang kecil tapi penting banget buat sepeda motor yaitu flasher lampu sein motor. Kamu pernah denger flasher sebagai salah satu komponen sepeda motor kamu? Buat orang yang gak ngerti tentang komponen-komponen sepeda motor pasti bingung apa hubungannya lampu sein sama flasher itu.

Nah, di artikel ini, wartaoto mau kasih kamu info lengkap tentang apa itu komponen flasher dan apa aja fungsinya buat kendaraan. Ini dia penjelasan lengkapnya. Definisi Flasher dan Fungsinya Flasher itu salah satu komponen kelistrikan di motor yang bisa dipake lama dan bisa sampe tahunan. Tapi ini juga tergantung sama pemakaian motor dan gimana kamu ngurusinnya. Gampangnya komponen ini yang bikin lampu sein di motor berkedip-kedip. Kalo gak ada flasher, lampu itu cuma bakal nyala aja. Biasanya flasher ini punya jarak atau tempo waktu yang teratur. Jadi lampu bakal berkedip beberapa detik sekali.

Jenis-jenis Flasher yang Harus Kamu Tau

Nah, setelah tau apa itu flasher dan fungsinya di atas. Selanjutnya kami mau ngomongin tentang jenis-jenisnya yang harus kamu tau.

  • Flasher LED

Setelah tau flasher itu buat nyalain lampu sein di motor, selanjutnya kita bakal ngomongin jenis-jenis flasher yang biasa dipake di kendaraan. Jenis pertama adalah Flasher LED. Flasher ini biasanya dipake buat motor modif. Biasanya pengendara ganti komponen motor sama lampu seinnya juga. Kalo kamu modif motor, mending pake flasher jenis ini. Kalo kamu ganti lampu sein, otomatis flashernya juga ganti jadi model LED yang sama. Ini biar flasher-nya bisa kerja baik dan lampunya bisa nyala lebih terang. Kelebihan kalo kamu beli flasher jenis LED adalah ukurannya lebih ringan, dan udah ada komponen namanya potensio mini yang buat atur waktu kedipan. Kekurangannya adalah flasher ini gampang rusak kalo kena air.

  •  Flasher 3 Kaki

Jenis flasher yang selanjutnya adalah 3 kaki. Flasher ini biasanya dipake buat mobil atau kendaraan roda empat. Tapi flasher ini juga bisa dipake buat motor. Kalo dibandingin sama jenis LED, flasher 3 kaki biasanya lebih awet. Kelebihan flasher jenis 3 kaki ini antara lain adalah kedipan lampu sein yang keluar gak bakal ngaruh sama beban lampu. Berapapun beban lampunya, flasher tetap berkedip. Kekurangannya adalah harganya lebih mahal dan susah dicari di pasaran.

  •  Flasher Standar Pabrik

Biasanya kalo kamu baru beli kendaraan di dalemnya udah ada komponen ini. Selain itu, pabrik kendaraan juga udah pasang flasher dengan bener biar bisa kerja maksimal. Karena dari pabrik kendaraan, kinerja komponen flasher jenis ini juga lebih bagus, dan pastinya lebih cocok sama kendaraan. Ini karena pabrik kendaraan udah tau kebutuhan motor, jadi pemasangannya juga pas dan bisa kerja lebih baik. Flasher itu salah satu komponen yang penting banget di motor, jadi sebaiknya kamu gak ganti-ganti biar performanya tetap bagus. Selain itu, kualitas flasher dari pabrik ini juga gak usah diraguin lagi dibandingin sama flasher yang dijual di pasaran. Kelebihan flasher yang ini tentunya bisa dipake lebih lama. Kedipan dari komponen ini juga sesuai sama beban lampu seinnya dan garansi motor gak ilang. Kekurangannya adalah kalo salah satu flasher mati, gak bisa dipake sama sekali dan ukurannya lebih berat.

  •  Flasher Tipe Bimetal

Flasher lampu sein motor berikutnya adalah tipe bimetal yang bisa jadi pilihan lain kalo kamu mau ganti komponen ini. Cara kerja flasher yang ini adalah dengan nyambung langsung kalo udah terhubung sama komponen di motor. Bimetal yang awalnya sejuk bakal jadi panas dan bikin arus listrik kalo udah nyambung jadi lampu sein kamu bakal nyala dan berkedip-kedip.

  •  Flasher Tipe Transistor

Jenis lain dari flasher adalah tipe transistor. Flasher ini juga buat nyalain lampu sein di motor sama berkedip-kedip. Flasher ini pake sistem tanda belok dan dikontrol secara mekanik atau otomatis. Cara kerjanya adalah pas kamu udah pasang flasher ini, komponen di multivibrator oscillator bakal bikin sinyal bentuknya denyutan trus bakal muncul tanda ON atau OFF. Abis itu bakal langsung diarahin ke flasher pake amplifier dan lampu sein bakal nyala sendiri.

  •  Flasher Tipe Kapasitor

Flasher yang terakhir adalah kapasitor yang udah lengkap sama full elektronik. Cara kerja flasher adalah dengan nyambung langsung sama motor yang sebelumnya udah nyambung sama saklar di lampu sein. Abis itu kamu harus aktifin karena flasher masih OFF. Kamu bisa aktifin dengan liat apakah arus listrik udah alir ke terminal 2, biasanya nyambung sama plat kontak P dan ngisi kapasitor. Terus arus bakal langsung dibelokkin ke salah satu lampu sein entah kiri atau kanan. Abis itu kalo salah satu lampu udah nyala, yang lain juga bakal nyala.

Viral :   Penasaran dengan Royal Enfield 2021 Himalayan, Ini Dia Ulasannya

Cara Ngecek Flasher Lampu Sein Motor yang Udah Gak Bagus

Kamu bisa ngecek rusaknya flasher lammpu sein motor lewat beberapa tanda. Salah satunya adalah liat kedipan lampu yang udah gak teratur atau malah lampu sein udah gak berkedip lagi. Paling parah kalo lampu sein udah gak mau nyala. Cara ini cara yang paling gampang buat ngecek rusaknya flasher. Jadi kalo ada masalah sama lampu kendaraan pasti ada hubungannya sama aki, kabel atau flasher.

Selalu cek kondisi aki, kabel dan flasher kalo lampu-lampu di kendaraan kamu gak berfungsi baik atau beda dari biasanya. Karena mungkin itu tandanya kamu harus ganti aki, atau ada rusaknya kabel atau komponen flasher-nya. Cepet-cepet ganti biar kamu tetap bisa berkendara nyaman dan aman. Nah, itu tadi info tentang komponen flasher di kendaraan.

Viral :   Cara Mengecek Radiator Motor Berfungsi atau Tidak

Walaupun banyak yang anggap remeh sama pengendara motor, tapi komponen ini penting banget buat ngehindarin kamu dari bahaya kecelakaan di jalan. Lampu sein yang bagus akan bikin kamu berkendara lebih santai dan nyaman. Selain itu pake lampu sein yang bener juga artinya kamu udah jadi pengendara yang baik di jalan.