Solusi Klep Motor Bocor Tanpa Membongkar Mesin

Solusi Klep Motor Bocor Tanpa Bongkar Mesin

Solusi klep motor bocor – Klep motor merupakan termasuk komponen yang sangat penting bagi kendaraan karena fungsinya untuk mengatur masuk serta keluarnya campuran udata dan bahan bakar dan juga gas buang di dalam ruang bakar pada mesin kendaraan. Komponen klep motor ini terdiri dari dua bagian utama yaitu payung klep dan bosh klep. Payung klep merupakan bagian yang berbentuk seperti cakram yang bergerak naik turun sesuai dengan putaran nokken as. Sementara bosh kelp ialah bagian yang berbentuk seperti tabung yang fungsinya sebagai dudukan atau sitting payung klep.

Penyebab Klep Motor Bocor

Sama seperti komponen-komponen lainnya, klep motor bisa saja mengalami masalah baik karena usia atau[un perawatan, salah satunya seperti klep motor bocor. Kebocoran pada klep motor ini berarti payung klep tidak bisa menutup rapat dengan bosh klep, sehingga terjadi kebocoran kompresi atau gas di dalam ruang bakar. Adapun faktor penyebab klep motor bocor antara lain:

  • Payung klep ausm bengkok atau bahkan patah sehingga tidak da[at menempel dengan sempurna pada bosh klep
  • Bosh klep yang aus, bengkok atau retal sehingga tidak mempu memberikan dudukan yang rata untuk payung klep
  • Paking atau karet seal klep yang sudah mulai getas. Alhasil tidak bisa mencegah kebocoran kompresi atau gas pada sekitar payung klep
  • Drat busi yang sudah slek yang berakibat tidak dapat menahan tekanan kompresi maupun gas yang ada di dalam ruang bakar.

Komponen klep motor bocor ataupun bermasalah akab berdampak negatif pada perfrma mesin motor seperti:

  • Mesin menjadi sulit dinyalakan karena kompresi mesin berkurangg akibat kebocoran
  • Mesin motor menjadi teras berat atau loyo karena campuran udara dan juga bahan bakar yang tidak optimal akibat kebocoran
  • Mesin kendaraan menjadi. Cepat panas atau overhear disebabkan gas buang yang bocor bisa meningkatkan suhu mesin
  • Mesin motor ngebut atau berasap karena minyak pelumas yang bocor dapat terbakar di dalam ruang pembakaran.

Tips & Solusi Klep Motor Bocor

Untuk mengatasi komponen klep motor yang bocor ini, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan tergantung dari penyebab dan seberapa parah masalahnya. Berikut ini solusi klep motor bocor:

Viral :   Jangan Salah Memilih, Inilah Cara Membaca Kode Oli Kendaraan Yang Benar

1. Menggunakan teknik skir klep

Skir klep adalah teknik yang dilakukan untuk menggerus sedikit permukaan dudukan payung klep dan juga bosh klep, sehingga kedua bagian ini dapat kembali rata dan rapat. Teknik ini dapat anda lakukan tanpa bongkar mesin dengan menggunakan alat khusus yang disebut skir klep tool. Alat ini berfungsi untuk menggesekkn payung klep dan bosh klep secara berulang-ulang denfan bantuan amril ataupun pegas. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Lepaskan busi dari silinder head kemudian pasang skir klep tool pada lubang busi tersebut. Pastikan alat ini telah terhubung dengan payung klep dan juga bosh klep yang ingin anda skir.
  • Putar skir klep tool dengan memakai kunci L atau bor listrik sampai payung klep dan bosh klep saling bergesekan. Laukan hal ini secra perlahan dan berulang-ulang sampai permukaan keduanya menjadi rata dan juga halus.
  • Kemudian lepaskan skir klep tools dari lubang busi dan bersihkan sisa-sisa gerusan yang ada di dalam silinder head dengan menggunakan kompresor angin atau penyedot debu.
  • Jika sudah, pasang kembali busi ke silinder head. Lalu periksa kompresi mesin dengan alat khusus (kompresi tester). Apabila kompresi mesin sudah normal maka berarti klep motor sudah tidak bocor lagi.

2. Mengganti komponen yang rusak

Jika teknik skir diatas belum berhaasil atau jika kerusakan pada payung klep, bosh klrp, paking, atau karet seal klep sudah terlalu parah. Maka solusi terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti komponen yang rusak dengan komponen yang baru. Apabila ingin melakukan ini anda perlu bongkar mesin atau setidaknya membuka silinder head untuk mengganti komponen yang rusak tersebut. Tak hanya itu anda juga perlu menyesuaikan ukuran payung klep dan bosh klep yang baru dengan yang lama supaya tidak terjadi kesenjangan atau kelebihan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Bongkar mesin, atau setidaknya buka silinder head, untuk mengeluarkan payung klep, bosh klep, paking, atau karet seal klep yang rusak. Pastikan Anda menandai posisi dan urutan komponen yang Anda lepas, agar tidak salah saat memasangnya kembali.
  • Siapkan payung klep, bosh klep, paking, atau karet seal klep yang baru, dengan ukuran yang sesuai dengan yang lama. Anda bisa membeli komponen yang baru di toko onderdil motor, atau memesannya secara online.
  • Selanjutnya pasang payung klep, bosh klep, paking, atau karet seal klep yang baru ke dalam silinder head, dengan mengikuti posisi dan urutan yang sama dengan yang lama. Pastikan komponen yang baru sudah terpasang dengan rapat dan benar, tanpa ada celah atau kelebihan.
  • Kemudian pasang kembali silinder head ke mesin, atau rakit kembali mesin, dengan mengikuti langkah yang terbalik dari saat Anda membongkarnya. Pastikan semua komponen sudah terpasang dengan rapat dan benar, tanpa ada kebocoran atau kerusakan.
  • Jika sudah, cek kompresi mesin dengan menggunakan kompresi tester dengan teliti. Jika kompresi mesin sudah normal, berarti klep motor sudah tidak bocor lagi.
Viral :   New Honda BeAT 2021 Hadir Dengan Pilihan Warna Spesial dan Striping Baru

Jenis-Jenis Klep Motor

motor adalah bagian dari mesin yang berfungsi untuk mengatur masuk dan keluarnya campuran udara dan bahan bakar, serta gas buang, di dalam ruang bakar mesin. Jenis klep motor yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

  • Klep IN, yang berfungsi sebagai jalur masuknya campuran udara dan bahan bakar dari karburator atau injektor pada motor jenis injeksi menuju ruang bakar.
  • Klep EX, yang berfungsi sebagai jalur keluarnya gas buang dari ruang bakar menuju knalpot.

Selain itu, ada juga beberapa jenis klep motor yang memiliki teknologi atau desain khusus, seperti:

  • Klep Sodium Filled Hallow Stem Valves, yang memiliki rongga pada batang ujung klep yang berisi natrium, yang berfungsi untuk meredam suhu panas dengan cara mentransfer suhu panas dari daun klep ke bagian lainnya.
  • Klep Hard Chrome Plating Valve, yang memiliki batang katup dengan lapisan krom keras, yang berfungsi untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan ketahanan terhadap ausan.
  • Klep Bimetallic Forged Valves, yang terbuat dari dua batang baja perpaduan bahan yang berbeda, yang digabungkan bersama dengan pengelasan, yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan terhadap suhu tinggi.

Demikianlah artikel tentang solusi klep motor bocor tanpa bongkar mesin. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah klep motor bocor yang mengganggu performa mesin motor Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih! 😊