Motor listrik alva cervo
Foto: alvaauto.com

Motor Listrik Alva Cervo Terbaru Harga Mulai 37 jutaan saja!

PT Ilectra Motor Group secara resmi menggelar peluncuran motor listrik terbarunya, yaitu Alva Cervo, di pusat pengalaman Alva di Jakarta Selatan pada tanggal 27 Mei 2023. Presiden Direktur PT Ilectra Motor Group, Purbaja Pantja, menjelaskan bahwa Motor listrik Alva Cervo hadir dengan tujuan untuk menghadirkan solusi yang lebih unggul dalam gaya hidup mobilitas modern. Purbaja mengungkapkan semangat perusahaan untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan serta solusi, dengan fokus pada pertumbuhan dan kemajuan.

Dengan desain yang sporty dan berjiwa Italia, Alva Cervo menonjolkan teknologi terkini yang terhubung melalui aplikasi My ALVA. Fitur-fitur dalam aplikasi ini termasuk Theft Prevention untuk mencegah pencurian, Fall Down Alert untuk memberi tahu jika motor terjatuh, Geofencing Alarm untuk memberi peringatan jika motor menjauhi pengguna lebih dari 50 meter, dan sejumlah fitur lainnya.

Di sektor performa, Alva Cervo dilengkapi dengan mesin Next Generation Powertrain yang menghasilkan tenaga 13,1 dk dan torsi 53,5 Nm. Motor listrik Cervo ini menggunakan baterai lithium 73,8V 24Ah yang diklaim mampu melaju hingga 125 km dengan kecepatan maksimal 103 km/jam. Baterai ini juga memiliki fitur anti banjir dengan kemampuan bertahan di kedalaman rendam 50 cm. Pengisian baterai penuh memakan waktu sekitar empat jam.

Untuk memenuhi preferensi pengendara, Alva Cervo memiliki tiga mode berkendara: Eco, Urban, dan Sport. Terdapat juga fitur Boost yang meningkatkan akselerasi secara signifikan. Motor ini juga dilengkapi dengan mode mundur untuk memudahkan manuver saat keluar dari tempat parkir atau di tanjakan.

Alva Cervo hadir dalam lima varian warna: Nebula Green, Mars Cooper, Edgy Turquoise, Halo White, dan Supernova Black. Konsumen juga dapat memilih warna aksen hitam atau putih untuk bagian depan, swing arm, dan pegangan belakang. Lampu depan LED projector dan lampu belakang LED memberikan tampilan yang agresif. Pelek 14 inci menambahkan kesan kokoh dan stabilitas, sedangkan layar dashboard TFT LCD menampilkan informasi dalam tampilan layar penuh berwarna dengan mode tampilan yang dapat disesuaikan.

Viral :   Inilah Daftar Harga Sepeda Motor Honda Terbaru di Kota Besar

Fitur lainnya termasuk port USB dengan arus 2.1 A untuk mengisi daya smartphone dengan cepat, serta pengait untuk membawa barang belanja atau barang sehari-hari. Alva juga menawarkan layanan call center dan bantuan darurat jalan selama 24 jam.

Tentang harga, Alva Cervo dijual dengan harga Rp 42,75 juta untuk varian dua baterai dan Rp 37,75 juta untuk varian satu baterai di Jakarta. Pembelian varian dua baterai juga menyertakan helm RSV dan jaket Respiro sebagai bonus, sementara varian satu baterai hadir dengan jaket Respiro sebagai bonus selama persediaan masih ada.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik Cervo

Kelebihan Motor Listrik Cervo

  1. Ramah Lingkungan: Salah satu keunggulan utama motor listrik adalah jejak karbon yang minim. Tidak ada emisi gas buang atau polusi udara yang dihasilkan saat motor beroperasi. Ini membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan menjaga udara tetap bersih.
  2. Efisiensi Energi: Motor listrik memiliki efisiensi konversi energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin atau diesel. Energi listrik yang dihasilkan dari baterai dapat digunakan secara maksimal untuk menggerakkan motor, menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan menghemat biaya operasional.
  3. Biaya Operasional Rendah: Motor listrik memiliki biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Harga listrik yang lebih murah daripada bensin atau diesel membuat penggunaan motor listrik menjadi lebih ekonomis dalam jangka panjang.
  4. Tenaga Instan: Motor listrik memberikan tenaga instan sejak awal putaran. Ini berarti akselerasi yang responsif dan menghasilkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, terutama dalam kondisi lalu lintas perkotaan yang padat.
  5. Fitur Teknologi Terkini: Motor listrik Alva Cervo  dilengkapi dengan teknologi terkini, seperti aplikasi My ALVA yang terintegrasi. Fitur-fitur seperti Theft Prevention, Fall Down Alert, dan Geofencing Alarm menambah tingkat keamanan dan kenyamanan pengendara.
  6. Desain Modern: Desain sporty ala Italia pada motor listrik Cervo memberikan tampilan yang menarik dan futuristik. Ini adalah pilihan sempurna bagi mereka yang ingin tampil stylish sambil menjaga lingkungan.
Viral :   Suspensi Sepeda Motor: Jenis & Fungsinya

Kekurangan Motor Listrik Cervo

  1. Keterbatasan Jarak Tempuh: Meskipun terus berkembang, baterai motor listrik masih memiliki keterbatasan dalam jarak tempuh dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar konvensional. Meskipun motor listrik Cervo memiliki jarak tempuh yang cukup lumayan, tetapi pengguna perlu mempertimbangkan jarak perjalanan saat merencanakan penggunaan sehari-hari.
  2. Infrastruktur Pengisian: Salah satu tantangan utama untuk penggunaan motor listrik adalah infrastruktur pengisian yang belum merata di seluruh wilayah. Meskipun semakin banyak stasiun pengisian yang dibangun, pengendara motor listrik perlu merencanakan rute perjalanan agar tidak kehabisan daya di tengah jalan.
  3. Biaya Awal yang Tinggi: Meskipun biaya operasional lebih rendah, motor listrik umumnya memiliki biaya awal yang lebih tinggi. Harga baterai dan teknologi canggih sering kali menjadi faktor penentu dalam harga jual.
  4. Waktu Pengisian Baterai: Meskipun pengisian baterai semakin cepat, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya penuh masih lebih lama dibandingkan mengisi tangki bahan bakar konvensional. Ini mungkin menjadi hal yang perlu diperhitungkan saat perjalanan jarak jauh.
  5. Pilihan Servis dan Suku Cadang: Meskipun pilihan servis dan suku cadang untuk motor listrik semakin berkembang, namun mungkin masih terbatas jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang telah lama ada di pasaran.

Motor listrik Cervo adalah langkah positif menuju mobilitas berkelanjutan dan ramah lingkungan. Keunggulan seperti efisiensi energi, biaya operasional rendah, dan teknologi terkini menjadikannya pilihan menarik bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, terutama terkait dengan jarak tempuh, infrastruktur pengisian, dan biaya awal. Sebelum memutuskan untuk mengadopsi motor listrik, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan pribadi dan kondisi lingkungan di sekitar Anda.