Review Lengkap Royal Enfield Classic 350, Keunggulan dan Kekurangan

Jenis motor royal enfield classic 350 atau yang biasanya disingkat dengan 350 masuk dalam golongan motor dengan harga yang fantastis. Hal tersebut karena motor ini didesain dengan teknologi super yang membuat ia sangat berbeda dengan golongan motor lainnya. Tentu ada kesan bangga tersendiri jika menggunakannya di jalanan.

Apalagi bagi kamu yang gemar sekali dalam industri otomotif terutama motor. Classic 350 menjadi jenis motor yang sering diidam idamkan para kaum adam. Walau motor ini didesain tidak memiliki jok yang luas dimana akan berbahaya jika ingin memboncengi orang lain. Namun hal tersebut akan cocok bagi kamu yang senang mengutak atik motor.

Tampilan luar dari royal enfield classic 350 sudah tampak berbeda dengan jenis motor lainnya. Suara kendaraan ini juga sangat khas di jalanan. Setiap mata pasti memandang pada jenis motor ini apabila sedang berada di jalanan. Tampilan mewah dan unik membuat classic 350 selalu tampak elegan bagi siapapun yang mengendarainya.

Tentu saja harga yang sangat fantastis tersebut tidak lahir hanya karena desain luar yang dimiliki classic 350. Keunggulan dari segi mesin dan spare part yang dimilikinya tentu menjadi alasan kuat mengapa harganya sangat fantastis. Spesifikasi yang dimiliki classic 350 juga sangat jauh berbeda dengan motor biasa yang kamu temui di jalanan.

Spesifikasi Royal Enfield Classic 350

Adapun spesifikasi yang dimiliki oleh jenis motor royal enfield classic 350 ditinjau dari tipe mesin yaitu menggunakan single silinder dengan 4 stroke, twinspark, dan juga air-cooled atau pendingin udara. Kapasitas dari silinder mesinnya yaitu sebesar 346 cc dengan transmisi yang dimiliki 5 speed.

Viral :   Ketahui Plus Minus Motor Listrik si Gesits Sebelum Membelinya

Motor ini memiliki kapasitas maksimum mampu menyimpan bahan bakar bensin yaitu hingga 13,5 liter. Panjang tipe motor ini biasanya yaitu 2160 mm dengan lebar 790 mm dan tinggi 1090 mm. Tampilan yang sangat menarik ini membuat classic 350 memiliki berat bersih yaitu sekitar 192 kilogram.

Seperti pada umumnya motor, royal classic enfield 350 dilengkapi dengan rem depan dan rem belakang. Pada bagian roda motor classic 350 dilengkapi dengan pelindung velg jari. Velg jari tersebut berukuran 19 inchi (diameter) pada bagian depan dan 18 inchi pada bagian velg belakang.

Kelistrikan yang dimilikinya seperti lampu halogen juga masuk dalam kategori cukup untuk menerangi ketika menyusuri jalan di malam hari. Dilengkapi dengan knalpot yang tidak mengeluarkan suara berisik sehingga tidak menyebabkan polusi suara dan mengganggu pengendara lain di jalanan.

Kelebihan dan Kekurangan Royal Enfield Classic 350

Adapun kelebihan dari royal enfield classic 350 ini adalah kecepatan berjalannya yang luar biasa. Classic 350 memiliki kecepatan maksimum yaitu sekitar 20.07 PS. Putaran mesinnya mampu mencapai 5250 rpm. Angka tersebut masuk dalam golongan besar sehingga cukup untuk mengejar sesuatu dikala mendesak.

Tak hanya itu, motor ini juga diklaim memiliki kelebihan yaitu irit terhadap penggunaan bahan bakar bensin. Padahal biasanya golongan moge atau motor gede dengan spesifikasi hampir sama akan memakan banyak sekali bahan bakar sehingga secara ekonomi tidak akan ramah karena harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit.

Viral :   Skutik Premium Honda Vario 160 Resmi Meluncur

Selain itu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa suara knalpot yang dihasilkan classic 350 tidak menimbulkan polusi suara seperti layaknya motor gede pada umumnya. Suara yang nyaman di telinga akan membuat pengendara lain merasa nyaman berkendara dan tidak mengeluarkan asap yang membuat polusi udara berlebihan.

Kemudian ciri khas yang paling membuat para penyuka motor gede memilih classic 350 adalah didesain sudah terdapat air-cooled disana. Kamu tidak perlu khawatir saat berkendara dalam waktu yang lama karena air-cooled berfungsi untuk membuat mesin tidak terasa sangat panas dan tetap aman.

Namun tentu dibalik semua kelebihannya terdapat kekurangan dari classic 350. Beberapa pengguna dari motor ini mengatakan bahwa getaran yang ditimbulkan bersifat sedikit menganggu ketika berkendara. Selain itu juga dealer dan bengkel dari jenis motor ini masih sangat terbatas sehingga sulit untuk dimodifikasi dan melakukan perbaikan.

Tidak hanya itu, harganya yang terbilang cukup mahal juga sangat disayangkan karena dirasa dengan harga fantastis tersebut model yang ditampilkan terbilang masih sangat minimalis. Namun jika kamu lebih menyukai kualitas yang dimiliki maka royal enfield classic 350 bisa menjadi opsi terbaik dalam berkendara.