Perawatan sepeda motor

Perawatan Sepeda Motor WAJIB Untuk Semua Jenis Motor

Seperti yang kita ketahui bahwa sepeda motor adalah transportasi yang lebih lincah daripada mobil sebab mampu menerjang kemacetan dan lebih efiseien untuk dipakai sehari-hari untuk keperluan jarak dekat. Sama halnya sepert alat transportasi lainnya, perawatan sepeda motor juga perlu diperhatikan demi performa tetap prima. Namun sayangnya tidak sedikit yang lalai bahkan mengabaikan perawatannya. Untuk itu demi mendukung mobilitas suapaya kendaraan anda tetap siap dalam segala kondisi dan situasi, berikut ini perawatan yang wajib anda lakukan;

Perawatan Sepeda Motor WAJIB Untuk Semua Jenis Motor

  • Panaskan mesin sebelum digunakan

Perawatan motor yang paling mudah dilakukan adalah dengan memanaskan mesin sepeda motor terlebih dahulu sebelum digunakan. Cara ini bisa anda lakukan di pagi hari karena tepat setelah semalaman mesin kendaraan anda dalam kondisi mati. Untuk memanaskan mesin ini cukup 5 menit saja dan pastikan mesin motor anda suda terasa hangat. Kemudian biarkan suhu tersebut meingkat dengan perlahan secara alami. Memanaskan mesin kendaraan ini juga perlu anda lakukan meskipun motor tidak digunakan, hal ini untuk menjaga perfoma mesin serta membuat aki lebih awet.

  • Gunakan Bahan bakar beroktan tinggi

Saat ini sudah banyak kendaraan keluaran terbaru yang dibekali dengan mesin berteknologi injeksi yang diklaim lebih hemat bahan bakar. Untuk menunjang sistem ini bekerja kebih baik, maka sangat disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi di atas 90 apalagi jika motor anda berjenis sport.

Viral :   Harga Ban Motor Matic Berkualitas Tinggi Sedikit Lebih Mahal

Maka bahan bakar terbaik yang bisa anda pilih adalah Pertamax Turbo dengan memiliki nilai oktan 98 yang mampu melakukan pemabakran mesin secara sempurna serta tidak menyisakan kerak apapun pada area injektor. Meski harga bahan bakar Pertamax Turbo agak mahal, namun jika dibandingkan dengan manfaat yang didapat tentu imbang bukan? Apalagi dengan performa motor yang terjaga berkat bahan bakar terbaik ini anda bisa lebih hemat biaya service.

  • Perawatan sepeda motor Dengan Bersihkan secara rutin

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah membersihkan sepeda motro secara rutin dengan air bersih. Membersihkan kendaraan ini bukan hanya berguna untuk menjaga penampilan kendaraan saja, namun juga untuk membersihkan kotoran yang tersangkut pada area mesin maupun kanvas rem. Ketika mencuci sepeda motor, sangat disarankan untuk menggunakan shampo khusus agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu, pastikan untuk menyemprotkan air ke bagian – bagian yang berdebu agar tidak menimbulkan goresan saat digosok.

Viral :   Menilik Yamaha QBIX 2021, Motor Unik Yang Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Ingat, pastikan untuk selalu mencuci motor anda setelah terkena hujan. Karena air hujan memiliki sifat asam yang dapat memicu karat sehingga komponen motor lebih cepat keropos. Setelah dicuci bersih jangan lupa untuk keringkan agar tidak meninggalkan bercak putih. Bila perlu lapisi dengan cairan silikon supaya motor tampak lebih mengkilap.

  • ¬†Jangan biarkan motor terkena matahari secara langsung dalam waktu lama

Paparan matahari secara langsung dalam waktu terus menerus dapat menimbulkan retakan di area kaca speedometer motor anda. Selain itu, bodi motor juga akan berubah menjadi kusam dan cepat pudar. Maka usakan parkir motor anda di tempat yang teduh atau tutup dengan kain agar motor anda terlindung dari matahari.