Yamaha YZ 125

Yamaha YZ 125 2023: Review Spesifikasi & Harga Terbaru

Yamaha YZ 125 adalah transisi sempurna bagi anda yang ingin naik kelas dari YZ 85 kelas menengah namun tetap dengan perfoma yang powerfull. Tujuan utama dari YZ 125 ini adalah menjadikannya motor pilihan bagu rider muda untuk memenangkan kejuaraan motorcross entry level. Sepeda motor yang dibekali mesin 2 tak ini memiliki perfoma yang cukup responsif, frame aluminium yang sangat ringan, dukungan suspensi yang bisa diatur tingkat kekerasannya sehingga handling motor ini sangat mudah dikendalikan. Maka pantas saja motor ini cocok unutuk anda yang baru ingin naik kelas.

Nah, untuk lebih jelasnya pada artikel kali kami sudah merangkum review pada perubahan-perubahan dari YAmaha pada motor YT 125 tahun 2023 ini. Yuk simak dibawah ini!

Spesifikasi motor Yamaha YZ 125

  • Performa mesin

– Jenis Mesin =  125cc liquid-cooled 2-stroke; reed-valve inducted

– Diameter X Langkah =  54.0mm x 54.5mm

– Rasio Kompresi = 8.2:1 ~ 10.1:1

– Sistem bahan Bakar = Hitachi Astemo® Keihin PWK38S carburetor

– Pengapian =  CDI

– Transmisi = Constant-mesh 6-speed; multiplate wet clutch

– Sistem Penggerak = Chain

Pada edisi tahun 2023 ini, Yamaha YZ 125 mendapatkan beberapa penyesuaian konfigurasi mesin dan juga sistem bahan bakarnya. Motor bermesin 2 tak dengan kapasitas 125 cc serta berpendingin cairan ini mampu mencetak tenaga maksimal sebesar 33,53 daya kuda. Mesin YZ 125 ini mempunyai performa yang sangat responsif sejak rpm rendah sampai menengah.

Yamaha juga membekali fitur Yamaha Power Valve System / YPVS untuk menghasilkan range power mesin yang cukup luas. Dimana fitur ini dapat diatur sesuai kebutuhan lintasan ataupun gaya berkendara pengemudi tanpa mengurangi power maksumum pada rpm tinggi sekalipun. Sistem juga akan aktif bekerja ketika putaran mesin mencapai 8.500 rpm sampai 9.000 rpm. Ketika fitur yang satu ini aktif maka rasio kompresi bahan bakar akan meningkat dari 8,2:1 menjadi 10,1:1. Hal inilah yang memberikan suplai bahan bakar optimal untuk mendukung putaran mesin pada rpm tinggi.

Untuk sistem bahan bakar Yamaha YZ 125 edisi terbaru  2023 ini memakai karburator Hotachi Astemo Keihin PWK38S dari yang awalnya memakai produk Mikuni TMX 38 untuk memastikan suplai bahan bakarnya lebih optimal. Adapun sistem pengapian sepeda motor memakasi sistem CDI digital yang mengatur pengapian menjadi lebih presisi serta memonitor kecepatan putaran mesin guna memberikan respon  mesin yang lebih cepat dan kuta ketika akselerasi. Tak hanya itu, Yamaha juga menambahkan close-ration transmission guna meningkatkan rasio gear ketika perpindahan kiki sehingga memberikan perfomra mesin yang lebih maksimum.

  • Dimensi

– P X L X T = 84.1 in x 32.6 in x 51.0 in

Viral :   Sistem Bahan Bakar Pada Kendaraan Yang Wajib Diketahui

– Ketinggian Tempat Duduk = 38.4 in

– Jarak antar Sumbu Roda =  56.8 in

– Rake =  26.0°

– Trail = 4.3 in

– Jarak ke Tanah =  14.4 in

– Kapasitas Bahan Bakar =  2.1 gal

– Bobot = 207 lb

Pada sisi dimensi serta tampilan motor ini hampir tidak ada perubahan sama sekali. Hanya saja, Yamaha merubah striping dan warna cover radiator dan fork guard yang awalnya berwarna putih kini menjadi berwarna hitam. Sepeda motor ini berdimensi panjang 84,1 inci, lebar 32,6 inci dan juga tingii 51 inci. Dengan jarak tempat duduk ke tanah 38,4 inci sepeda motor ini sangat ideal untuk anak usia remaja yang baru saja naik kelas dari YZ 85. Bahkan motor ini diklaim masuk dalam kategori bentuk motor sport ideall dari sebuat motorcross entry level karena ringan, gesitm kontrol yang baik, handal dan juga ramah bagi para pemula. Pada bagian jok YZ 125 ini dilengkapi dengan grip supaya posisi pengendara tidak mudah merosot ketika melakukan akselerasi dan juga manuver.

  • Suspensi & kaki- kaki

– Suspensi Depan = KYB® Speed-Sensitive System inverted fork; fully adjustable, 11.8-in travel

– Suspensi Belakang = KYB® single shock; fully adjustable, 12.4-in travel

– Rem Depan = Hydraulic disc, 270mm

– Rem Belakang = Hydraulic disc, 245mm

– Ban Depan =  80/100-21 Bridgestone® Battlecross X20F

– Ban Belakang = 100/90-19 Bridgestone® Battlecross X20

Suspensi depan Yamaha YZ 125 menggunalan KAYABA Speed System 48 mm dengan travel 11,8 inci dan dengan tingkat kekerasa motor yang bisa diatur manual. Sementara pada shockbreaker bagian belakangnya menggunakan KAYABA yang bisa diatur preload pegasnya. Suspensi bagian belakang ini bisa diatur manual untuk tingkat kekerasannya sesuai dengan kecepatan tinggi maupun rendah.

Harga Yamaha YZ 125 Terbaru 2023

Sepeda motor Yamaha YZ 125 untuk edisi tahun 2023 ini dibanderol dengan harga $6.999 atau setara dengan Rp 109 juta untuk varian warna Team Yamaha Blue. Seentara pada varian Yamaha YZ 125 Monster Energy Racing Edition seharga $7.199 atau senilai Rp 113 juta OTR Jakarta.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha YZ 125

Yamaha YZ 125, sebagai salah satu motor trail yang populer di kalangan penggemar otomotif di Indonesia, menawarkan serangkaian fitur dan pengalaman berkendara yang unik. Namun, seperti setiap kendaraan, Yamaha YZ 125 juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Artikel ini akan mengulas secara lengkap aspek-aspek tersebut, memberikan pandangan objektif untuk calon pembeli dan penggemar otomotif.

Viral :   Honda BeAT, Matic Terlaris yang Eksis di Pasaran Motor 2021

Kelebihan

  1. Performa Mesin yang Tangguh: Yamaha YZ 125 dilengkapi dengan mesin 2-tak yang mampu menghasilkan tenaga besar. Mesin ini terkenal dengan akselerasinya yang responsif, memberikan pengalaman berkendara yang mendebarkan di berbagai medan.
  2. Bobot yang Ringan: Dengan kerangka yang terbuat dari material ringan namun kuat, Yamaha YZ 125 menawarkan kelincahan yang luar biasa. Bobot ringan ini memudahkan pengendalian, terutama saat melewati rintangan di jalur off-road.
  3. Desain Ergonomis: Motor ini dirancang dengan ergonomi yang memperhatikan kenyamanan pengendara. Baik posisi duduk maupun jarak ke stang, semuanya disesuaikan untuk mendukung kontrol maksimal saat berkendara.
  4. Ketangguhan Suspensi: Suspensi pada motor Yamaha YZ 125 sengaja dirancang untuk menangani berbagai jenis medan jalan, sehingga suspensi YZ 125 mampu memberikan stabilitas dan kenyamanan bahkan ketika anda sedang melewati jalur yang tidak rata atau berbatu.

Kekurangan

  1. Harga yang lumayan Tinggi: Salah satu kekurangan utama dari Yamaha YZ 125 adalah terletak pada harganya yang cenderung tinggi jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya di pasar Indonesia. Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan yang cukup kuat bukan? Terutama bagi pembeli dengan anggaran terbatas.
  2. Konsumsi Bahan Bakar: Walaupun dikenal memiliki performa yang cukup tangguh, Yamaha YZ 125 juga dikenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang relatif besar. Ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi beberapa orang yang mungkin lebih memprioritaskan efisiensi bahan bakar.
  3. Ketersediaan Suku Cadang: Di beberapa daerah di Indonesia, mencari suku cadang untuk Yamaha YZ 125 bisa menjadi tantangan. Hal ini bisa menambah biaya perawatan dan perbaikan.
  4. Kurangnya Kenyamanan untuk Penggunaan Sehari-hari: Meskipun sangat cocok untuk jalur off-road, Yamaha YZ 125 mungkin tidak sekomfortabel motor jenis lain untuk penggunaan sehari-hari, terutama di jalanan kota.

Kesimpulan

Yamaha YZ 125 menawarkan kombinasi performa, kehandalan, dan kelincahan yang menjadikannya pilihan populer di kalangan penggemar motor trail di Indonesia. Sama halnya seperti kendaraan pada umumnya yang pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan, misalnya seperti harga, konsumsi bahan bakar, dan ketersediaan suku cadang, maka dari itu anda perlu mempertimbangkan dengan benar sebelum memutuskan pembelian unit kendaraan. Namun terlepas dari itu secara keseluruhan, Yamaha YZ 125 tetap menjadi salah satu pilihan terbaik di kelasnya yang menawarkan pengalaman berkendara tak terlupakan khususnya bagi penggemar off-road.