Kawasaki H2

Kawasaki H2 Motor Sport Keren Dengan Supercharger!

Dilengkapi dengan supercharger, spesifikasi Kawasaki H2 tidak boleh disepelekan apalagi dengan banderol harga yang cukup tinggi ini. Tenaga motor sport yang satu ini berani diadu dengan para pembalap MotoGP. Sehingga tak heran, Kawasaki H2 Ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan motor cepat dengan harga yang fantastik yakni Rp 760.000.000 (OTR Jakarta). Seperti yang kita ketahui, pabrikan Kawasaki memang terkenal senagai brand otomotif yang sangat berkonsentrasi pada performa. Maka ada kalanya Kawasaki ini membuat motor dengan mesin 1.000 cc ang dapat memuntahkan tenaga hingga 300 Hp. Yakni sebagai pembanding mayoritas motor yang dipakai dalam sirkuit MotoGP yang memiliki. Tenaga 250Hp.

Dari siniliah yang kemudian lahir Kawasaki H2 sebagai motor hypersport denan supercharger yang dapat diajak lari hingga tembus 400 km/jam. Dengan tenaga yang sangat besar ini bukan berarti penggunaanya hanya terbatas pada lintasan sirkuit saja. Karena Kawsaki juga membuat versi road legal Kawasaki H2.

Spesifikasi Kawasaki H2

Untuk pertama kalinya Kawasaki H2 menampakkan diri pada tahun 2014 lalu. Dan para penggemarnya tentu sudah tau bahawa ini bukanyang pertama kalinya nama H2 dipakai. Melainkan pada tahun 1972, Kawasaki Heavy Industries juga pernah merilis motor bermesin 750 cc, 3-silinder dengan nama Kawsaki H2 Mach IV yang mampu menyemburkan tenaga 74 Hp serta mampu melaju dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam waktu 12 detik saja. Sementara kecepatan maksimumnya mencapai 190 km/jam. Bahkan beberapa publikasi menyebutkan, bahwa Kawasaki H2 Mach IV merupakan sepeda motor terkencang pada masa itu.

  • Performa mesin

Selanjutnya untuk spesifikasi mesin pada Kawasaki H2 ini dengan keberadaaan komponen supercharger adalah menjadi kunci utama dalam performa Kawasaki H2 dan Kawasaki H2R. Kedua model ini menggunakan mesin 4-silinder 998 cc. Namun khusus untuk H2R, outputnya mampu menghasilkan tenaga yang lebih tinggi yaitu 326 Hp dan 165 Nm. Sedangkan Kawasaki H2 tenaga nya dibatasi hanya 240 Hp dan 141,7 Nm.

Mengenai komponen supercharger sendiri, pabrikan Kawasaki yang identik dengan wana hijau kali ini melakukan pengembangan secara in-house berkat bantuan divisi aerospace yang mereka miliki. Pada dasarnya fungsi dari supercharger ini adalah untuk memasok udara dalam jumlah yang besar ke mesin melalui bantuan turbin. Hal ini berbeda dengan turbin pada tubrocharger yang bekerja berdasarkan tekanan di saluran pembuangan, dimana turbin supercharger ini berkerja atas putaran mesin. Maka dari itu, komponen supercharger pada Kawasaki H2 ini trehubung ke kruk as melalui sebuah rantai dan juga step up gear. Kemudian dari step up gear ini bertugas melipatgandakan putaran kruk as menjadi lebih tinggi. Sehingga pada putaran mesin 14.000 rpm (misalnya), maka step up gear dapat berputar sekitar 2.000 rpm lebih cepat. Alhasil turbin mampu berputar hingga 13.000 rpm dan mampu menciptakan tekanan udara yang sangat besar masuk ke dalam mesin sepeda motor tersebut.

Viral :   Sistem Transmisi Sepeda Motor Yang Penting, Catat ini!

– Jenis mesin  = 4 silinder, pendingin udara

– Kapasitas mesin = 998 cc

– Tenaga maksimum = 240 Hp @ 11.500 rpm

– Torsi maksimum = 141,7 Nm @ 11.000 rpm

– Diameter x langkah = 76.0 x 55.0 mm

– Perbandingan kompresi = 8.5:1

– Pengapian  = Fuel injection: ø50 mm x4 with dual injection

– Transmisi  = 6 kecepatan

– Kopling  = Wet multi-disc, manual

– Tipe rangka  = Teralis, high tensile steel

– Suspensi depan = Teleskopik invert

– Suspensi belakang  = Uni trak swingarm

Wheel traveldepan = 120 mm

Wheel travelbelakang =  135 mm

– Sudut putar  = 24.5° / 103 mm

– Ukuran ban depan = 20/70ZR17M/C (58W)

– Ukuran roda belakang = 200/55ZR17M/C (78W)

– Rem depan = Cakram ganda

– Rem belakang = Cakram tunggal

– P x L X T =  2.085 x 770 x 1.125 mm

Wheelbase = 1.445 mm

Ground clearance = 130 mm

– Tinggi tempat duduk = 825 mm

– Bobot  = 238 kg

– Kapasitas tangki = 17 liter

  • Rangka & bodi

Kawasaki H2 diposisikan sebagai sepeda motor raod legal yang memiliki kelengkapan berkendara seperti sepeda motor pada umumnya. Pada bagian depan Kawasaki H2 ini masih memakai kaca spion berbentuk mirip winglet yang juga terdapat pada H2R. Namun sayangnya, H2 ini tidak memakai bodi ataupun fairing berbahan serta karbon seperti pada varian track use inly. Bentuk fairing pada motor H2 sangat agresif mulaidari bagian depan hingga belakangnya.

Viral :   Fungsi Karburator Motor dan Dampak Kerusakannya

pada bagian rangkanya Kawasaki memakai jenis teralis yang dibuat lebih ringan dan tetap rigid. Fakta menarik yang bisa anda temui pada motor sport yang satu ini adalah setiap pipa tabung yang dipakai pada rangkanya memiliki diameter yang berbeda-beda, hal ini untuk mencari karakteristik terbaik.

Beralih ke bagian kaki – kaki yang tak kalah uniknya, Kawasaki H2 menjadi salah satu motor sport yang menggunakan single sided swingarm yang memiliki beberapa keunggulan, khususnya terkait masalah perawatannya, karena proses bngkar pasang roda bagian belakang menjadi lebih mudah. Selan itu, single sided swingarm juga lebih estetika karena membuat tampilan motor H2 ini menjadi lebih sporty.

  • Fitur Kawasaki H2

Kawasaki H2 memang mempunyai sederet fitur unggulan yang canggih sehingga diklaim sebagai sepeda motor super sport modern diantaranya seperti Sistem ABS, assist slipper clutch, dan juga quick shifter yang sudah menjadi standar sekelas H2. Tak hanya itu, Kawasaki juga membekali sejumlah fitur tambahan supaya sepeda motor ini dapat berkendara lebih baik dan maksimla lagi. Misalnya dengan adanya launch control yang fuungsinya untuk membuat akselerasi menjadi lebih halus dengan tanga penuh, lalu terdapat juga pengaturan traction contorl dan engine brake control untuk mengatus seberapa kuat pengereman dari mesin. H2 juga dibekali dengan pengaturan seberapa besar boost yang dihasilkan supercharge nya.

Komponen lainnya kelas atas juga tersedia pada Kawasaki H2 Ini, diantaranya seperti dibagian sektor kaki – kaki yang mengandalkan suspensi belakang Ohlins yang full adjustable dan pengereman dari Brembo.

Kesimpulan spesifikasi serta harga Kawasaki H2

Mengutip dari laman web resmi miliki Kawasaki Indonesia pada Juli 2021, Kawasaki H2 keluaran 2020 terbaru ini dijual dengan harga Rp 760.000.000 (OTR Jakarta). Salah satu rival dikelas super sport 1.000 cc ini adalah Yamaha R1 yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau yaitu Rp 605 jutaan (OTR Jakarta). Namun setelah mengetahui keunikan Kawasaki H2 sebagai salah satu motor sport yang mengusung supercharger membuatnya lebih pantas mendapat pertimbangan yang lebih besar.