Kawasaki Z900RS

Kawasaki Z900RS Edisi 2023: Review Harga & Spesifikasi

Sepeda motor dengan gaya retro ataupun klasik sedang banyak diminati orang. Berbagai pabrikan sudah mulai merilis motor gaya retro yang serupa dan salah salatunya pabrikan Kawasaki. Pabrikan asal Jepang ini meluncurkan motor retro Kawasaki Z900RS yang kabarnya meneruskan kesuksesan dari pendahulunya motor legendaris yaitu Kawasaki Z1. Beragam fitur modern yang dikombinasikan dengan desain klasik ini membuat Kawasaki Z900RS Mampu bersaing melawan Honda CB1000RR atau Yamaha SCR950.

Kecanggihan fitur yang dibekali oleh Kawasaki, maka tak heran jika harganya pun cukup tinggi yakni hampir menyentuh 300 jutaan dan termasuk dalam kategori moge (motor gede). Tentu sebanding dengan harganya, anda akan mendapatkan mesin 4 silinder yang akan memuntahkan tenaga serta torsi yang melimpah. Selain itu Z900RS dilengkapi dengan fitur ABS, Upside Down dan lainnya. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Spesifikasi Kawasaki Z900RS

  • Mesin Kawasaki Z900RS

– Tipe  4 Silinder DOHC 16 Valves

– Kapasitas  948 cc

– Daya Maksimum 109 PS / 8,500 rpm

– Torsi Maksimum 95 Nm / 6.500 rpm

– Bore × Stroke 73.4 x 56.0 mm

– Rasio Kompresi 10.8 : 1

– Tipe Transmsi 6-speed, return shift

– Sistem Pembakaran Fuel Injectio

Kali ini Kawasaki menawarkan dua varian yaitu Kawasaki Z900RS standar dengan warna candytone orange/brown dan Kawasaki Z900RS cafe dengan warna vintage lime green. Perbedaan dari kedua varian ini hanya soal warnanya saja. Karena untuk varian Z900RS cafe sudah dilengkapi fairing headlamp minimalis sehingga embuatnya terlihat seperti motor balap cafe racer. Selain itu untuk varian cafe memiliki desain jok yang lebih tebal. Namun secara keseluruhan kedua varian Kawasaki Z900RS ini tetap terlihat sangat klasik.

Apalagi dengan ditopang oleh  mesin gahar bertipe DOHC 16 katup dan 4 silinder yang jika ditotal memiliki volume 948cc yanng mempu menghasilkan tenaga sebesar 109 PS pada putaran mesin 8.500 rpm serta torsi puncak 95 Nm pada 6.500 rpm. Adapun tenaga yang dihasilkan ini dialirkan pada transimisi 6-percepatan sehingga membuat kemampuan akselerasinya semakin meingkat. Dari sini bisa dilihat bahwa wajar saja motor retro Z900RS dibanderol harga yang cukup mahal. Dengan mesin yang bertenaga, motor ini mampu bersaing dengan moge dikelasnya. Selain itu, torsi yang dimiliki Z900RS cocok untuk jarak menengah rendah sehingga pengendara dapat menikmati perjalanan selama berkendara.

  • Dimensi

– Dimensi 2.100 x 845 x 1.190 mm

Viral :   Rekomendasi Motor Tossa Terbaik yang Cocok untuk Bisnis

– Berat  215 kg

– Jarak Terendah ke Tanah  130 mm

– Jarak Sumbu Roda 1.470 mm

– Tangki Bshsn bakar 17 Liter

Ada yang mengatakan bahwa Kawasaki Z900RS ini adalah reinkarnasi dari pendahulunya yaitu Kawasaki Z1. Hal ini dikarenakan desainnya yang sangat mirip dan mengusung tema “True Spirit” (semangat sejati). Kombinasi antara gaya modern dan retro ini sangat terlihat dari sisi luar Z900RS. Motor sport 4 silinder ini memiliki desain setang yang lebar dan datar yang menguatkan gaya retro serta lebih mempermudah kontrol maupun memberikan rasa nyaman pada saat berkendara.  Adapun dimensi untuk panjang keseluruhannya 2.100 mm, lebar 845 mm serta tinggi keseluruhannya 1.190 mm. Sementara jarak sumbun roda depan dan juga belakang mencapai 1.470 mm dengan titik terendah 130 mm.

  • Rangka & kaki – kaki

– Tipe Rangka Tubular Semi Double Cradele Frame

– Suspensi depan  41 mm inverted fork

– Suspensi belakang Horizontal Back-link

– Ukuran Ban Depan 120/70ZR17 M/C (58W)

– Ukuran Ban Belakang  180/55ZR17 M/C (73W)

– Rem Depan Dual semi-floating 300 mm discs

– Rem Belakang  TSingle 250 mm disc

Selanjutnya berallih pada bagian kaki – kaki, Z900RS edisi 2023 ini mempunyai suspensi depan upside down berdiamter 41 mm. Kemudian bagian belakangnya menggunakan suspensi Horizontal black-link dengan gas-charged shocl yang mampu berkontribusi pada sentaralisasi massa motor dan yang nantinya akan menghindari panas kanlpot dan juga tekanan. Gas pada shockbreaker. Sementara pada sistem pengereman sudah menggunakan sistem ABS / anti-lock-breaking-system dan dua buah rem cakram semi-floating disk dengan diamter 300 mm dibagian depan.

Viral :   Motor Listrik BMW

Selain itu, Kawasaki juga membekali speedometer keren yang mengkombinasikan indikator analog dan digital untuk memberikan informasi suhu mesin, sisa bahan bakar, posisi gear dan juga mode riding. Dimana tersedia dua pilihan mode riding, mode 1 memprioritaskan kecepatan maksimum dan moder 2 khusus untuk berkendara pada pemukaan yang licin. Anda juga bisa memilih untuk mematikan sistem ini sehingga pengendalian motor semakin maksimal.

Kelebihan & Kekurangan Z900RS

  • Kelebihan

– Desainnya sangat klasik dan cocok bagi anda yang mencari motor retro dengan fitur-fitur modern didalamnya

– Terpasang mesin 4 Silinder yang mampu menhasilkan torsi serta tenaga sangat besar

– Dilengkapi fitur Riding Mode yang menambah kenyamanan mengendarai motor ini

– Tersedia suspensi depan Upside Down 41 mm

– Memiliki dua buah rem cakram berukuran besar di roda depan

– Mengadopsi sistem pengereman ABS serta fitur Assist & Slipper Clutch

  • Kekurangan

– Harga yang cukup tinggi sehingga tidak semua orang bisa memilikinya

Harga Kawasaki Z900RS

  • Kawasaki Z900RS Standar  Rp 291.000.000 OTR Jakarta
  • Kawasaki Z900RS Cafe Racer Rp 301.000.000 OTR Jakarta

Catatan:

Harga diatas dapat berubah sewaktu- waktu, dan untuk perbedaan kota bisa saja berbeda pula harganya.

Jika dilihat dari kedua varian Z900RS memiliki selisih harga yang lumayan jauh, padahal yang membedakannya hanya pada fairing depan dan bagian joknya saja. Sementara untuk mesinnya sama dan fitur – fiturnya juga sama. Namun pemakaian fairing minimalis ini membuat motor retro miliki Kawasaki yang satu ini menjadi semakin terkesan sporty karena mirip seperti motor balap cafe racer yang pernah populer di tahun 1960 an.