Yamaha XSR 155

Yamaha XSR 155: Review Spesifikasi & Harga Edisi 2023

Mengawali tahun 2023 ini, Pabrikan Yamaha Indonesia merilis 4 motor neo-retro Yamaha XSR 155 sekaligus dengan pilihan 4 warna baru yaitu Mate Silver Premium, Metallic Black Elegance, Light Blue Wanderslut, dan juga Metallic Red Authentic. Yamaha XSR 155 Memiliki konsep motor sport heritage yang terlihat dari buritan tangki Drip-Shaped, jok single seat heritage klasik an juga lampu depan serta belakang yang sudah LED modern. Walaupun tampilannya klasik, XSR sudah dibekali teknologi terbaru dengan full LCD digital speedometer beraksen retro dengan multi information edisplay / MID. Harga Yamaha XRS 155  edisi tahun 2023 dibanderol Rp 37.635.000 untuk OTR Jakarta.

Perlu diketahui bahwa Yamaha XSR 155 pertamak kalinya diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2019 di negara Thailand. Dimana sepeda motor ini mengusung desain retro sport dengan menggunakan basis Yamaha R15 V3 oleh pabrikan asal Jepang ini. Dengan basis yang sama baik dari segi rangka dan juga mesin Yamaha R15 V3, kini XRS 155 hadir dengan poertrain ayng lebih mumpuni an akan memberikan pengalaman berkendara yang jauh lebih menyenangkan lagi. Lantas apa saja spesifikasi dari motor keren ini? Simak ulasannya berikut ini!

Spesifikasi Yamaha XSR 155

  • Mesin

– Tipe mesin Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA

Jumlah/posisi silinder Silinder tunggal

– Diameter x Langkah 58,0 x 58,7 mm

– Perbandingan kompresi 11,6 : 1

– Daya maksimum 14.2 kW/ 10000 rpm

– Torsi maksimum 14.7 Nm/ 8500 rpm

– Sistem starter  elektrik starter

– Sistem pelumasan basah

– Kapasitas oli mesin Total = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L

– Sistem bahan bakar Fuel Injection

– Volume Silinder 155 cc

– Tipe Kopling Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch

– Tipe Transmisi  Manual

– Pola Pengoperasian Transmisi  1-N-2-3-4-5-6

XSR 155 ini menggunakan mesin yang sama seperti pada Yamaha R15 V3 dan juga MT15 yaitu mesin berkapasitas 155 cc, berpendingin cairan, 1-silinder serta mampu memuntahkan tenaga maksimum 19,3 PS pada rom 9.900 dan torsi puncak di angka 14,7 Nm pada rpm 8.500. Selain itu Yamaha juga menambahkan teknologi VVA / Variable Valve Actuation, dimana teknologi ini juga terdapat pada model BMW S1000RR yang memiliki peran besar untuk memaksimalkan tenaga yang disalurkan lewat 6 percepatan.

Viral :   Motor Goyang Seperti Ban Kempes Bikin Oleng, Ini Penyebabnya!

Sistem bahan bakar XSR 155 sudah menggunakan fuel injection dan pengapian TCI sehingga mampu memberikan rasio kompresi 11,6:1 dan mengoptimalkan pembakaran namun tetap memberikan tenaga yang maksimal. Pada sebuah video yang sempat beredar di Youtubem XSR 155 mencetakk kecepatan maksimumnya pada angka 125 km/jam, dimana hasil ini ternyata sedikit lebih lambat dibandingkan Yamaha R15 V3 dan juga MT 15. Akan tetapi hal ini dianggap wajar karena ketiga model motor ini memiliki aerodinamis yang berbeda-beda. Yamaha XSR 155 sendiri mengusung tampilan naked bike sehingga tak mempunyai keuntungan aerodinamis jika dibandingkan dengan YAmaha R15 yang mempunyai fairing sehingga mampu mengatasi hambatan angin lebih baik. Tak hanya itu, XSR 155 juga dibekali dengan handler bar yang lebih besar dan lebih tinggi sehingga cukup memperngaruhi serodinamis pada sepeda motor ini.

  • Desain Yamah XSR 155

Di lihat dari segi desainnya Yamaha XSR 155 ini banyak mengadopsi elemen yang terinspirasi dari YAmaha XSR 900. Pada bagian depan, motor ini mempunyai desain headlamp LED bulat bergaya klasik dengan cover hitam di bagian sampingnya. Pihak Yamaha juga menawarkan dua konfigurasi terpisah untuk high beam dan low beam pada sistem pencahayaan ini yang dipisahkan dengan logo XSR pada tengah lampu.

Dibagian kokpit pengendara, posisi stang kemudi sangat tinggi untuk mengentalkan kesan retro. Konfigurasi stang kemudia XSR 155 ini juga agak lebih lebar daripada Yamaha MT15 sehingga hal ini juga berengaruh pada pengalaman berkendara khususnya ketika melakukan touring.

Viral :   Motor Baru 2023 Yang Wajib Diketahui !

Beralih ke bagian tangki bahan bakar yang juga mengadopsi dari XSR 900 yang ramping sehingga memberikan kaki space yang lumayan luas ketika berkendara. Dibagian tenagah tangki bahan bakar juga terdapat aksen untuk menguatkan tampilan retro.

Dibagian jok motor yang bertipe single-piece dengan gaya retro, meskipun terlihat sempit namun nyantanya tetap nyaman ketika dipakai untuk berboncengan. Kemudian dibagian belakang, Yamaha XSR 155 ini tidak diberi handler bar seperti pada umumnya kendaraan dan hal ini sengaja dilakukan untuk menguatkan kesan retro.

  • Dimensi, rangka & kelistrikan

– P x L x T (2007 X 804 X 1080)

– Jarak sumbu roda 1330 mm

– Jarak terendah ke tanah 170 mm

– Tinggi tempat duduk 810 mm

– Berat Isi 134 kg

– Kapasitas tangki besin  10.4 Liter

– Tipe rangka Deltabox

– Suspensi Depan Telescopic Form ( Inverted )

– Suspensi Belakang Link Monoshock

– Ban Depan 110/70-17M/C (54S)

– Ban Belakang 140/70-17M/C (66S)

– Rem Depan & rem belakang : Disc Brake

– Sistem pengapian CDI/Transistor

– Battery YTZ4V

– Tipe Busi MR8E9

  • Teknologi dan fitur unggulan

Walaupun bergata retro, Yamaha tetap memberikan sentuhan teknologi pada motor sport terbarunya ini. Yamaha XSR 155 ini sudah menggunakan panel meter digital berbentuk bulat minimalis yang mampu menyajikan berbagai informasi mumpuni pada panel ini. Diantaranya seprti lampu indikator, indikator oli, indikator injeksi, gear position, tachometer sampai speedometer melalui panel minimalis ini. Seluruh sistem pencahayaan sepeda motor sport milik Yamaha ini juga sudah berteknologi LED dan khusus dibagian depan, XSR 155 memakai dua konfigurasi pencahayaan yang memakai daytime running light.

Kemudian bicara soal sistem keamanan berkendara, motor sport bergaya retro ini sudah dibekali dengan pengereman disc brake untuk bagian depan dan juga bagian belakangnya. Meskipun belum berteknologi ABS, sistem pengereman motor ini diklaim oleh banyak orang mampu memberikan deselerasi yang lembut.