Kawasaki ninja H2R

Kawasaki Ninja H2R

Kawasaki ninja H2R adalah sepeda motor super sport yang sudah mulai diproduksi sejak tahun 2015 lalu. Harga yang diberikan saat pertama kali dirilis motor ini sangat menyita perhatian banyak orang yakni Ninja H2R Rp 610 jutaan dan Ninja H2 Rp 305 jutaan. Mungkin ada beberapa orang yang masih belum mengerti apa perbedaan Kawasaki Ninja H2R dan H2. Perlu diketahui Kawasaki ninja H2R mempunyai tenga hingga 310 Hp dan merupakan sepeda motor yang khusus di pakai untuk keperluan balap di sirkuit. Sementara Kawasaki Ninja H2 ini memilki tenaga 200 Hp dan digunakan untuk dijalan raya. Tentunya dalam ini sangat mempengaruhi dari segi harga yang dua kali lipat jaug lebih mahal antara keduanya.

Kawasaki Ninja H2R

Sebelum melangkah lebih jauh kita perlu mengetahuui sedikit sejarah tentang motor ini. Dimana Ninja H2 ini adalah sepeda motor yang diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industrie dan sudah dibekali dengan supercharge tipe sentrifugal dengan kecepatan variabel. Sementara untuk Ninja H2R memang khush dirancang untuk keperluan di atas sirkuit. Pada saat rilis pertama kali, motor yang mengusung desan aerodinamis ini menyadang felar sebagai motor tercepat dengan tenaga yang terkecang di dunia. Sehingga tak heran jika Kawasaki Ninja H2R akhirnya dinobatkan menjadi motor tercepat.

Spesifikasi Kawasaki Ninja H2R

  • Mesin dan Dimensi

– Kapasitas 998 cc

– Jumlah silinder 4 silinder segaris

– Teknologi Injeksi, DOHC, 16 valve, supercharge

Viral :   Pengendara Harus Tahu! Inilah Fungsi Jalur Kabel Starter Motor

– Kompresi 8,3:1

– Tenaga 305 hp @14.000 rpmTorsi 165 Nm @12.500 rpm

– Transmisi 6 percepatan, dog-ring

Di atas kertas, motor sport Kawasaki Ninja H2R ini mempunyai mesin berkapasitas 998 cc, 4 silinder segaris, supercharger yang juga telah dibekali dengan pendingin cairan. Dengan performa mesin tersebut sehingga mampu menciptakan tenaga 305 hp @14.000 rpm serta torsi 165 Nm @12.500 rpm. Adapun trasmisi yang pakai pada motor ini adalah 6 percepatan dengan dog-ring yang dikombinasikan dengan kopling basah.

Jika dilihat lebih detail, sebenarya dimensinya tidak terlalu besar untuk kategori motor balap yakni dengan panjang 2.070 mm, lebar 850 mm dan tingginya 1.160 mm saja.

Panjang 2.070 mm

Lebar 850 mm

Tinggi 1.160 mm

Wheelbase 1.450 mm

Ground clearance 130 mm

Bobot 216 kg

Kapasitas BBM 17 liter

  • Fitur unggulan

Sepeda motor balap ini juga dikengkapi denan berbagai fitur unggulan yang cukup banyak. Sehingga tak heran jika banyak yang mengklaim bahwa sepeda motor balap Kawasaki Ninja H2R ini setara dengan motor balap di MotoGP.

– Kawasaki Cornering Management Function (KCMF)

1. Traction control, wheelie and sliding control

2. Pitching and corner braking control

3. Kawasaki engine brake control

– Downforce Generation (Sayap yang terletak di depan windshield depan)

– Bank angle display

– Electronic throttle valves

– Kawasaki quick shifter

Viral :   BMW R 1200 GS 2023 Berapa Harganya?

– Hydraulic clutch & back-torque limiter

– Oil jets

  • Rem dan Suspensi

Mengutip dari situs resmi Brembo, pada bagian depan, remnya memakai dual semi-floating cakram dengan ukuran 330 mm. Adapun kalipernya menggunakan model dual radial-mount dengan stylema monobloc 4 piston. Sementara pada bagian belakang, rem yang dipakai adalah rem single cakram berukuran 250 mm dengan kaliper 23 piston. Kedua rem ini memiliki perfomra yang cukup baik untuk mengerem pada kecepatan yang sangat tinggi.

Kemudian pada bagian suspensi, pada bagian depannya dipasangkan suspensi dengan ukuran 43 mm dengan rebound and compression damping. Dimana suspesnin ini masih dapat di atur preload dan adjustability and top-out springs. Untuk bagian belakang motor ini terdapat Uni-trak yang dikombinasikan suspensi Ohlins TTX36 gas-charged shock with piggyback reservoir dan suspensi ini juga dapat diatur preload serta adjustability and top-out springs.

Harga Kawasaki Ninja H2R

Pada tahun 2021, Kawasaki Ninja H2R dibanderol dengan harga yang masih membuat nyali mundur. Namun sayangnya motor sport yang satu ini tidak mempunyai harga yang pasti. Hal ini karena Kawasaki Heavy Indutries telah resmi menghentikan produksinya dan konsumen hanya diberi tenggat waktu bagi yang ingin memesan sampai 21 bulan Oktober 2021 lalu dengan kisaran harga Rp 900 jutaan hingga 1 M di Inggris. Nah, jika motor ini sampai ke Tanah air, tentu harganya akan jauh lebih mahal dua kali lipat lagi karena pajak.