Motor Vespa Klasik

Motor Vespa Klasik dan Elegan Yang Pernah Dijual

Pabrikan Motor Vespa Klasik asal Italia ini memang sudah banyak melahirkan terobosan brilian sejak awal kelahirannya pada tahun 1946. Vespa sudah menjadi industri raksasa otomotif serta menajdi ikon gaya yang menemai jutaan orang dalam perjalanannya. Selama hampir lebih dari 73 tahunan berkecimpung dalam indukstri otomotif, Vespa sudah memberikan begitu banyak model yang tidak bisa di sebutkan satu persatu, namun ada beberapa Vespa klasik yang paling elegan dan sudah kami rangkaum pada artikel kali ini.

Motor Vespa Klasik

  • Vespa 98

Model pertama motor vespa klasik yang di kenalkan kepada publikk pada bulan April tahun1946 ialah Vespa 98 yang merupakan pondasi awal yang cukup menarik perhatian banyak pihak. Bentuknya sangat unik ini mirip seperti tawon sudah menjadi karakteristik yang di kenal olehh publik (kata Vespa dalam bahasa Italia berarti tawon). Penjualan Vespa model pertama ini awalnya rendah, namun kemudian terus meningkat seiring berjalannya waktu dengan memperkenalkan metode pembayaran cicilan. Hal ini adalah sebuah keputusan penting dari Vespa untuk membentu masyarakat Italia memiliki kendaraan. Pabrikan ini juga pernah meluncurkan mode 98 untuk versi balap yang di namakan Vespa 98 Corsa Circuito.

  • Vespa 125

Setelah beberapa riset pasar mulai tahun 1947, Vespa mulai menghentikan produksi model 98 dan memperkenalkan penggantinya yaknni Vespa 125. Dimana pada vespa klasik ini terdapat banyak perubahan besar pada modelnya yaitu suspensi tangan yang lebih ringan lagi serta tambahan kap mesin yang lebih mudah di buka. Jika anda salah satu penggemar koleksi Vespa, anda masih bisa mendapatkan Vespa 125 ini dengan rentan harga yang sangat mahal, untuk AS saja sekarang harganya lebih dari $6.000. Pada model ini, Vespa juga menyediakan versi balapnya yakni Vespa Circuito 125.

  • Vespa Monthlery (tahun 1950)

Vespa ingn mengambil bagian dalam dunia balap dengan aktif mempromosikan produknya di sirkuit. Pabrikan asal Italian ini mengambil langkah yang penting pada 7 April tahun 1950 silam dengan merilis Vespa Monthlery yang tercatat memecahkan beberapa rekor kecepatan. Vespa model ini mengaspal selama 10 jam berturut-turut untuk meemcahkan 17 rekor dunia di antaranya 1 jam (rata-rata 134 km/jam), 100 mil (rata-rata 129,7 km/jam), 500 mil (rata-rata 123,9 km/jam), 1.000 km (rata-rata 124,3 km/jam) dan juga selama 10 jam berturut turut berhasil mencapai 1.049 km.

  • Vespa Siluro (tahun 1951)

Model berikutnya yan tak kalah populer pada masa itu adalah Siluro yang mampu mengejar rekor paling prestisius yaitu The Flying Kilometer. Model baru Vespa ini sengaja di rancang untuk memenuhi hal itu, dimana kata Siluro dalam bahasa Italian artinya torpedo.

Viral :   Fungsi Baterai Sepeda Motor & Penyebab Aki Tekor

Model spesial ini di rancang supaya memberikan dampak promosi untuk Vespa. Masa itu di kendarai oleh Dino Mazzomcini, dimana model Siluro ini mampu memecahkan rekor The Flying Kilometer dengan jarak tempuh 1 km hanya dalam 21,4 detik saja dengan kecepatan rata-rata 171,02 km/jam. Tentu ini bukan rekor yang buruk bagi motor balap yang di buat pada awal tahun 1950.

  • Vespa 150 GS (tahun 1955)

Banyak dari penggemar Vespa yang mengatakan bahwa model ini merupakan Vespa tercantik yang pernah di buat. Vespa klasik dengan model 150 GS ini cukup menarik perhatian para kaum muda kala itu karena tampilannya yang cukup sporty hasil rancangan tim balap Piaggio. Dengan model klasik ini, Vespa berhasil mengkombinasikan mesin dengan tampilan yang bagus. Saat ini sangat sulit untuk menemukan Vespa 150 GS. Dan sungguh beruntung orang yang masih memiliki model Vespa 150 GS ini karena pastinya dia tidak akan menjaulnya kecuali karena beberapa alasan tertentu.

  • Vespa 150 Troipes Aero Portees (T.A.P) (tahun 1956)

Model Vespa 150 T.A.P ini sengaja dibuat ats permintaan dari Kementerian Pertahanan Perancis. Alhasil, sekitar 600 unit Vespa klasik 150 ini dilengkapi denan senapan M20 75 mm yang dapat menembak di jarak tertentu. Beberapa kalangan penggemarnya, model Vespa yang satu ini kerap di juluki ‘Vespa Bazooka’.

  • Vespa 400 (tahun 1957)

Cukup mengejutkan pada masa itu, Vesa membuat sebuah mobil. Dimana salah seorang pendirinya yang bernama Corradini D’ascanio sebenarnya selalu ingin merancang sebuah mobil karena dirinya kurang menyukai sepeda motor. Mobil Vespa ini di luncurkan pada tahun 1957 dengan mesin berkapasitas 393 cc 2 silinder yang setara dengan 14 tenaga kuda. Perlu di ketahui bahwa model ini hanya di produksi sebanyak 30 ribu unit saja sebab persaingannya dengan Austin Mini dan juga Volkswagen Beetle saat ini membuat Vespa 400 kehilangan daya tariknya. Saat ini model Vespa 400 sudah sangat jarang sekali di temui, sekalipun ada pasti harganya justru sangat tinggi.

  • Vespa 990 Super Sprint (tahun 1966)

Vespa 90 Super Sprint (90SS) laris manis di pasaran karena tampilannya yang sangat mirip dengan pendahulunya yaitu Vespa GS 1955. Fitur desainnya sudah di tingkatakan dari versi klasik sebelumnya dengan tambahakan adanya kotak simpan serta ban serep. Model Vespa klasik satu ini di klaim menjadi favorite di kalangan para penggemar Vespa aris keras sebab keindahan dan jumlahnya yang limited edition.

Sebuah perubahan yang hampir menyeluruh pada desain serta performa yang akhirnya membawa cerita sukses selanjutnya dengan model Vespa Primavera. Seperti sebelumnya, Vespa klasik ikonik ini secara khusus menyeasar generasi muda di era 1960 an dengan slogan ‘with a Vespa you can be’. Vespa klasik jenis ini memiliki sasis yang lebih panjang sehingga membuat anda lebih leluasa membonceng orang lain. Dari masa ke masa tak ada yang lebih menyenangkan dan nyamannya dari pada keliling kota menggunakan Primavera sambil membonceng kekasih bukan?

  • Vespa Rally (tahun 1969)

Lebih dari 26 ribu unit Vespa Rally 180 di buat pada akhir tahun 1960 an sampai awal 1970 an. Dimana model ini terdapat penignkatan di bagian mesin dan sasisnya yang membuatnya menjadi model Vespa klasik ikonik yayng paling sukses pada masa itu. Di topang denan mesin berkapasitas 180 cc 1 siliner, Vespa Rallu ini mampu menembus kecepatan maksimum hingga 105 km/jam

Viral :   Fungsi Minyak Rem Motor. Jangan Disepelekan!