Vespa Super 74 yang Ikonik dan Klasik

Vespa Super 74 yang Ikonik dan Klasik

Vespa merupakan jenis sepeda motor jenis skuter dari Italian. Bentuknya yang unik, ikonik dan juga klasik sehingga setiap orang yang melihatnya pasti akan langsung hafal dengan kendaraan ini.  Walau demikian vespa mempunyai berbagai macam varian yang sudah di produksi seperti misalnya vespa super 74 dan salah satu varian yang paling populer di dunia termasuk di Tanak air sendiri adalah Vespa Super. Dimana varian Vespa Super ini di produksi antara tahun 1965 hingga 1979.

Mengutip dari sepeda motor info bahwa varian vespa super ini awal mulanya di rancang memakai sistem pencampuran antara oli dan juga bensin dengan tangki yang di rancang secara terpisah / automatic fuelmix. Namun kenyataanya, bodi vespa super ini tak memadai untuk dua buah tangki sehingga desain automatic fuelmix in baru dapat di terapkan pada varian vespa selanjutnya.

Spesifikasi Vespa Super

Jika di bandingkan varian Vespa Sprint, Vespa Super ini tentu memiliki desain yang lebih kecil dari segi tampilannya. Vespa Super ini hanya memakai lingkar roda yang berukuran 8, sedangkan Vespa Sprint memakai lingkar roda berukuran 10. Selain itu, Vespa Super juga menggunakan lima garis ventilasi udara di engine cowl dan juga garis aluminium pada kedua. Tepongnya. Pada spesifikasi mesinnya, Vespa Super 150 ini mempunyai mesin berkapasitas 145,5 cc, 2 stroke, dan single cylinder. Dengan spesifikasi mesin inilah Vespa Super mampu menciptakan tanga hingga 7,7 hp di putaran mesin 5.000 rpm dan juga mampu mencapai kecepatan maksimumnya sampai 90 km/jam.

Dalam perkembangannya, Vespa Super ini juga memberikan beberapa jenis yang beragama, setidaknya jenis vespa super ini sudah menurunkan 4 generasi dengan keunggulannya masing-masing.

  • Vespa Super 66

Genera pertama Vespa Super adalah Vespa Super 66. Dimana generasi pertama ini muncul di tahun 1966 sampai 1970 yang memiliki ciri khas yang cukup menonjol yaitu terdapat bentuk piaggo badge yang masih memakai model Vespa tahun 1960 an. ADapun yang berbetnuk persegi empat serta tulisan. Italic “Vespa Super” dibuat dengan aluminium berwarna biru gelap. Vespa SUper 66 ini menawarkan dua varian mesin yakni 125 cc dan 150 cc akan tetapi secara fisik tidak perbedaan antara kedua varian ini.

  • Vespa Super 72

Generasi kedua dari Vespa Super adalah Vespa Super 72 yang liris pada tahun 1972 dengan membawa beberapa perubahan. Salah satu perubahan yang mungkin sangat menonjol adalah pada bagian model Piahho badgenya, dimana pada Vespa Super 72 ini bentuknya hexagonal dan jenis Vespa ini bahkan sempat di pasarkan di Tanah air dalam betuk CKD dengan harga sekitar Rp 248 ribu masa itu.

  • Vespa Super 74

Selanjutnya Vespa Super 74 yang merupakan generasi ketiga dan membawa beberapa. Perubahan radikal misalnya seperti di bagian speedometer dan bagian setang kemudi nya.

Viral :   Tips Pilih Lampu LED Motor Berkualitas dan Nyaman

PAda Vespa Super 74 ini mengusung perpaduan antara setang dan speedometer yang mempunyai bentuk yang oval, mengganti model vespa writing pada bagian depan serta belakang yang berbentuk tegak dan juga tail light / lampu belakang yang juga di pakai pada jenis Vespa Super di generasi terakhir.

  • Vespa Super 78

Vespa Super 78 ini menjadi generasi terakhir dari varian Vespa Super. Dari segi desainnya, vespa ini memakai model speedomter yang sebelum pernah dipakai pada Vespa SUper 66. Dan selebihnya, tampilan fisiknya sama seperti jenis Vespa Super 74

  • Vespa 150 Super (1968-1979)

Selain dari beberapa jenis Vespa Super yang telah kami sebutkan di atas, masih ada jenis vespa 150 super yang hadir di antara tahun 1968 hingga 1979. Pada era ini yakni awal tahun 70 an, varian Vespa Super di rakit dalam negeri sehingga harga jualnya jauh lebih terjangkau.

Pada masa itu, Danmotor yang menjadi APM berperan penting dalam penjualan Vespa Super ini. Bahkan ada beberapa warna spesial yang sengaja di rilis hanya untuk penjualan di Tanah air. Jadi bisa dikatakan bahwa Vespa Super yang satu ini adalah salah satu Vespa yang paling banyak di Indonesia. Sejarah dari Vespa Super pun semakin berwarna dan sangking baiknya penjualannya, terdapata beberapa warna spesial yang di hadirkan hanya untuk konsumen Indonesia. Pada varian ini juga, lampu Vespa berubah bentuk menjadi trapesium. Mika di lampu belakangnnya juga berubah bentuk menjadi kotak tak lagi berlekuk seperti pendahulunya. Di tambah huruf ‘P coret” sudah di ada lagi. Dan logo Piaggio pun di ganti seperti kartu sekop. Tampilan varian Vespa Super yang satu ini memang tampak mirip sekali dengan Vespa Sprint, oleh karena itu anda perlu teliti sebelum memilihnya.

Perbedaan Vespa Super dan Vespa Sprint

Sekilas kedua jenis Vespa ini memang sama bahakn bagi orang yang masih awam semua jenis vespa akan terlihat sama. Namun jika ada yang berasumsi demikian tentu tidak benar. Vespa memang memiliki ciri yang khas. Dimana seluruh produknya di desain bahenol lalu tampilan tersebut tidak lekang dimakan zaman salah satunya seperti Vespa Super dan Vespa Sprint yang memiliki kemiripan.

Viral :   Fungsi Selang Hawa Motor yang Sangat Penting

Waktu produksi keduanya pun mirip yakni pada tahunn pertengahan 60 an sampai akhir tahun 70 an. Walaupun serupa, vespa sprint atau pun vespa super sebenarnya mempunyai banyak perbedaan jika di lihat secara detail. Lantas apa saja perbedaannya?

  • Ukuran roda Vespa Sprint lebih besar

Perbedaan yang paling mendasar antara Vespa Super dengan Vesa Sprint ada pada bagian kaki-kaki. Anda bisa memeriksanya untuk melihat perbedaaanya secara langsung. Vespa Sprin menggunakan ring 10, sementara pada Vespa Super menggunakan ring 8. Maka jika melihat tampilan orisinilnya, ban Vespa Super akan terlihat lebih kecil daripada ban Vespa Sprint, kecuali jika pemiliknya sudah pernah melakukan modifikasi.

  • Kisi-kisi Cover mesin atau tepong Vespa terdapat lubang

Perbedaan selanjutnya bisa anda amati melalui desain kisi-kisi Vespa Supra yang mempunyai tepong 5, sedangkan pada Vespa Sprint ada 6 kisi-kisi tepong. Ingat, kisi-kisi yang di maksud adalah untuk tepong bagian kanannya yang didalam nya terdapat mesin. Karena pada kisi-kisi kiri hanya garis saja.

  • Dimensi bodi

Jika anda memperhatikan dimensi Vespa Super dan VEspa Sprint sekilas memang terlihat serupa. Namun berbeda jika anda melihatnya dengan teliti maka anda akan menemukan perbedaanya, dimana dimenasi Vespa Sprint lebih besar dari pada dimensi Vespa Super.

Dimensi bodi disini maksudnya secara kesuluruhan yang meliputi, tinggi, panjang maupun lebar. Tidak hanya bagian tepongnya saja namun juga bagian sayap dan lain sebagainya. Hal ini di lakukan untuk menyesuaikan dengan ukuran roda pada Vespa Super yang memakai 10 inci.

  • Batok bulat Vespa Sprint terdapat giok

Berikutnya jika anda melihat Vespa Sprint dan Vespa Super dalam batok kotak. Maka tampilannya akan sulit dibedaan. Apalagi gaya asbak, melengkung ke dalam di sektor antara cover lampu dengan speedometer. Pembeda yang paling jelas bisa dilihat pada batok jenis buat yang tersemat pada Vespa Sprint dan Vespa Super hanya saja pada VEspa Sprint berbatok bulat besar dan ada gioknya di antara speedometer dan cover lampu depannya. Sementara pada Vespa Super berbatok bulat berukuran kecil dan tidak ada gioknya.

  • Spesifikasi mesinnya berbeda

Jika melihat sekilas saja, maka mesin dari kedua vespa ini sama dengan kapasitas yang di gunakan pun 150 cc dan 2 tak. Walaupun demikian bagian dalamnya tetap berbeda. Khusus untuk Vespa Sprint, blok mesinnya memiliki tiga lubang bilas. Sedangkan pada Vespa SUper hanya terdapat dua lubang bilas saja. Dan dari segi performanya, mesin VEspa Sprint lebih ganas dari paa mesin Vespa Super.