Fungsi Busi Motor
Busi Motor

Fungsi Busi Motor, Cara Kerja hingga Cara Merawatnya

Fungsi Busi Motor adalah untuk mengubah tegangan listrik dari koil kemudian menjadi percikan api yang akan memebakar campuran bahan bakar serta udara pada ruang mesin api di akhir langkah kompresi. Fungsi busi motor sendiri termasuk komponen penting  pada sistem perapian motor. Ternyata busi adalah kata serapan berasal dari bahasa Belanda “bougie” artinya suku cadang yang dipasangkan di mesin pembakaran pada ujung elektroda ruang pembakaran. Setiap motor memiliki posisi busi yang berbeda seperti motor jenis sport atau bebek busi terletak disebe;ah kanan silinder head. Walaupun bentuknya yang kecil fungsi busi motor sangat vital untuk mesim perapian. Busi motor juga punya resiko kerusakan yang tinggi jika tak dilakukan perawatan yang benar. Sebagian besar orang belum memahami cara kerja bahkan fungsi busi motor, sehingga ketika busi motor rusak tidak segera ditangani dengan benar dan akhirnya busi motor yang rusak tadi dapat mempengaruhi sistem perapian di motor. Oleh karena itu, wartaoto.com disini telah merangkum bebarapa fungi busi motor serta cara kerjanya.

Fungsi Busi Motor

  • Insulator

Dizaman sekarang semua jenis busi menggunakan material keramik untuk bahan insulator. Insulator pada busi motor berfungsi untuk memindahkan panas menuju kepala silinder. Material keramik inilah yang akan mencegah arus tinggi yang berasal sari elektroda tidak akan keluar.

  • Terminal

Terminal terletak di bagian pucuk busi (busi dengan ignition). Fungsi terminal pada busi motor ialah sebagai penghunbung kabel yang bertegangan tinggi yang mengalirkan listrik dari koil.

  • Ribs
Viral :   Fungsi Kapasitor pada Motor Berdasarkan Jenisnya

Funsi dari Ribs ini sebagai pencegah arus listrik sehingga merambat keluar bagian mesin atau biasanya disebut massa (negative). Ribs adalah salah satu komponen busi motor yang berbentuk lekukan yang dapat membuat jarak dari ground dan elektkroda inti semakin jauh. Apabila jarak semakin jauh maka hambatan inti & ground juga semakin besar pula

  • Gasket

Gasket berfungsi sebagai penutup supaya tidak terjadi kompresi di ruang pembakar sehingga tidak sampai mengalir keluar

  • Insulator Tip

Pada bagian Insulator Tip ini akan terjadi pembakaran sehingga memerlukan material yang tahan terhadap material tinggi. Pada bagian inijuga mampu menahan shu temperatur hingga 650 derajat dan menahan tegangan hingga 60.000 volt.

  • Metal Case

Metal case pada busi motor berfungsi sebagai penghantar daya panas atau konduksi yang nantinya dapat dikonduksikan dengan komponen lain. Selain itu Metal case juga bertugas sebagai pemmgunci busi ke silinder head

  • Inti Elektroda

Inti Elektroda memilki fungsi menyalurkan arus listrik dan terhubung ke terminal. Inti elektroda adalah bagian dari komponen busi motor yang terbuat dari kombinaasi besi, tembaga, nikel, serta logam-logam lainnya.

  • Ground

Ground terletak di ujung busi motor yang secara langsung menempel dengan body/ground Motor. Energi listrik bisa berpindah ke inti elektroda melalui komponen ground ini.

Cara Kerja Busi Motor

Ketika busi motor terhubung ke tegangan dengan ribuan volt yang dihasilakan  dari ignition coil. Tegangan ini yang akan menghasilkan tegangan listrik yang berbeda dari elektroda dibagian tengah busi dan bagian sampingnya busi. Terkadang kerja busi tidak maksimal ketika terjadi banjir di celah isolator busi. Ketika Perbedaa tegangan yang melebihi kekuatan elektrik gas terjadi, maka gas akan ber ionisasi sehingga yang mulanya bersifat isolator berubah menjadi bersifat konduktor. Lalu aliran elektrin akan mengalir sekaligus meningkatkan suhu ada celah perciakan busi, suhu ini yang dapat mencapai hingga lebih dari 60.000. Selanjutnya suhu tinggi dari busi motor membuat gas yag tadinya sudah terionisasi akan memuai lebih cepat dan memunculkan ledakan kecil di antara masing-masing elektroda busi motor. Percikan api pada busi motor memiliki prinsip mirip halilintar atau petir.

Viral :   Cara Mengkilapkan Mesin Motor Menggunakan Pencuci Piring

Cara Merawat Busi Motor

Fungsi busi motor secara garis besar adalah memberikan bunga api sebagai media pembakar di sepeda motor. Karena fungsi busi ini sangat penting bagi performa motor, tentu saja busi motor memerlukan sebuat perawatan agar tetap bekerja maksimal. Berikut cara merawat busi motor

  1. Cek ketebalan kerak pada kepala busi motor
  2. Jangan bersihkan kepala busi dengan amplas
  3. Cek kerapatan kepala busi

Fungsi busi motor dirancang bekerja maksimum dari mesin sepanjang jangkauannya, karena itu busi memiliki rentang masa pemakaian. Jika sudah waktunya berganti busi, maka segera ganti. Biasanya pergantian busi ini dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin.

Demikianlah ulasan fungsi busi motor, cara kerja hingga cara merawatnya dari wartaoto.com. Semoga bermanfaat ya!