New Honda ADV160

New Honda ADV160

New Honda ADV160 secara resmi diperkenalkan oleh PT Astra Honda Motor AHM di AHM Safety Riding and Training Center yang berlokasi di Cikarang Jawa Barat pada 1 Juli 2022 kemarin. Adapun harganya sepeda motor Honda terbaru ini dijual mualimdari Rpm36 jutaan hingga Rpm39 jutaan. Untuk variannya sendiri, Honda ADV160 ini tersedia dalam dua tipe yaitu CBS yang dijual seharga Rp 30.250.000 dan tipe ABS seharga Rp 36 juta OTR Jakarta.
Tipe ABS hadir dalam tiga warna yang meliputi Tough Matte White, Tough Matte Red, Tough Matte Black. Pada tipe ABS di bagian samping bodinya terdapat polesan taburan warna Burn Titanium yang menjadi semakin manis, begitu juga pada pelek dan handler bar nya. Sedangkan di tipe CBS tersedia dalam 3 varian warna diantaranya meliputi warna Dynmic White, Dynamic Red, Dynamic Black.

Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM mengatakan bahwa Honda ADV 160 ini hadir dengan spesifikasi lebih gahar, bertenaga serta sangat nyaman dikendarai. Motor ini bisa menjadi pilihan bagi para pecinta skutik besar yang kokoh dan juga tangguh. Tim kami juga akan terus mendukung serta memenuhi kesenangan pengemudi dalam mengeksplorasi lokasi baru dengan kesiapan tersedianya jaringan bengkel resmi AHASS yang tersebar di penjuru negeri untuk menambah kesenangan dan kenyamanan ketika berkendara.

Spesifikasi

New Honda ADV160 ini datang dengan desain yang baru yaitu urban explorer yang cukup tangguh dan kokoh. Hal ini terlihat dari bodi samping belakang yang lebih lebar dan bodi bagian samping depan yang juga semakin tajam. Inilah yang membuat ruang pijakan kaki  / step floor menjadi lebih luas. Selanjutnya Two step adjustable windshield nya juga membuat aerodinamika menjadi semakin baik lagi. Windsreen nya bisa anda sesuaikan sendiri 75 mm dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang sangat mudah. Sementara untuk tinggi joknya menjadi 780 mm.

Viral :   Penyebab dan Cara Atasi Motor BeAt Injeksi Susah Hidup

Jika dilihat lebih dalam, desain suspensi bagian depan sangat kokoh karena adanya wavy disc brake berukuran 240 mm untuk roda depan dan 220 mm untuk roda bagian belakang. Hal ini juga yang memberikan kestabilan dalam pengereman dan menambah tampilan menjadi lebih sporty di kelasnya. Di sisi bagian belakang juga terdapat twin subtank rear suspension yang berfungsi memberikan kestabilan serta kenyamanan optimal ketika melewati jalan tikungan, bergelombang dan juga saat berboncengan. Penggunaan tapered handle bar & ban semi dual purpose berukuran sebesar 110/80-14 pada bagian depan dan 130/70-13 untuk bagian belakang.

Performa Mesin

ADV160 ini ditopang oleh mesin 160 cc 4 katup. Berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,8 kW dan torsi mencapai 14,7 Nm. Dan untuk kenyaman serta kemudahan ketkq berkendara, Honda juga melengkapi panel mater full digital yang bisa memberikan informasi putaran mesin / rpm meter dan trip duration. Sementara tombol pengaturannya terpisah dan terletak diantara handle baru dan juga panel meter.
Dari sis keamanan, Honda ADV160 juga ditunjang dengan Honda Smart Key dan alarm system dan juga USB charger di console box dengan day maksimal 5V 2,1 A (menggantikan power charger pada versi yang lama).

Viral :   Rekomendasi Motor Matic Terbaik di Indonesia

Tak hanya otu, Honda ADV160 ini juga menawarkan pilihan fitur Anti-Lock Braking System / ABS dan Combi Brake System / CBS dengan triple pots hydraulic. Khusus untu varian ABS, tersedia teknologi Honda Selectable Torque Control / HSTC yaitu fitur yang biasanya juga tersedia pada motor-motor premium Honda yang berfungsi untuk membatasi torsi mesin bila terdeteksi terdapat perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban bagian belakang sehingga potensi terjadinya kemungkinan ban selip sangat kecil. Selain itu, fitur Emergency Stop Signal / ESS juga tetap menjadi andalan. Dimana secara otomatis akan mengaktifkan lapu hazard ketika melakukan pengereman mendadak. Fitur teknologi ini sangat berguna untuk memberikan peringatan kepada pengendara lainnya terutama yang ada di posisi belakang untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan. Perlu anda ketahui juga, pada ACG starter motor Hond terbaru ini juga sudah dilengkapi kemampuan supaya tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini beriringan dengan Idling Stop System / ISS yang menjadikan mesin mati otomatis ketik berhenti dn dapat menyl kembali hanya dengn memutar tuas gas.