Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Kelebihan dan kekurangan motor listrik perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli tentunya. Apalagi saat ini motor bertenaga listrik mulai banyak dilirik oleh berbagai kalangan. Motor listrik kerap menjadi jawaban serta solusi kendaraan yang diharapkan lebih hemat daripada kendaraan konvensional. Akan tetapi tidak ada salahnya sebelum membeli anda harus mengetahui plus minus dari kendaraan listrik ini. Yuk simak sampai selesai ulasan dibawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Kekurangan

  • Jarak Tempuh & Sistem Pengisian Daya

Motor listrik mampu menempuh jarak 80 hingga 100 km saja, akan tetapi belum ada jaminan terdapatnya tempat pengisian daya per 100 km nya jika motor tersebut kehabisan daya di tengah perjalanan. Ini juga menjadi salah satu sorotan yang paling signifikan dan menjadi pertimbangan banyak orang yang ingin membelinya karena belum cocok untuk digunakan bepergian jarak jauh.

  • Bengkel & Sparepart Terbatas

Bengkel maupun sparepart motor listrik masih terbilang langka. Sehingga jika terjadi kendala di tengah jalan anda tidak bisa membawanya begitu saja ke bengkel-bengkel konvensional pada umumnya. Adapun proses pemesanan soareoart biasanya dilakukan secara online dan harus menunggu beberapa waktu, belum lagi jika proses pemesanannya dari luar negeri.

  • Beban Maksimal Masih Kurang

Walalupun telah ditopang dengan berbagai komponen yang kokoh, tetapi tetap saja beban maksimal motor listrik tentu berbeda dengan motor-motor konvensional pada umumnya. Misalnya bila daya maksimalnya 150kg, anda tetap tidak boleh terus menerus memakai pada maksimal daya tersebut. Hal ini karena beban maksimal yang pas untuk motor listrik biasanya hanya 120 kg saja yaitu setara dua orang.

Viral :   Wajib tau ! Beberapa Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Kelebihan

  • Battery Management System yang Optimal

Dalam satu kali pengisian daya, umumnya motor listrik dapat anda gunakan 80 sampai 100 km. Sementara untuk kapasitas daya nya kurang lebih sekitar 5.000 WH.

  • Terdapat Monitoring System

Pada beberapa varian motor listrik terbaik juga sudah dilebgkapi dengan monitoring system yang baik pula, misalnya seperti speedomter indikator yang dapat anda kokneksikan langsung dengan smartphone anda.

  • Mempunyai Durabilitas yang Lama

Dibeberapa pabrikan telah membekali sistem transmisi timing belt yang dapat memutar roda belakang. Dimana sistem ini dipercaya lebih awet serta tahan lama. Apalagi penggerak ini juga tidak mudah terendam oleh air.

  • Dapur Pacu gesit & Kokoh

Bicara soal kualitas ketahanan dan dapur pacu jika mengangkut beban juga tak kalah dari tipe motor bensin konvensional. Motor listrik ini sudah memakai sasis yang cukup kokoh dengan daya angkut mencapai 150 kg. Adapun kecepatannya mencapai 100 km/jam.