Konversi Motor Bensin Ke Listrik

Konversi Motor Bensin Ke Listrik

Konversi motor bensin ke listrik bisa jadi cukup mahal bukan karena ganti mesin penggeraknya, namun mengganti dibagian penting yang satu ini yaitu motor bensin biasa dapat dirubah (dikonversi) menjadi listrik. Akan tetapi untuk mengubah motor mesin bensin menjadi motor listrik memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka tidak sama seperti memodifikasi biasa sebab ini mengubah motor bensin menjadi motor listrik yang memerlukan komponen tambahan.

Hal-hal yang dibutuhkan untuk konversi

Owner bengkel Petrikbike, Adi Siswanto mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu disiapkan saat melakukan konversiu motor bensin ke motor listrik. Tentu dalam hal ini, hasil konversi tetap memprioritaskan agar kendaraan tersebut dapat berjalan normal dan nyaman ketika digunakan pengemudi. Lalu timbul pertanyaan, apa yang membuat konversi kendaraan bensin ini menjadi mahal?

Viral :   Ingin Beli Vario? Ketahui Perbedaan Vario 125 dan 150 Terkini

Adi menjawab bahwa yang membuat biaya membengkak ini ialah biaya pembelian baterai motor listrik itu sendiri. Sebab harga baterai motor listrik ini totalnya hampir setengah dari baiya konversi motor bensin menjadi motor listrik. Misalnya sebagai contoh sepeda motor Honda BeAT yang dikonversi menjadi motor listrik. Biaya yang diperlukan mencapai tembus puluhan juta rupiah.

”Biaya konversi Honda BeAT menjadi motor listrik kurang lebih sekitar Rp 15 hingga Rp 20 jutaan” terang Adi.

Adapun setengah dari total biaya modifikasi ini yakni sekitar Rp 8 juyta atau Rp 9 juta ini untuk biaya baterai saja itupun yang berkapasitas 60V 30A. Hal ini wajar terjadi, karena harga baterai lihtium-ion yang dipakai memang masih terbilang cukup mahal serta diperlukan dalam jumlah yang banyak untuk dirangkai. Meskipun biaya konversi ini bisa dikatakan mahal, terdapat beberapa keuntaungan yang akan adiperoleh setelah melakukan konversi. Apa saja ya?

Viral :   Fungsi ECM pada Motor Injeksi dan Cara Kerjanya

Keuntungan yang bisa anda dapat setelah melakukan konversi motor bensin biasa ke motor listrik ialah anda akan lebih hemat sebab tidak perlu lagi membeli bensin dan anda tak perlu lagi servis dan ganti oli seperti motor bensin pada umumnya. Maka biaya operasional untuk motor listrik cenderung lebih irit daripada motor bensin.