Cara Kerja Mesin Sepeda Motor Listrik

Cara Kerja Mesin Sepeda Motor Listrik

Cara kerja mesin sepeda motor listrik saat ini menjadi hal yang sering ditanyakan oleh berbagai kalangan. Mengingat perannya yang efektif dalam memberdayakan lingkungan yang lebih sehat. Di Indonesia sendiri jarak tempuh yang bisa dicapi oelh kendaraan listrik semakin meningkat dengan signifikan menjadi 80 km dan ini hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 9.000. Sementara untuk jarak yang agak menanjak, kendaraan listrik mampu naik dengan sudut kemiringan hingga 30 derajat. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai oenu adalah sekitar 8 jam serta daoat diisi kapan saja tidak harus menunggu habis. Hal ini akan terus berputar sebagaimana ulasan yang telah kami uraikan di bawah ini. Yuk simak sampai tuntas!

Kinerja Kendaraan

Sepeda motor listrik memang dapat digunakan untuk melewati jalan yang tergenang air dan bis dicuci juga. Ingat, yang penting dinamonya tidak terendam air. Cara kerja mesin sepeda motor listrik sebenarnya sama seperti sepeda motor mesin pada umumnya. Dimana kendaraan ini sama sama didorong oleh sebauh mesin dan mesin tersebut memerlukan bahann bakar. Adapun perbedaan utamanya terletak pada bahan bakar bensin untuk motor konvensional yang diganti dengan baterai atau fuel cell dalam bentuk listrik.

Viral :   Pajak Motor Listrik Gesits

Komponen Utama

Sepeda motor listrik yang bertenaga baterai kemungkinan akan memakai banyak ruang yang diperlukan untuk rumahan baterai itu sendiri. Pada bagian mesinnya sendiri mungkin akan sedikit lebih kecil. Pada satu model “Enertia” mesin berukuran sekitar sebuah alternator, serta terpsang rendah di chassis tepat di bagian depan roda belakang.

Tenaga

Selanjutnya bicara soal tenaga ini tergantung pada jenis baterai yang dipakai, diamna baterai dalam sepeda motor listrik mampu bertahan anatara 1,5 hingga 10 tahun. Adapun jenis-jenis baterainya meliputi:

  • Lithium-Ion
  • Lithium Phosphate
  • Lead Acid
  • Nickel Metal Hybride
  • Lithium Ion Fospat

Salah satu kelemahan dari kendaraan listrik ini adalah soal pengisian. Sebagian bear sepeda motor listrik saat ini yang tersedia di pasaran mampu menempuh jarak 40/65 km hingga 100 mil /160 km dalam sekali isi ulang daya. Sementara mayoritas motor bensin akan melebihi jarak tersebut, meski hal ini tetap tergantung pada ukuran tangki bensinnya.

Viral :   Kawasaki Ninja H2SX: Spesifikasi Lengkap!

Durasi pengisian baterai juga kerap menjadi kekhawatiran tersendiri pada kendaraan listrik, dimana waktu mengisi ulang biasanya akan menacapai minimal 2 hingga 3 jam an. Jika dibandingkan dengan 10 menit atau bahkan kurang untuk keperluan pengisian tangki bensin dan ini mungkin juga menjadi perhatian utama ketika mempertimbangkan untuk membeli sepeda motor bertenaga listrik.