Kelebihan Dan Kekurangan Sepeda Motor Listrik

Kelebihan Dan Kekurangan Sepeda Motor Listrik

Kelebihan dan kekurangan sepeda motor listrik – Saat ini, motor berkekuatan listrik mulai dipasarkan dan juga telah dilirik oleh banyak orang. Dikarenakan motor listrik ini, menjadi solusi kendaraan yang digadang-gadang lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan yang sumber tenaganya dari minyak bumi. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang kelebihan dan kekurangan sepeda motor listrik.

Kelebihan Dan Kekurangan Sepeda Motor Listrik

  • Kelebihan Motor Listrik 

  1. Memiliki Battery Management System yang Semakin Optimal. Yang mana memiliki kapasitas baterai sekitar 5.000 WH, dan dapat digunakan 80 hingga 100 km.
  2. Memiliki Monitoring System yang baik. Sebut saja salah satunya adalah speedometer indikator yang bisa Anda koneksikan dengan sistem berbasis Android.
  3. Untuk kualitas ketahanan saat mengangkut beban, motor listrik juga tidak kalah dari jenis motor konvensional. Karena motor listrik sudah menggunakan sasis yang kokoh dengan daya angkut hingga 150 kg.
  4. Dari segi kecepatan, motor listrik Indonesia ini juga tidak kalah gesit dibandingkan dengan motor biasa. Bahkan kini sudah tersedia tipe motor listrik 125 cc dengan kecepatan 100 km/jam.
  5. Beberapa pabrikan juga telah menyematkan sistem transmisi timing belt, yang dapat memutar roda belakang. Sistem yang satu ini juga telah dipercaya lebih awet dan tahan lama, dan penggerak tersebut juga tidak mudah terendam air.
  6. DRL atau Day Running Light System pada motor listrik, berfungsi sebagai lampu sein dan stoplamp. Yang mana hadir dengan desain yang lebih sporty.
  • Kekurangan Motor Bertenaga Listrik

Di samping kelebihannya, motor listrik juga memiliki beberapa kekurangan, yang mana kekurangannya ialah sebagai berikut:

  1. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa motor listrik mampu menempuh jarak 80 km hingga 100 km. akan tetapi belum ada jaminan adanya tempat pengisian daya per 100 km-nya, jika motor tersebut kekurangan daya di perjalanan. Di sisi lain, motor listrik ini juga belum worth it untuk Anda gunakan saat bepergian jauh, seperti keluar kota.
  2. Bengkel resmi untuk kendaraan motor listrik saat ini masih tergolong jarang. Sehingga jika terjadi kendala di tengah perjalanan, Anda tidak bisa begitu saja membawanya ke bengkel konvensional.
  3. Meskipun sudah ditunjang dengan sasis yang kokoh, namun tetap saja beban maksimal motor listrik ini berbeda dari motor konvensional. Jika daya maksimalnya 150 kg, maka Anda tetap tidak boleh terus-terusan menggunakannya pada maksimal daya tersebut. Adapun beban maksimal yang layak untuk motor listrik, adalah hanya 120 kg saja, atau setara dengan dua orang yang sedang boncengan.
Viral :   Sepeda Motor Triumph