Berapa Lama Charge Motor Listrik

Berapa Lama Charge Motor Listrik

Berapa lama charge motor listrik – Mungkin Anda bertanya-tanya tentang lama pengisian baterai pada motor listrik hingga penuh. Untuk menghitung lamanya pengisian daya baterai pada motor listrik, silahkan Anda lihat dulu kapasitas baterai motor listrik yang Anda miliki.

Berapa Lama Charge Motor Listrik

Agar lebih mudah, Kita ambil salah satu contoh yaitu baterai motor listrik Viar Q1 untuk gambarannya. Yang mana motor listrik Viar Q1 ini, memiliki baterai 60v 20Ah Smart BMS Lithium Battery. Sedangkan spesifikasi charger baterai motor listrik Viar Q1 ialah 220 volt 50 Hz dikutip dari website Viar Motor Indonesia.

“Yang mana jika dilihat dari spefikasi charger dan baterai, kami untuk pengisian daya dari habis hingga full bisa memakan waktu 5 sampai 7 jam,” pungkasnya. Sebagai gambaran baterai untuk mengerakan motor listrik Viar Q1 yang memiliki kapasitas 20 Ah. Sedangkan kapasitas aki pada motor listrik pada umumnya berkisar dari 3,5 Ah hingga 6 Ah.

Viral :   Harga Honda CBR 1000 RR Terbaru

Waktu Yang Tepat Mengisi Daya Baterai Motor Listrik

Sama seperti baterai perangkat elektronik yang lainnya, baterai motor listrik pun juga akan habis jika dipakai. Tetapi jika Anda ingin mengisi ulang batrai motor listrik, kami sarankan jangan sampai baterainya sampai habis total baru diisi daya. Karena Andri Fauzi, Teknisi Electric Vehicle Indonesia (Elvindo), telah mengatakan bahwa pemilik motor listrik sebaiknya sudah ngecas baterai motor listrik, sebelum benar-benar habis dan motor mogok, atau ketika indikator berwarna merah.

“Karena jika batrai motor listrik sampai habis total, maka batrai motor listrik bisa drop, jadi mengisi ulangnya cukup lama ketimbang masih ada sedikit kemudian diisi ulang,” Ujar Andri. Andri menampik anggapan, bahwa jika sering mengisi batrai motor listrik dari nol bisa membuat baterai cepat rusak. Tetapi juga mengiyakan kalau mengisi daya sebelum bebar-benar habis bisa membuat masa hidup baterai pada motor listrik lebih lama.

Viral :   Fungsi Brush Motor Starter Dan Efek Brush Aus