Penyebab Ampere Motor Listrik Tinggi

Penyebab Ampere Motor Listrik Tinggi

Penyebab ampere motor listrik tinggi sering kali jadi pertanyaan yang belum terselesaikan. Maka dari itu kami akan menjelaskan kepada anda terkait hal ini. Jadi kira-kira apa yang membuat ampere motor listrik  khususnya pada motor 3 phase? Yuk simak sampai akhir. Sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu mengetahui apa sih yang dimaksud dengan motor 3 phase.

Motor 3 Phase

Motor 3 phase merupakan motor yang dipakai untuk mendapatkan energi mekanik. Jadi terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi jika ampere pada motor 3 phase ini mendapatkan energi mekanik dan biayanya saat ampere nya tinggi ini menendakan adanya gelaja yang tidak sehat saat menggunakan motor 3 phase dalam keadaan memikul beban. Untuk mengetahui ampere yang tinggi pada motor listrik 3 phase bisa anda lihat pada alat navigasi instrument di panel penunjuk arus yaitu ampere meter lebih besar dari kapasitas amper maksimal. Maka anda harus melakukan pengecekan untuk motor listrik jenis ini supaya dapat nomal kembali dan ampre nya bisa turun. Berikut ini beberapa faktor amper atau konsumsi arus besar pada indikator pengukuran arus yaitu amper meter di panel rangkaian kontrol:

  • Arus bocor
  • Penggunaan poli yang tidak sesuai
  • Beban lebih besar dari kapasitas maksimal motor 3 phase
  • Bearing (klaher)

Berikut ini penjelas lengkapnya.

1. Bearing

Bearing isa menjadi dalah satu penyebab amper motor listrik menjadi tinggi. Hal ini biasanya terjadi pada bearing yang terdapat di shaft rotor. Seperti yang kita ketahui bila bearing sudah rusak maka indikator jarum amper metter yang terdapat pada panel akan naik dan inilah yang dapat membuat suhu panas di kumparan karena kelibahan arus. Jika bearing (klaher) rusak maka shaft rotor menjadi kurang maksimal untuk berputar, bisa jadi berat serta menyebabkan arus di panel navigasi penunjukan amper meter tadi akan naik. Maka dari itu kami menyarankan untuk melakukan pengecekan di bagian shaft sebelum membuka tutup di motor 3 phase dengan cara menetik shaft rotor serta mendorongnya jika ternyata goyang maka dipastikan akan menyebabkan amper naik.

Viral :   5 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Motor Nmax 2021

2. Beban yang berlebihan

Diantara penyebab amper motor listrik naik adalah beban yang berlebihan dari penggunaan kapasitas motor 3 phase/ motor induksi 3 phase. Hal ini terjadi bisa saja karena anda salah membeli atau bahkan salah dalam penggunaan motor, misalny seperti yang kita ketahui bahwa jika semakin berat beban dari kapasitas maksimum maka motor tersebut akan rusak. Contohnya jika beban motor 0.75 kw anda gunakan untuk memutar beban 100 kilo tentu hal ini tidaklah wajar. Sebab daya motor sangat kecil. Maka dari itu, pastikan motor lebih besar kapasitas maksimalnya dan beban yang dipakai pun juga akan lebih pas suapaya anda tidak mengeluarkan biaya tambahan lagi ketika memakai motor 3 phase untuk mendapatkan energi mekanik. Untuk masalah ini kami menyarankan baca name plate motor supaya anda tidak keliru lagi dalam memilih motor 3 phase dalam penggunaan energi mekanik.

Viral :   Keren Abis! 10 Tips Modifikasi Motor Aerox Terbaru Tahun 2023

3. Pemakaian pli yang tidak sesuai

Penggunaan pol yang tidak pas juga sering kali menjadi penyebab amper motor listrik tinggi. Sebenarnya teorinya begini, ketika kita memakai sepeda bergigi jika gear semakin besar maka kita akan terasa ringan untuk mengayuh sepeda. Dan hal ini tentu sama halnya denan motor 3 phase dimana bilakita memakai poli dengan perbandingan contohnya 1:1 maka bisa dipastikan beban tersbut akan sama rata. Maka dari itu saran kami gunakanlah poli yang baik supaya torsi serta ampere nya selaras.

4 Arus Bocor

Selanjutnya yang jadi penyebab ampre motor listrik naik ialah arus yang bocor. Hal ini bisa kita ketahui dengan memegang bagian bodi motor 3 phase yang terasa sedikit nyetrum. Adapun penyebab arus bocor sendiri bisa jadi karena dibagian kumparan isolasi terkelupas dan isolasi ini berbahan sirlak. Isolasi ini berfungsi untuk melapiasi kawat email supaya satu sama lain di kumparan tersebut tidak bersentuhan. Maka dalam hal ini kami sangat menyarankan jika pada bagian kumparan terlihat mengelupas maka segera semprotkan sirlak untuk menutup kumparan yang tadi sudah terkelupas