5 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Motor Nmax 2021

5 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Motor Nmax 2021 – Kehadiran skuter matic menjadi alternatif kendaraan yang banyak menyita perhatian dan menarik minat para pengguna kendaraan roda dua. Perusahaan-perusahaan ternama pun bersaing meluncurkan produk terbaiknya, salah satunya adalah Yamaha dengan jagoannya, motor Nmax 2021.

Yamaha Nmax 2021 sudah dirilis lebih awal, yakni pada bulan November 2020 di Brazil. Apa saja yang perlu diketahui para pencinta motor tengan kendaraan yang satu ini? Ini dia ulasannya.

5 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Motor Nmax 2021

Skuter matic Nmax 2021 merupakan kendaraan roda dua dengan kapasitas murni mesin 155 cc. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki Yamaha Nmax 2021, ada lima hal yang perlu diketahui.

  • Varian Nmax 2021

Yamaha meluncurkan Nmax 2021 dengan tiga jenis varian. Dengan spesifikasi sama, perbedaan di antara ketiganya terletak pada fitur-fiturnya. Ketiga varian tersebut adalah:

  1. All New Nmax 155 Standard
  2. All New Nmax 155 Connected
  3. All New Nmax 155 Connected/ABS Version
  • Spesifikasi Motor Nmax 2021

Motor Nmax 2021 mengandalkan mesin Liquid Cooled 4-stroke, SOHC, VVA dengan single cylinder dan volume silinder 155 cc. Daya maksimum yang dihasilkan adalah 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 13,9 pada 6.500 rpm.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Knalpot Jupiter Z Racing Tridente

Starter menggunakan sistem elektrik, transmisi otomatis, kopling single dry clutch, sistem bahan bakar fuel injection, sistem pelumasan wet sump, kapasitas oli mesin 0,9 liter.

Untuk dimensi, motor ini memiliki ukuran panjang 1.935, lebar 740, dan tinggi 1.160 mm. Jarak sumbu roda adalah 1.340 mm, jarak terendah ke tanah 124 mm, dan tinggi tempat duduk 765 mm. Berat isi untuk tipe Standard dan Connected 130 kg dan tipe Connected ABS 132 kg. Ketiganya memiliki tangki bensin dengan kapasitas 7,1 liter.

Rangka motor menggunakan tipe underbone, suspensi depan telescopic dan belakang unit swing. Tipe ban yang digunakan adalah jenis tubeless dengan rem depan maupun belakang menggunakan hydraulic single disc brake. Untuk bagian kelistrikan, sistem pengapian menggunakan TCI, baterai YTZ6V, dan tipe busi NGK/CPR8EA-9.

  • Fitur

Fitur standar yang terdapat pada motor Nmax 2021 adalah  mesin baru 155 cc VVA (variable valve actuation) yang memiliki tenaga dan torsi merata pada tiap putaran.

Pada saat di-starter, suaranya terdengar halus karena sudah menggunakan teknologi smart motor generator (SMG). Teknologi ini juga membuat motor irit bahan bakar karena berperan dalam pengoperasian stop & start system (SSS).

Sistem pengereman juga dapat diandalkan karena menggunakan cakram depan dan belakang. Motor ini juga dilengkapi power socket sehingga Anda bisa membawanya untuk perjalanan jauh tanpa khawatir kehabisan baterai.

Viral :   Jenis Kunci Gembok Motor Terbaik, Aman Parkir Dimana Saja

Pada tipe Connected, terdapat tambahan fitur CCU dan smart key system. Fitur CCU menghubungkan motor ke smartphone melalui aplikasi Y-Connect sehingga Anda bisa menerima informasi notifikasi telepon dan pesan, lokasi parkir, kondisi bahan bakar dan aki, pemakaian BBM, serta notifikasi jika terjadi malfungsi.

Untuk varian tertinggi, yaitu tipe Connected ABS, selain fitur yang ada pada dua varian lainnya, terdapat dua tambahan fitur lain. Pertama, fitur traction control system (TCS) yang mengurangi risiko ban belakang selip. Kedua, anti-lock braking system (ABS) dual channel yang membuat pengereman lebih stabil dan aman saat mengerem mendadak.

  • Harga Nmax 2021

Harga Nmax berbeda-beda sesuai variannya dengan selisih harga sekitar Rp1 juta sampai Rp2 juta. Harga termurah ada pada seri Standard, sedangkan seri Conngected/ABS Version dibanderol dengan harga termahal. Berikut kisaran harganya.

  1. All New Nmax 155 Connected ABS : Rp33.750.000
  2. All New Nmax 155 Connected : Rp31.000.000
  3. All New Nmax 155 Standard : Rp29.750.000
  • Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan motor Nmax 2021 adalah desain yang makin mewah, teknologi premium, bisa terkoneksi dengan smartphone, harganya cukup terjangkau. Namun, motor ini memiliki beberapa kekurangan, yaitu bagasi belum optimal, pilihan warna kurang berani, dan posisi riding kurang nyaman.