Ketahui Plus Minus Motor Listrik si Gesits Sebelum Membelinya

Ketahui Plus Minus Motor Listrik si Gesits Sebelum Membelinya – Indonesia boleh berbangga dengan kehadiran motor listrik si Gesits karena merupakan hasil karya anak bangsa. Berawal dari kerja sama antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November pada tahun 2018, motor ramah lingkungan ini kemudian resmi diluncurkan pada tahun 2019.

Sebagai sebuah produk baru, Gesits memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui oleh para calon penggunanya.

Ketahui Plus Minus Motor Listrik si Gesits Sebelum Membelinya

  • Spesifikasi Motor Listrik si Gesits

Penggunaan energi listrik pada motor Gesits jelas menjadikan kendaraan ini sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Kehadirannya memberikan alternatif baru bagi masyarakat untuk ikut berperan dalam menurunkan konsumsi BBM dan mengurangi polusi udara.

Selain ramah lingkungan, masih banyak kelebihan lain yang dimiliki kendaraan ini. Berikut uraian lengkapnya.

  • Penggunaan Energi Efisien

Motor listrik ini dirancang untuk mampu menggunakan energi secara efisien. Untuk sekali pengisian ulang yang membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam, kendaran bisa dipacu untuk menempuh jarak sejauh 80–100 km. Tenaga listrik motor ini datang dari baterai jenis Lithium Ion dengan kapasitas sampai 5.000 WH.

  • Terkoneksi dengan Smartphone

Sebagai respons terhadap penggunaan smartphone yang sangat tinggi di masyarakat, Gesits juga didesain dengan panel speedometer yang terkoneksi dengan sistem berbasis Android.

Viral :   Teknologi CCU Yamaha NMax 2021, Fitur Pintar Terbaru

Jadi, Anda bisa memantau status si Gesits, seperti kecepatan, kapasitas baterai, dan rpm melalui layar smartphone Anda dengan cara meng-install software khusus.

  • Memiliki Rangka yang Kokoh

Menggunakan sasis turbular dengan kapasitas beban hingga 150 kg, motor listrik si Gesits dibekali dengan rangka yang kokoh, meskipun bodi motor ini terlihat ramping.

Tangki bahan bakar pada motor biasa digantikan dengan tempat untuk menyimpan removable battery. Jadi, tak perlu khawatir jika kehabisan daya di tengah jalan karena Anda bisa langsung menukarnya dengan baterai yang sudah terisi penuh.

  • Stabil pada Jalanan yang Tidak Rata

Motor listrik Gesits dilengkapi suspensi tipe Telescopic Shock  pada bagian depan dan Swing Arm with Mono Shock pada bagian belakang. Keduanya akan memberikan kenyamanan karena motor ini akan mampu berjalan dengan stabil, meski melewati jalanan yang tidak rata.

  • Performa Serupa Motor Matic

Teknologi mesin yang digunakan pada Gesits tidak hanya bebas emisi, tetapi juga memiliki daya motor sebesar 5KW dan mampu berakselerasi dengan kecepatan 100 km/ jam. Artinya, motor listrik ini juga tidak kalah dengan motor matic bermesin 125 cc.

  • Dilengkapi Day Running Light

Desain sporty pada motor listrik si Gesits ditunjang dengan lampu Day Running Light (DRL) yang memanjang pada bodi bagian sampingnya. Lampu ini berfungsi sebagai lampu sein dan stop lamp.

  • Kekurangan Motor Listrik Saat Ini

Di samping kelebihannya, Gesits juga memiliki beberapa kekurangan terkait dengan penggunaan sumber energinya yang menggunakan listrik. Kekurangan ini perlu juga untuk diperhatikan oleh para calon konsumen supaya bisa diantisipasi dengan baik.

Viral :   Modifikasi NMAX 2021 Dengan Konsep Simpel

Karena teknologi kendaraan listrik (baik mobil maupun motor) masih tergolong baru, apalagi di Indonesia, maka stasiun pengisian daya juga masih sangat terbatas. Meskipun disediakan baterai cadangan, Anda tetap perlu memperhitungkan dengan benar ketika hendak menggunakan kendaraan ini untuk jarak tempuh yang cukup  jauh.

Selain itu, jaringan bengkel resmi untuk servis motor listrik juga masih sangat jarang. Ketika baterai mengalami masalah atau ada komponen motor yang rusak, tentu masih cukup sulit dan lama untuk mendapatkan yang baru.

Yang perlu juga dipertimbangkan adalah terkait keamanan penggunaan motor ketika terjadi banjir. Untuk genangan yang masih normal, Anda memang tak perlu khawatir karena pihak pabrikan sudah membekali motor ini dengan sistem pengamanan kelistrikan. Namun, pada kondisi banjir, hal ini mungkin bisa berbahaya.

Meskipun memiliki kelemahan, bukan berarti motor listrik si Gesits tidak menarik. Selama Anda bisa mengantisipasi kekurangan tersebut, tidak ada salahnya Anda memilih kendaraan ini sebagai sarana transportasi andalan sehari-hari.