Motor Listrik Buatan Pindad
Motor Listrik Buatan Pindad

Motor Listrik Buatan Pindad

Motor listrik buatan pindad – PT Pindad (Persero) telah memperkenalkan prototipe motor listriknya di Mandalika bersamaan dengan gelaran World Superbike (WSBK) di akhir pekan kemarin. Yang mana motor listrik buatan Pindad itu diberi nama MotoEV.
Direktur Strategi Bisnis PT Pindad (Persero), Syaifuddin telah menyampaikan bahwa motor listrik MotoEV ini akan menjadi salah satu produk unggulan Pindad untuk menjawab kebutuhan kendaraan listrik dan juga untuk mendukung program pemerintah.

Motor Listrik Buatan Pindad

Saat ini pindad telah menyelesaikan salah satu dari inovasi pengembangan produknya yaitu motor listrik. Yang diharapkan akan menjadi jawaban atas kebutuhan kendaraan listrik di masa depan, dan sesuai dengan misi pemerintah untuk menghadirkan kendaraan listrik yang akan men-support program pemerintah, dari sisi efisiensi energi yang sangat ramah lingkungan. Sehingga ini akan menjadi salah satu produk unggulan buatan Pindad,” ujar Syaifuddin dalam keterangan tertulis”.

Viral :   Spesifikasi Lengkap Honda Beat Terbaru 2021 Beserta Harganya

Motor listrik MotoEV ini disebut murni buatan Pindad. Motor listrik MotoEV ini ke depannya diharapkan menjadi produk yang akan dipasarkan baik di pasar lokal maupun pasar global. Dan ini sesuai dengan rencana jangka panjang Pindad, untuk menjadi salah satu dari 100 besar perusahaan pertahanan global di tahun 2024 mendatang.

Keunggulan utama motor listrik MotoEV ini ialah murni buatan Pindad hasil dari inovasi dan pengembangan dari anak bangsa dan memiliki TKDN (komponen lokal) yang tinggi.

MotoEV ini merupakan motor listrik dengan kekuatan 5 kW. Motor MotoEV ini telah dibekali baterai lithium dengan waktu charging selama kurang lebih 3-4 jam. Sekali cas penuh, motor MotoEV dapat menempuh jarak tempuh hingga 100 km.

Motor listrik MotoEV ini juga bisa diajak ngebut. Kecepatan maksimal motor listrik MotoEV buatan Pindad ini bisa mencapai 120 km/jam. Motor listrik MotoEV ini juga akan memberikan penghematan yang cukup besar dari sisi penggunaan bahan bakar,” sebut Pindad.

Viral :   Skutik Premium Honda Vario 160 Resmi Meluncur

Motor listrik MotoEV ini telah didesain ala motor supermoto dengan ban aspal. Pindad sengaja mendesain motor listrik MotoEV ini untuk multi-purpose, sehingga dapat digunakan di segala medan secara maksimal baik di bidang pertahanan, industrial ataupun bidang-bidang lainnya yang membutuhkan mobilisasi cepat, dengan efisiensi energi yang juga ramah lingkungan.

Syaifuddin juga telah mendorong adanya kolaborasi dalam pengembangan kendaraan listrik di antara produsen kendaraan listrik di dalam negeri.

“Sudah saatnya untuk kompetisi bergeser menjadi kolaborasi. Kalau kompetisi muncul biaya yang besar, dan sedangkan kolaborasi hasilnya efisiensi,” katanya sih.

Tahap berikutnya Pindad akan melakukan pengembangan rangka dan juga body kendaraan dan juga akan membuka kesempatan untuk menjalin kolaborasi dengan mitra yang kompeten dalam hal baterai, controller dan komponen lainnya.