Motor Listrik Termahal Sedunia
Motor Listrik Termahal Sedunia

Motor Listrik Termahal Sedunia

Motor listrik termahal sedunia – Motor listrik ini secara resmi telah masuk ke Indonesia lewat Utomo Corp. Yang mana perusahaan tersebut juga memegang beberapa merek motor seperti Italjet, Niu dan Royal Alloy. Motor listrik termahal sedunia itu di beri nama Energica Ego+. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang motor listrik termahal sedunia.

Motor Listrik Termahal Sedunia

Motor listrik Energica Ego+ ini memiliki cap termahal, memilki tenaga dan juga torsi yang cukup besar. Bahkan boleh jadi tenaga dan torsi yang dimiliki motor listrik Energica ini menjadi yang terbesar di Indonesia. Hal tersebut wajar saja, karena motor listrik Energica Ego+ yang merupakan merek asal Italia ini, memang fokus ke performa. Motor listrik Energica Ego+ ini sudah tak asing lagi di telinga pecinta balap motor.

Bahkan salah satu promosi yang dilakukan oleh motor listrik Energica Ego+ ialah dengan menjadi satu-satunya suplayer balap MotoE, kelas khusus balap motor listrik di serinya MotoGP. Motor listrik Energica Ego+ ini menggunakan dinamo jenis HSM (Hybrid Synchronous Motor) Liquid-Cooled 3-Phase – 300 V – 12.000 rpm dengan Adaptive Control Inverter.

Viral :   Yamaha R6 Berhenti Produksi 2021, Ketahui Alasannya

Motor listrik Energica Ego+ ini merupakan hasil kerjasama dari Energica dan Mavel, makanya disebut EMCE. Adapun EMCE, ini merupakan kepanjangan dari Energica – Mavel Co-Engineered Motor & Inverter.

Urusan dinamo motor listrik dan inverternya, telah didesain memiliki satu kesatuan sistem pendinginan cairan, sehingga lebih simpel dan juga ringan. Ukuran radiatornya sangat mungil mirip oil cooler, dengan posisi layaknya radiator pada motor umumnya, yaitu di belakang roda bagian depan.

Power motor listrik EMCE ini tergolong besar, puncaknya mencapai 169 dk dengan keluaran rata-rata secara terus-menerus 147 dk.

Akan tetapi untuk torsinya bikin tercengang, yaitu sebesar 215 Nm, hampir 2 kali lipat torsi Kawasaki Ninja ZX-10R yang sebesar 114,9 Nm. Jadi tak heran jika klaim akselerasinya tergolong cepat, 0-100 km/jam hanya 2,8 detik, sedangkan klaim top speed-nya hanya 240 km/jam.

Menjadi khas pada motor listrik memang torsi awalnya cukup kuat, akan tetapi bagian tengah ke atasnya biasa saja, mirip mesin bensin dengan konstruksi overstroke. Yang perlu Anda ketahui ialah, seperti EV (electric vehicle) pada umumnya, Ego+ transmisinya hanya single speed. Jadi untuk mengendarainya Anda tinggal gas rem saja, tidak ada perpindahan gigi ataupun kopling.

Viral :   Industri Otomotif India Unjuk Gigi Dengan Menghadirkan Motor Listrik Ola Yang Canggih dan Murah

Didalam motor listrik Energica Ego+ terdapat oli pelumas, yang harus dilakukan penggantian tiap 30.000 km. Sedangkan untuk radiator coolant atau pun cairan radiatornya diganti di setiap 45.000 km. Energica telah membekali Ego+ dengan 4 pilihan Riding Modes, yaitu ada Eco, Standard, Wet, dan juga Sport.

Yang mana Ego+ ini menggendong baterai lithium polymer yang berkapasitas 21,5 kWh sebagai sumber tenaganya dengan dimensi yang besar. Karena dimensinya sangat besar, maka penempatan baterai tersebut menghabiskan ruang di balik fairingnya.

Untuk pengisian ulang baterai motor listrikEnergica Ego+ ini ada 2 slot, yaitu secara DC buat fast charging atau AC yang slow. Slot pengisian terletak tepat di bawah jok pengendara, yang mana di sebelahnya juga terdapat kipas pendingin untuk mendinginkan controller.

Spesifikasi listrik yang dibutuhkan untuk pengisian ulang daya motor Energica Ego+ ialah sebesar 3.000 watt. Untuk harga motor Energica Ego+ telah dibanderol dengan harga 962 juta untuk on the road Jakarta. Yang mana harga ini setara dengan 16 Honda BeAT yang dijual Rp 17 jutaan.