Pilihan Motor Trail Mini 2021, Cocok untuk Pemula

Keberadaan dan kemunculan kendaraan offroad ternyata tidak hanya menarik perhatian orang dewasa, tetapi juga dari kalangan anak-anak. Kenyataan tersebut membuat perusahaan otomotif di banyak negara juga turut mengembangkan motor trail mini  yang diperuntukkan khusus keperluan balap dan digunakan untuk jarak pendek.

Karena tergolong mainan, kendaraan ini tidak dapat dilengkapi dokumen perjalanan. Karena kenyataan tersebutlah, peruntukannya hanya untuk menyalurkan hobi anak-anak.

Sama juga dengan motor offroad umumnya yang didesain untuk mengatasi medan terjal dan ekstrem, armada ini pun demikian. Sebisa mungkin, berkendara dengan motor ini tidak dilakukan di jalan umum. Selain ukurannya yang jauh lebih kecil, tingkat keamanannya pun semakin rendah. Jadi, gunakan di lintasan yang tepat.

List Motor Trail Mini Indonesia

Di pasaran otomotif nasional, kendaraan ini ternyata juga telah banyak dijual. Banyak orang tua dan pengembang tempat wisata yang membutuhkannya guna memenuhi kebutuhan akan wahana bermain atau sarana hiburan. Ini dia daftar list motor trail mini di pasaran Indonesia saat ini.

  1. KTM

Motor trail ini amat sesuai bagi pemula atau penggemar dan telah tersedia di pasar Indonesia dengan merek KTM. Terdapat berbagai model dan yang sering diburu adalah KTM seri 50SX, KTM seri 65 SX dan KTM seri 85 SX.

Viral :   Hobi Main Motor Offroad? Kenakan Perlengkapan Wajib Ini

Untuk urusan harga armada dengan ukuran kecil, merek ini terbilang mahal bila dibandingkan dengan kendaraan serupa yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Seri KTM ini dihargai sekitar Rp65 jutaan rupiah.

Harga yang cukup fantastis itu lumayan jika mengingat kendaraan ini hanya digunakan untuk hiburan. Namun, bagi yang memang hobi, tidak ada salahnya untuk membeli jika memang spesifikasi dan tingkat keamanan serta kenyamanannya sesuai dengan harga yang ditawarkan.

  1. Kawasaki Z150Pro Special Edition

Motor trail mini berikutnya datang dari merek Kawasaki yang merupakan ahli di bidang kendaraan offroad. Seri Z150Pro special edition ini telah diberi mesin yang memiliki kapasitas 125 cc. Mesin ini mampu mengeluarkan daya sebesar 9,4 ps pada putaran 7.500 rpm.

Kendaraan mini ini dibuat dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini karena dilengkapi sistem pembakaran yang memakai teknologi electronic injection. Di sisi keamanannya, roda sisi depan dan sisi belakangnya telah dibekali teknologi pengereman cakram.

Suspensi sisi depannya telah memakai jenis upside down 30 mm. Untuk harga, kendaraan mini ini dibanderol sekitar Rp33 jutaan rupiah, harga yang cukup besar untuk ukuran kendaraan yang begitu kecil.

  1. Viar Cross X100

Viar Cross X100 adalah model motor jenis trail yang ikut meramaikan bursa kendaraan ukuran kecil di negara kita. Armada ini telah dibekali oleh permesinan dengan kapasitas 100 cc dan tipe mesin SOHC, 4 tak, serta transmisi 4 kecepatan.

Viral :   Undang-undang Ini Atur Larangan Aktivitas saat Bermotor

Suspensi di sisi depannya telah memakai tipe upside down, sedangkan sisi belakangnya menggunakan tipe monoshock. Ban depannya dilengkapi disc brake plate 220 mm dan ban sisi belakang memakai disc brake plate berukuran 200 nm.

Untuk harganya, Viar Cross X100 ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan kendaraan lainnya, yaitu berkisar pada angka Rp9 jutaan rupiah.

  1. Benelli TnT 135

Meskipun motor kecil ini diperuntukkan bagi anak kecil, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh orang dewasa juga mengingat motor trail mini punya kekuatan tangguh juga.

Guna melengkapi ketangguhannya, sepeda motor ini dilengkapi rmesin berkapasitas 135 cc. Mesin yang kapasitasnya tergolong besar untuk motor ukuran mini ini dapat mengeluarkan daya hingga 9,5 kW di 9.000 rpm.

Di sisi depannya, telah ditambahkan sistem suspensi bertipe upside down berukuran 41 mm dan pada belakangnya digunakan single shock. Adanya suspensi ini dapat memberikan pengalaman yang beda-beda kepada setiap pengendaranya. Motor kecil ini dihargai sekitar Rp40 jutaan rupiah.