Kelebihan dan Kekurangan Motor Vixion
Motor Vixion OLD

Kelebihan dan Kekurangan Motor Vixion OLD

Kelebihan dan Kekurangan Motor Vixion OLD alias lawas akan kita kupas pada artikel kali ini. Peluncuran pertama kali Motor Vixion OLD ini pada tahun 2017 silam menantang sang juara sport di masa itu kelas 150cc yakni Megapro. Motor Vixion hadis dengan mesin pengembangan dari mesin Yamaha Jupiter MX yaitu SOHC 4 klep dengan kapasitas ruang bakar diperbesar menjadi 149,8 cc. Pada edisi pertamanya, Motor Vixion old mengusung konsep klaik dan modern yakni menggunakan headlafmp bundar sertasais delta box. Berikut beberapa  varian motor Vixion Old dari tahun ke tahun:

  • Vixion Face Lift Pertama (2010 – 2012)
  • Yamaha New Vixion Lightning (2012 – 2015) Face Lift 2
  • Yamaha New Vixion Advance (2015 – 2017) Face Lift 3
  • All New Yamaha Vixion & All New Yamaha Vixion R (2017) Face lift 4

Berkaitan dengan Kelebihan dan Kekurangan Motor Vixion OLD, jika dilihat dari beberapa edisi diatas, Pada April yaitu saat peluncuran All New Yamaha Vixion & All New Yamaha Vixion R yang membawa perubahan yang cukup gahar & signifikan pada bagian desain serta mesinnya. Diantaranya tampilan serta fitur kekinian mulai dari spidometer full digital, lampu full LED untuk depan – belakang, lampu hazard, dan juga rear sepatbor belakang model gantung. Terutama pada All New Yamaha Vixion R mengusung tampilan yang lebih kekar dan sporti berkat swing arm banana, profil ban belakang 130/7017, pelek palang milik All New R15, dan juga foot stepp racing.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Vixion

Kelebihan edisi  2010 – 2012

  • Lincah, handling cukup ringan serta nyaman dikendari
  • Mesin terbukti bandel, karena menurut salah satu pengguna meski sudah menginjak 10 tahun lebih tapi masih eksis bersaing dengan motor baru.
  • Performa yang mantap dengan akselerasi diputaran menengah ke atas yaitu di atas 6000 rpm.
  • Bodi atau tampilan yang keren pada masanya karena di padu dengan deltabox.
  • Konsumsi bahan bakar yang irit.
  • Mudah untuk dimodifikasi
  • Menggunakan sistem radiator
  • Harga jual kembali lumayan tinggi (tidak mudah anjlok harganya)
  • Diklaim memiliki seher lebih baik dibanding model barunya
  • layanan 3s nya melimpah ada dimana – mana.

Kekurangan edisi 2010 – 2012

  • Dikenal dengan home steer oblak serta harganya yang terbilang mahal
  • Leher knalpotnya mudah menguning
  • Oper gigi agak keras serta terdengar blethak dari gigi 1 ke gigi 2
  • Sering mengalami masalah karat pada sambungan – sambungan bagian rangka dalam
  • Beberapa media menyamoaikan bahwa kokmponen fuel pump kadang bermasalah jika terlalu lama terkena terik matahari.
  • Tenaga asa nngempos pada gigi 2 & 3 jika dipaksa tarikgas pol, maka harus di oper ke gigi yang lebih tinggi atau ke rendah

Cara perawatan motor Vixion old

  • Panaskan kendaraan setiap pagi

Tujuan dari memanaskan ini agar pembakaran yang langsung di ruang pembakaran bisa sempurna dan juga agar oli mesin dapat menyebar keseluruh bagian mesin. Tak hanya itu, ternyata dengan memanaskan kendaraan di pagi setiap hari dapat melapisi semua komponen mesin hingga di celah-celah terkecil seperti di bagian piston dan dinding piston. Sebab oli yang hanya terdiam saha selama satu malam akan kembali mengental sehingga diperlukannya pemanasan supaya oli menjadi lebih encer kembali supaya lebih mudah masuk pada celah-celah tersebut. Anda cukup memanaskan sepeda motor vixion old anda kurang lebih 15 menit saja. Mudah dilakukan bukan?

  • Periksa ketersediaan bakar

Cara merawat motor vixion old selnjutny ilah dengan selalu memeriksa ketersediaan bhan bakarnya. Ingat, motor yang sudah memakai teknologi injeksi berarti pompa bahan bakarnya telah disematkan versi elektrik dalam tangki bahan bakarnya. Dalam ini pasti ada beberapa pantangan yang harus dihindari seperti jangan sampai tangki bahan bakar motor benar-benar kosong sama sekali. Maka pastikan selalu memantau indikator bensin pada speedometer apakah bahan bakar masih tersedia ataukah sudah sepempat atau bahkan sudah hampir habis.

Perlu diketahui, kebiasaan mengisi tangki bahan bakar dalam kondisi kosong dapat membuat kerja pompa menjadi tidak stabil. Apalagi jika ditambah dengan kotoran misalnya seperti endapan halus pada dasar tangki maka akan lebih mudah terhisap oleh pompa. Kemudian pompa tersebut tentu akan tersumbat karena saringan nya mudah kotor. Apalagi jika kotoran akan terbawa sampai nozel injektor serta menyababkan spraying atau pengkabutan yang akhirnya menjadi tidk maksimal. Maka ketika indikator bensin sudh pada garis tengah, segeralah isi ulang bahan bakar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

  • Penggantian oli secara berkala

Biasanya mesin kendaraan bermotor akan tertera untuk pemakaian 1500/km-4000/km. Sementara untuk pemakaian 4000/km umumnya oli tersebut dijual cukup mahal. Untuk motor honda dan oli yang dipakai yaitu ahm oil, dimana pabrikan sendiri yang merekomendasikannya untuk mengganti setiap 4000/km. Dan ingat, anda jangan sampai menunggu hingga kilimeternya 2000/4000 km. Jadi gantilah oli mesin segera setiap perperiode sesuai dengan jarak tempuh motor yang anda pakai setiap harinya. Sebagai pengendara tentu anda mengetahui berapa jarak yang di tempuh setiap harinya, walaupun jarak tempuhnya pendek tetapi bila terlalu sering dipakai setiap harinya maka usahakan untuk menggantinya setiap 1 bulan sekali. Sebab jika dihitung-hitung selama 1 bulan jadi jarak total yang ditempuh lumayan banyak. Misalnya jika jaraknya pendek yang di tempuh setiap sebulannya 200/km hingga 500/km, jiak dari pengalaman pengendara yang lain direkomendarikan untuk menggantiolinys yaitu 1,5 bulan sekali. Sedangkan imtuk jarak tempuh menengah sekitar 501/km hingga 200/km maka perlu melakukan penggantian oli minimal 1 bulan sekali

  • Perangkat elektronik

Perawatan motor vixion old selanjutnya yaitu dengan memperhatikan seluruh bagian kelistrikannya. Pada kelistrikan vixion sangat rentan. Tidak seperti motor biasa, sepeda motor vixion ini tetap memerlukan suplai listrik yang lebih banyak sehingga aki serta kabel tidak boleh terganggu. Penggunaan perangkat wlektronik tambahan dapat mengganggu kelistrikan vixion, misalnya seperti penggantian klakson berdaya besar, pemasangan alrm atau lampu H.I.D. Kondisi aki yang harus selalu keadaan 100% baik dapat terce,ar oleh penmabahan pernak pernik elektronik tadi. Untuk itu, hindari;ah pemakaian alat tambahan yang bersifat hanya sebagai aksesoris saja sebab hal ini justru akan memperpendek usia aki yang alhirnya berimbas pada gangguan kinerja injeksi. Maka dari sini kami sangat menyarankan untuk melakuakn pengecekan aki secara rutin meski[un aki masih dalam kondisi baru.

  • Pilih bahan bakar yang berkualitas

Bahan bakar yang berkadar sulfur tinggi yang terkadang menjadi ‘hantu” bagi kendaraan injeksi juga berlaku untuk vixion. Gunakanlah selalu bahan bakar yang berkualitas dengan kadar RON diatas 88. Hal ini karena bahan bakr yang bersulfur tinggi seringkali dapat menyerang fuel pump injeksi ada di premium TT punya pertamina. Selain itu kendaraan yang digunakan untuk menunjang mobilitas sehari-hari memang sudah seharusnya di suplai dengan bahan bakar yang berkualitas diatas RON 88 karena berasio kompresinya diatas 9,5:1.

Viral :   Silikat pada Rangka Motor: Manfaat & Cara Kerjanya

All new Yamaha Vixion 2022

Salah satu sepeda motor Yamaha yang. Paling populer di tanah air ialah Vixion. Dimana motor ini bermesin 150cc memang menjadi pilihan banyak orang sebab memberikan desain yang sporty serta performa mesin yang cukup bertenaga dan tetap irit bahan bakar. Kali ini Yamaha melakukan perubahadan cukup besar pada generasi barunya sehingga Yamaha menyebutnya all new yamaha vixion. Tak hanya desainnya yang berubah total namun fitur-fitur baru siap dioptimalkan pada sepeda motor sport ini.

Spesifikasi performa mesin

Fitur assist dan slipper clutch akan meningkatkan performa akselerasi all new Yamaha Vixion 2021 sehingga anda dapat berkendara lebih kencang lagi. Fitur assist ini berfungsi untuk meringankan kopling serta fitur slipper clutch untuk menghaluskan perpindahan gigi. Selain itu, sepeda motor sport ini juga di lengkapi dengan teknologi forged piston dan diasil cylinder yang membuat daya tahan mesin 3x lebih awet, 3x lebih kuat serta di klaim membuat piston 3x lebih ringan.

Viral :   Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Maxxis

Seluruh fitur tersebut akan mengoptimalkan kinerja mesin SOHC dengan kapasitas 149.8 cc, sehingga dapat menghasilkan  tenaga maksimal sebesar 12.2 KW pada 8.500 rpm. Sementara torsi yang dihasilkannya mencapai 14.5 Nm pada 7.500 rpm. Supaya suhu mesin tersebut tetap stabil, maka kini Yamaha melengapinya dengan sistem pendingin Liquid Cooled yang membuat performa mesin menjadi selalu maksimal. Tak hanya itu, teknologi Fuel Injection juga dimilikinya sehingga membantu mesin semakin bertenaga, irit bahan bakar dan juga  responsif.

Desain & Dimensi

Perlu diketahui bahwa mesin pada all new Yamaha Vixion 2021 masih sama dengan msin yang digunakan pada Vixion Advance. Jadi anda akan mendapatkan sebuah motor sport dengan kapasitas 150 cc yang irit bahan bakar dan juga bertenaga. Namun jika tenaganya masih dirasa kurang, maka anda dapat memilih All new vision R dengan kapasitas mesin 155 cc dan berteknologi VVA. Yamaha memang menawarkan dua varian berbeda yang akan mempengaruhi harganya namun tetap terjangkau oleh kantong.

Adapun harga all new Yamaha vixion masih dibawah 30 jutaan, sehingga tentu masih dapat menjadi alternatif selain Honda CB150R atau Suzuki GSX-S150. Apalagi Yamaha vixion mempunyai fitur yang cukup lengkap serta desain yang tak kalah sporty. Untuk desainya ukuran dimensi panjang 1.955mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.025 mm. Demi menunjang kenyamanan pengemudi maka sepeda motor sporty ini mempunyai tinggi tempat duduk 795 mm serta bobotnya didesain ringan yakni hanya 132 kg saja.

Fitur-fitur andalan

Desain tangki yang lebih sporty dan mampu menampung bahan bakar sampai 12 Liter. Perubahan lainnya juga tampak di bagian depan dan belakang. Dimana All new Yamaha vixion lampu depan berteknologi LED yang sengaja di rancang dengan desain agredif supaya lebih terlihat sporty. Bukan hanya bagian depan saja, lampu bagian belakang / tail light juga memakai lampu LED, dan terdapat juga spakbor belakang gantung / mud guard yang dapat di lepas untuk menambah kesan tampilan sporty pada kendaraan ini.

all new vixion juga dilengkapi dengan speedometer digital yang membuat kendaraan ini terlihat lebih modern dan tak kalah dengan saingannya yaitu Suzuki GSX-S150 yang lebih dulu menggunakan speedometer digital. Lampu hazard juga tersedia sebagai tanda darurat ketika dalam perjalanan. Selanjutnya fitur Pass Beam serta Engine Cut-Off juga di sematkan pada all new Yamaha vixioin, dengan hal ini cukup sebanding dengan harganya yang melebihi 25  jutaan.

Suspensi

Rangka Deltabox pada all new Yamaha Vixion akan meningkatkan kestabilan saat bermanuver. Rangka ini sangat kuat dan akan berpadu dengan suspensi bagian belakang monocross yang membuat motor sporty ini menjadi lebih stabil saat berkendara. Tapi sayangnya suspensi bagian depannya masih telekopik biasa dan belum memakai upside down yang bisa kita temui pada Yamha Xabre atau all new R15 maka dari itu all new Yamaha Vixion harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan kedua motor tadi.

Harga & Pilihan warna

Untuk mendapatkan motor sport 150 cc ini anda perlu mengeluarkan uang sebedar 27 juta. Dimana harga ini cukup kompetetif melawan Honda CB150R dan Suzuki GSX-S150 yang juga di banderol dengan harga yang tak jaug beda. Apalagi motor ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang membuatnya satu langkah lebih unggul dari pesaingnya. Desain sporty juga menambah kesan gagah saat anda mengendarainya.

adapaun pilihan warna untuk saat ini baru tersedia tiga pilihan warna yaitu matte silver, red black dan matte black. Ketiga varian ini terkesan sporty serta menyatu dengan rangka delta box yang menghiasi bagian tengah motor ini. Selain itu untuk menambah kesan sporty Yamaha vixion juga melengkapinya dengan under cowl yang melindungi bagian bawah mesin. Tersedia  juga varian Movistar yang dilapisi denan Livery MotoGp sehingga di banderol dengan harga yang lebih tinggi.