Fungsi Stabilizer Stang
Stabilizer Stang

Fungsi Stabilizer Stang pada Sepeda Motor

Fungsi Stabilizer Stang motor yang paling utama ialah untuk menghasilkan putaran yang lebih lambat di stang dengan mengadopsi sistem hidrolik yang tujuannya supaya sepeda motor tetap stabil ketika sedang melintasi manuver di jalanan berbelok atau ketika berkendara dalam kecepatan tinggi. Stabilizer Stang motor atau bisa disebut streering damper yang biasa dipakai pada motor balap karena komponen ini punya pengaruh yang cukup besar dalam memberikan kestabilan serta meredam getaran saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Tak hanya untuk motor balap saja, Fungsi Stabilizer Stang motor juga dapat dipakai pada sepeda motor harian karena dapat meningkatakan performa ataupun sebagai assesories sepeda motor kesayangan anda. Untuk selengkapnya, mari simak ulasan dibawah ini

Stabilizer Stang motor adalah komponen pendukung untuk stang motor. Sebenarnya komponen ini sudah terletak atau menjadi fitur bawaan pada sepeda motor dengan kapasitas mesin besar. Akan tetapi Fungsi Stabilizer Stang motor bisa saja digunakan pada sepeda motor biasa jika anda bermaksud untuk memodifikasi kendaraan. Adapun bentuk dari Stabilizer Stang ini cukup beragama karena sesuai kebutuhan tergantung jarak tempuh ataupun lintasan / jalur yang sering dilalui. Bila lintasan yang dilalui kebanyakan lurus, maka gunakan Stabilizer Stang yang ukurannya 27 mm, sementara yang berukuran 201 mm dapat digunakan pada motor drag dan sport.

Fungsi Stabilizer Stang

Seeperti yang dijelaskan diatas, Fungsi Stabilizer Stang pada kendaraan roda dua ini adalah sebagai peredam sekaligus penstabil pada stang motor. Selain itu, Stabilizer pada stang motor juga sebagai pemberat untuk meminimalisir getaran pada motor sehingga akan lebih stabil saat dikendarai. Pabrikan sepeda motor sendiri tentu telah melakukan uji coba serta pengecekan kualitas kendaraan sebelum dipasarkan, maka seharusnya komponen Stabilizer bawaan punya kualitas yang bagus. Jika anda memutuskan untuk memasang stabilizer stang, maka stang motor anda akan menjadi lebih stabil & kuat saat melintasi serta melaju pada kecepatan tinggi dan lintasan berbelok. Dan jangan lupa untuk memilih stabilizer kualitas unggulan dengan setting yang diatur sesuai kebutuhan.

Harga Stabilizer Stang motor

Terakhir, setelah kita mengetahui Fungsi Stabilizer Stang pada sepeda motor maka tentu kita perlu mengetahui kisaran harganya sebagai pertimbangan. Apalagi saat ini Stabilizer Stang sudah banyak dijual dipasaran dengan bermcam – macam merk dan kualitas. Biasanya stabilizer di banderol dengan harga Rp 1 jutaan sampai Rp 6 jutaan sesuai dengan jenis, merk, dan pengaturan pada produk. Terdapat juga harga yang lebih terjangkau yakni berkisar mulai Rp 45 ribu hingga Rp 850 ribu.

Viral :   Fungsi Noken As Motor. Simak Selengkapnya Disini!

Tips Memilih Stabilizer Stang Motor atau Steering Damper

Stabilizer stang motor atau biasa disebut steering damper adalah salah satu komponen penting yang digunakan untuk menjaga stabilitas motor, terutama saat berkendara dengan kecepatan tinggi atau di medan yang bergelombang. Memilih stabilizer stang motor yang tepat sangatlah penting untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Berikut adalah beberapa tips memilih stabilizer stang motor yang benar.

  1. Pertimbangkan jenis motor Anda Setiap jenis motor memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Beberapa motor membutuhkan jenis stabilizer stang yang berbeda tergantung pada ukuran, berat, dan bentuk rangka motor. Pastikan Anda memilih stabilizer stang yang sesuai dengan jenis motor Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  2. Sesuaikan dengan kebutuhan berkendara Kebutuhan berkendara setiap orang bisa berbeda-beda. Jika Anda sering melakukan perjalanan jauh, maka stabilizer stang motor yang memiliki tingkat kekakuan yang tinggi mungkin lebih cocok untuk Anda. Sedangkan jika Anda lebih banyak berkendara di jalanan kota yang padat, maka stabilizer stang yang lebih fleksibel bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.
  3. Perhatikan kualitas dan harga Kualitas dan harga stabilizer stang motor juga menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Pastikan Anda memilih stabilizer stang yang memiliki kualitas baik dan harga yang terjangkau. Hindari memilih stabilizer stang yang terlalu murah karena biasanya memiliki kualitas yang kurang baik.
  4. Periksa material dan desain Stabilizer stang motor yang baik seharusnya terbuat dari material yang kuat dan tahan lama, seperti bahan aluminium atau bahan baja. Selain itu, desain stabilizer stang juga perlu diperhatikan. Pilihlah stabilizer stang yang memiliki desain yang ergonomis dan mudah dipasang agar tidak mengganggu tampilan dan fungsionalitas motor Anda.
  5. Baca ulasan dan review pengguna Sebelum membeli stabilizer stang motor, pastikan Anda membaca ulasan dan review pengguna yang sudah mencobanya. Hal ini dapat membantu Anda memilih stabilizer stang yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.
  6. Pilih merek yang terpercaya Terakhir, pastikan Anda memilih stabilizer stang motor dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik di pasaran. Merek-merek seperti Ohlins, Hyperpro, dan GPR stabilizer stang motor adalah beberapa merek yang terkenal dan terpercaya.
Viral :   Benelli Leoncino 500, Intip Harga Jual dan Spesifikasinya

Memilih stabilizer stang yang tepat dapat meningkatkan stabilitas dan keamanan berkendara, terutama pada kecepatan tinggi atau medan yang bergelombang. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih stabilizer stang motor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Rekomendasi Stabilizer Stang Motor Beserta Harganya

Demi meningkatkan stabilitas dan keamanan berkendara. Dalam memilih stabilizer stang yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor seperti jenis motor, kebutuhan berkendara, kualitas dan harga, material dan desain, serta merek yang terpercaya. Berikut adalah beberapa rekomendasi stabilizer stang motor yang dapat menjadi pilihan Anda.

  1. Ohlins Steering Damper

Ohlins Steering Damper adalah salah satu merek stabilizer stang motor terbaik dan paling terkenal di dunia. Produk ini menggunakan teknologi yang canggih dan material yang berkualitas tinggi untuk memberikan performa yang optimal. Harga untuk produk ini berkisar antara 5 juta hingga 7 juta rupiah.

  1. Hyperpro RSC Steering Damper

Hyperpro RSC Steering Damper juga termasuk dalam kategori stabilizer stang motor terbaik yang ada di pasaran. Produk ini telah diuji dan terbukti memberikan hasil yang baik pada motor sport maupun touring. Harga untuk produk ini berkisar antara 3 juta hingga 4 juta rupiah.

  1. GPR Stabilizer

GPR Stabilizer adalah merek stabilizer stang motor yang terkenal dan memiliki kualitas yang baik. Produk ini menggunakan teknologi pengendalian peredam gas dan memiliki desain yang ergonomis. Harga untuk produk ini berkisar antara 2 juta hingga 3 juta rupiah.

  1. Scotts Performance Steering Damper

Scotts Performance Steering Damper adalah merek stabilizer stang motor yang juga terkenal dan memiliki reputasi yang baik di pasaran. Produk ini dirancang khusus untuk memberikan stabilitas dan keamanan berkendara yang optimal. Harga untuk produk ini berkisar antara 5 juta hingga 6 juta rupiah.

  1. Matris Steering Damper

Matris Steering Damper adalah salah satu merek stabilizer stang motor yang diakui dan dipercaya oleh banyak pengguna motor di seluruh dunia. Produk ini memiliki desain yang menarik dan menggunakan teknologi pengendalian yang canggih. Harga untuk produk ini berkisar antara 4 juta hingga 5 juta rupiah.Harga yang tertera di atas dapat berbeda-beda tergantung pada jenis motor dan model stabilizer stang yang dipilih. Pastikan Anda memilih stabilizer stang motor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda untuk meningkatkan stabilitas dan keamanan berkendara Anda.