Fungsi Manifold Motor
Intake Manifold

Fungsi Manifold Motor. Simak Selengkapnya Disini!

Fungsi Manifold Motor secara umum ialah untuk mengantarkan campuran udara & bahan bakar menuju silinder mesin supaya digunakan pada proses pembakaran. Seperti yang kita pahami bersama bahwa kendaraan roda dua punya beberapa komponen utama diantaranya adalah intake manifold motor yang mana Fungsi Manifold Motor Akan kami kupas pada artikel kali ini.

Komponen manifold sendiri merupakan sebuah saluran yang terbagi menjadi dua bagian yaitu, manifold & exhaust manifold. Ketika langkah hisap di siklus kerja masin, maka campuran udara dan bahan bakar  akan dihisap masuk ke ruang bakar, dimana campuran udara dan bahan bakar ini disuplai dari alat pencampur bahan bakar & udara atau karburator pada sepeda motor yang masih memakai sistem bahan bakar konvensional. Nah, disinilah Fungsi Manifold Motor yakni untuk menghubungkan antara alat pencampur udara & bahan bakar dengan ruang pembakar. Berikut ini wartaoto.com telah merangkum beberapa Fungsi Manifold pada kendaraan bermotor, seperti:

Viral :   Spesifikasi Honda NC750X 2021, Motor Unik Bagasi Depan

Fungsi Manifold Motor

  • Berfungsi sebagai tempat udara masuk menuju mesin sepeda motor
  • Berfungsi sebagai wadah membuat campuran bahan bakar dan udara lebih homogen.
  • Untuk output saluran EGR
  • Berfungsi untuk output saluran evaporative

Jika diamati dari bentuk intake Manifold ini mungkin cukup menarik karena ada beberapa mesin yang mengusung bentuk mirip seperti cangkang. Bentuk yang mirip cangkang ini tentu memiliki alasan tersendiri yaitu supaya campuran bahan bakar & udara lebih homogen. Akan tetapi ada juga bentuk intake manifold yang cukup sederhana yaitu hanya sebatas pipa yang menyalurkan udara dari karburator mesin dan ini biasanya terdapat pada sepeda motor yang memakai single silinder. Biasanya untuk sepeda motor, intake manifold bentuknya hanya seperti selang saja. Hal ini disebabkan mesin sepeda motor hanya mempunyai silinder tungga yang aliran udaranya terpusat (tak terbagi – bagi ke arah lainnya), sehingga untuk menunjang Fungsi / kinerja Manifold pada kendaraan tersebut, bentuk manifold yang diperlukan juga lebih sederhana karena sesuai dengan fungsi kendaraan tersebut.

Viral :   Gagah dan Sporty, Ini Dia Spesifikasi Lengkap Kawasaki Athlete

komponen intake manifold ini letaknya berdekatan dengan sumber panas yang tujuaunnya supaya campuran bahan bakar & udara lebih cepat mengguap, alhasil terjadinya campuran homogen yang memang dibutuhkan oleh kendaraan itu. Pada beberapa jenis manifold ada yang dibekali dengan jacket water yang fungsinya untuk mengalirkan panas dari sistem pendingin pada kendaraan.

Demikianlah informasi dari wartaoto.com tentang Fungsi Manifold pada sepeda motor. Semoga bermanfaat 🙂