Penyebab Starter Motor Vario
Penyebab Starter Motor Vario Tidak Berfungsi

Penyebab Starter Motor Vario Tidak Berfungsi

Penyebab Starter Motor Vario Tidak Berfungsi akan kami uraikan di artikel kali ini. Pasalnya ada hal yang dapat memicu Starter Motor Vario Tidak Berfungsi atau mati mendadak. Ternyata Penyebab Starter Motor Vario Tidak Berfungsi ini merupakan tanda bahwa ada kerusakan di bagian soket starter.

Penyebab Starter Motor Vario Tidak Berfungsi

Aggi Prasetya, Punggawa GSW (Gilang Speed Way) terkait Penyebab Starter Motor Vario Tidak Berfungsi mengatakan bahwan jika tak ada masalah pada switch rem, switch starter dan switch standar samping, maka kemungkinan pada soket alternating current generator / ACG starternya meleleh atau gosong. Menurutnya soket ACG starter melelh ini umumnya sering kali terjadi pada Hond Vario 125/ 150 LED generasi pertama.

Mengutip gridot. “Electric starternya saja yang tidak aktif, sementara kick starter masih bisa menyalakan mesin” ujar Hassan Wisnu yang menjadi salah satu mekanik GSW.

Viral :   Intip Detail Fitur Vespa Primavera 150 Terbaru

Jika kondisinya belum terlalu parah, maka soket ACG starter hanya gosong di bagian pin nya saja. “Biasanya soket ACG starter yang berdekatan dengan ECU itu mengalami gosong” kata Anggi. Sedangkan jika kondisinya sudah parah bahkan soket ACG starter sampai meleleh dan tidak bisa di lepas, maka solusi satu – satunya ialah dengan mengganti komponen soket ACG starter dengan yang baru.

Selain Penyebabnya karena soket ACG yang gosong bahkan meleleh. Anda juga dapat mengecek di bagian kelistrikannya terutama pada bagian kabel – kabelnya. Hal ini pernah dialami oleh pengendara Honda Vario 150 dengan inisial NA, dimana tiba – tiba motornya tidak dapat distater. Mula ia menyangka bahwa Penyebab starter pada motor varionnya mendadak tidak berfungsi dikarenakan aki yang yang soak. Akan tetapi ketika di cek oleh mekanik bengkel, ternyata kabel injeksinya terputus.

Viral :   Mengenal Lebih Jauh Kepanjangan CC Motor

“Setelah dibongkar ternyata ada kabel yang terhubung ke injektor terputus dan jika dilihat dari potongannya sepertii digigit tikus” kata NA. Akhirnya ketika sudah disambung kembali kabel injeksinya, Honda Vario 150 tahun 2019 itu menyala dengan normal kembali.

Untuk mencegah kondisi seperti ini, anda harus memastikan parkir sepeda motor anda bersih dan jangn parkir dekat dapur atau gor untuk menghindari gigitan tikus.

Semoga informasi ini bermanfaat 🙂