Fungsi Kapasitor pada Motor
Fungsi Kapasitor pada Motor

Fungsi Kapasitor pada Motor Berdasarkan Jenisnya

Fungsi Kapasitor pada Motor adalah untuk start awal sebab sepeda motor induksi satu phasa bisa start sendiri. Maka dari itu dibutuhkan kapasitor. Yang sesuai besarannya untuk melakukan starting motor induksi satu phasa. Pada penggunaanya dalam rangkaian komponen dinamo, terdapat beberapa Fungsi Kapasitor pada Motor. Fungsi – fungsi ini bervariasi tergantung untuk apa peruntukannya, apakah untuk kapasitor start, apakah sebagai kapasitor running, atau untuk kapasitor start – runnnig, dimana ketiganya punya fungsi serta peranan yang berbeda.

Nah pada artikel wartaoto.com kali ini akan membahas masing – masing Fungsi Kapasitor pada Motor menurut jenisnya. Setelah anda membaca ulasan ini, pasti anda akan tau betapa penting komponen yang satu ini.

Fungsi Kapasitor pada Sepeda Motor

  • Kapasitor Start

Fungsi Kapasitor start ialah untuk membantu motor listrik menghasilkan putaran awal. Maka ketika pertama kali motor listrik beroperasi, komponen penggerak akan membutuhkan tenaga ataupun torsi yang sangat besar. Nah, kapasitor start ini punya peran yang penting sebab sifatnya yang menyimpan muatan listrik membuat dinamo dapat memanfaatkan muatan yang tersimpan untuk menambah daya yang membantu menghasilkan putaran awal. Biasanya, tenaga yang diberikan kapasitor untuk starting motor listrik lumayan besar sebab langsung terhubung ke jala listrik dan kira – kira 300 — 475 volt. Sementara nilai kapasitasnya beragam, mulai dari 15uF sampai i50uF. Semakin besar daya yang diperlukan dinammo maka semakin besar nilai kapasitor yang diperlukan, misalnya seperti pada kompresor pompa ait atau kulkas. Fungsi Kapasitor start pada Motor ini hanya di awal saja, maka ketika motor sudah mulai berputar, tugas Kapasitor pun selesai. Dengan adanya kapasitor start ini juga yang membuat motor listrik terasa lebih halus ketika pertama kali dinyalakan.

  • Kapasitor Running

Selanjutnya Fungsi Kapasitor running sebagaimana sesuai dengan namanya kapasitor running ini bekerja pada saat dinamo sudah berputar setelah melewati fase putaran awal. Kapasitor ini akan terus berkerja selama dinamo menyala dan biasanya nilai kapasitas kapasitor running. Ini lebih kecil dari pada kapasitor start yakni kisaran 1,5uF hingga 100uF. Fungsi utama Kapasitor Running sendiri untuk membuat putara sepeda motor lebih merata dan halus. Oleh karena itu, tanpa adanya  kapasitor running ini kemungkinan besar sepeda motor menjadi lebih berisik. Tak hanya itu, kapasitor jenis ini pun mampu mencegah meningkatnya suhu motor sehingga dapat memperkecil resiko kerusakan yang disebabkan oleh overheat.

  • Kapasitor Start – Running

Kapasitor start-running adalah gabungan dari daua jenis kapasitor diatas, dimana kapasitor start- running ini berbentuk tabung dan mempunyai empat kaki dan biasanya dipakai untuk kapasitor mesin cuci. Fungsi Kapasitor start-running ini yaitu memberikan daya tambahan untuk membuat tenga / torsi awal serta membantu putaran dinamo lebih merata dan lebih halus.

Viral :   Kelebihan dan Kekurangan Motor Vixion OLD