Royal Enfield Meteor 350 Bergaya Retro dengan Jok Rendah

Motor-motor bergaya retro dengan balutan modern kian hari kian mewarnai pasaran otomotif nasional. Banyaknya para penggemar sepeda motor antik ini membuat banyak perusahaan otomotif semakin tertarik dan memasarkannya di Indonesia. Bahkan, setiap minggunya mereka saling berkumpul bersama di komunitas untuk saling bertukar cerita dan pengalaman tentang pemakaian kendaraan tersebut.

Tidak hanya itu, mereka yang gandrung terhadap sepeda motor bergaya retro kerap melakukan pameran dan modifikasi yang dibilang tidak murah. Salah satu perusahaan otomotif yang akan mengeluarkan sepeda motor bergaya retro adalah Royal Enfield dengan serinya Meteor 350. Kuda besi ini memiliki tampilan klasik elegan khas gaya-gaya retro yang menarik.

Keunggulan Royal Enfield Meteor 350

Berbicara tentang kendaraan, utamanya sepeda motor, tentu tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagian dari pemiliknya mempunyai cara sendiri untuk menggunakannya. Ada yang memilikinya dengan tujuan untuk touring, modifikasi atau pameran. Satu kendaraan unik yang kemungkinan akan meramaikan pasaran otomotif nasional di tahun 2021 adalah Royal Enfield Meteor 350.

  1. Mesin

Motor yang bergaya retro nan klasik ini mengusung mesin SOHC dengan kapasitas 350 cc. Mampu mengeluarkan tenaga sebesar 20,2 hp dan torsi sebesar 27 Nm. Keunggulan Meteor 350 dibandingkan pendahulunya adalah sistem kopling yang disematkan telah diperbarui sehingga menjadi lebih ringan dan mulus karena banyaknya komponen dan jumlah sambungan dikurangi.

Viral :   Yamaha VMax, Motor Flagship Kelas Berat

Tangki bahan bakar yang ditambahkan di sepeda motor memiliki kapasitas hingga 15 liter. Pada bagian ban telah disematkan pelek alloy. Suspensi yang ditambahkan pada bagian depan memakai garpu teleskopik 41 mm, sedangkan bagian belakangnya telah dilengkapi shock breaker ganda. Kendaraan ini memiliki transmisi 5 kecepatan yang mudah dikontrol.

  1. Desain

Desain Royal Enfield Meteor 350 akan membawa kita ke model lama dari perusahaan otomotif ini. Untuk yang terbarunya ini,  motor didesain menjadi lebih ringkas dan semakin padat dengan sentuhan kendaraan khas-khas jadul bertema cruiser, membuatnya tidak memiliki ruangan kosong

Desain joknya dibuat dengan model yang terpisah antara depan dengan penumpangnya. Bagian tangkinya berbentuk seperti tetesan air. Selain itu, terdapat juga sandaran pada bagian belakang yang membuat kendaraan ini nyaman digunakan.

Lampu utama dari seri ini telah menggunakan LED dengan ditambahkan Day Running Light (DRL). Bagian lampu belakang juga menggunakan LED. Pada bagian panel pengontrol digunakan teknologi semi digital dengan model bulat khas retro klasik. Selain itu, juga telah ditambahkan konektivitas berupa Bluetooth. Pada series ini telah ditambahkan port USB yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone.

Sepeda motor Royal Enfield Meteor 350 memiliki tiga pilihan model, yaitu Supernova, Fireball dan Stellar. Selain memiliki tiga pilihan model, versi ini yang telah dikenalkan di pasar India memiliki tujuh pilihan warna yang beragam, yaitu Biru Metalik Glossy, Merah Metalik, Merah Glossy, Cokelat, Biru, Kuning dan Hitam Matte.

Viral :   Ketahui 2 Jenis Cairan Pembersih Mesin Motor

Pada ketiga pilihan model tersebut juga terdapat pilihan untuk menambahkan komponen lain sebagai penyempurna tampilan retro klasiknya. Konsumen dapat menambahkan knalpot krom, windshield, emblem premium dan sandaran untuk penumpangnya.

Seri Meteor 350 tipe supernova ini dibanderol dengan harga sebesar Rp36 jutaan. Untuk tipe Fireball dibanderol dengan harga sebesar Rp33 jutaan dan untuk model Stellar dibanderol dengan harga sebesar Rp34 jutaan.

  1. Keamanan

Baik roda depan ataupun belakang, keduanya telah dilengkapi pengereman dengan teknologi cakram. Pada bagian roda depan digunakan cakram tunggal dengan ukuran 300 mm dan dilengkapi dengan kaliper piston ganda. Sedangkan pada roda belakang menggunakan cakram dengan ukuran 270 mm dan dilengkapi kaliper piston tunggal. Selain itu, juga dilengkapi dengan teknologi ABS dual-channel.

Versi terbarunya dilengkapi dengan sistem navigasi Royal Enfield Tripper. Sistem ini tersambung dengan Bluetooth yang dapat disambungkan dengan smartphone Anda sehingga memudahkan saat melakukan navigasi menggunakan Google Maps.