Fungsi Oli Transmisi Motor Matic
Fungsi Oli Transmisi

Fungsi Oli Transmisi Motor Matic. Catat ini!

Fungsi Oli Transmisi Motor Matic atau kerap disebut juga dengan oli gardan ini untuk memuat gerakan menjadi lebih halus, karena perubahan gear yang terjadi secara otomatis. Dengan adanya oli transmisi / oli gardan ini sangat membantu kinerja transmisi sehingga menjadi lebih lancar. Oli kendaraan memang banyak jenisnya dan sekaligus menjadi komponen penting yang memiliki jadwal penggantian secara rutin. Selain oli mesin, oli transmisi juga salah satu oli yang dibutuhkan oleh kendaraan matic baik sepeda motor matic ataupun mobil matic. Untuk jadwal interval penggantian oli transimisi pun juga lebih lama dibanding oli mesin biasa karena beberapa alasan, diantaranya karena oli ini tidak mudah rusak terpengaruh panas seperti oli mesin motor sebab letak box transmisi / gardan ini jauh dari ruang bakar. Namun, bila penggantiannya terlambat tentu saja akan terjadi efek yang negatif pada motor tersebut. Untuk selengkapnya, Yuk baca sampai tuntas ulasan dari wartaoto.com ini.

Viral :   Spesifikasi Lengkap dan Harga Yamaha Soul GT 2021

Oli transmisi (oli gardan) merupakan pelumas yang diperlukan  untuk melicinkan komponen ttransimisi otomattis. Akibatnya pada saat komponennya saling bergesekan, maka tidak ada komponen yang cepat rusak. Sayangnya karena interval penggantian oli ini dinilai cukup lama, sehingga sering kali dilupakan padahal fungsinya cukup penting. Kerusakan oli gardan justru karena penggunaan & debu atau bahkan air yang masuk melalui selang CVT. Nah jika Fungsi Oli Transmisi Motor Matic anda tak berfungsi lagi, maka kekentalan oli akan menurun dan warna oli juga berubah menjadi cokelat susu karena kotoran atau debu yang masuk. Setelah oli diganti dengan yang baru maka kinerja akan kembali normal semula. Jika penggantian oli dilakukan dengan rutin maka Fungsi Oli Transmisi Motor Matic pun akan bekerja optimal, seperti:

Fungsi Oli Transmisi atau Oli Gardan Motor Matic

  • Melapisi komponen CVT

Fungsi utamanya adalah melumasi atau memberi lapisan ke seluruh komponen transmisi CVT (Continously Variable Transmission), sebab transmisi otomatis memerlukan lapisan yang dapat menahan kinerjanya. Tanpa adanya lapisan oli ini, gesekan antar komponen bisa membuat overheat pada sepeda motor.

  • Gerak Transmisi Lebih Lancar

Selanjutnya Fungsi Oli Transmisi Motor Matic juga membuat gerakan menjadi lebih halus. Pada sepeda motor matic harus bisa merubah kecepatan motor dalam kondisi drastis maupun kondisi statis dan juga perubahan kecepatan putar dari tingggi ke rendah ataupun sebaliknya. Nah, jika anda melakukan penggantian oli transmisi dengan rutin maka kinerjanya akan lebih baik lagi dan motor andapun menjadi lebih awet.

Viral :   Fungsi Klep Motor dan Gejala Kerusakannya

Secara umum penggantian oli transmisi dilakukan setelah 8.000 km atau rata – rata pada pemakaian normal selama 3 bulan dan jarak tempuh ini juga serupa dengan penggantian oli gardan / transmisi pada mobil matic. Demikianlah ulasan dari wartaoto.com tentang Fungsi Oli Transmisi Motor Matic. Semoga bermanfaat 🙂